Menggunakan transportasi umum menjadi kebiasaan sehari-hari. Membantu juga kalau kamu akan melakukan perjalanan jauh. Bertemu orang baru tentu saja terjadi. Tentu saja hal ini sangat terbantu dengan fasilitas dan pelayanannya.

Namun ketika berada di stasiun, terminal, pelabuhan, bahkan bandara beberapa kali kamu melihat ada kejadian yang kurang menyenangkan. Seperti ada pemahaman kalau konsumen selalu benar dan harus dilayani. Padahal, ada beberapa peraturan yang nggak tertulis agar semua nyaman.

Etika Menggunakan Transportasi Umum yang Wajib Kamu Ketahui

Padatnya aktivitas perkotaan membuat kamu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai di tempat tujuan. Jika ingin pergi ke stasiun, bandara, terminal, maupun pelabuhan kamu wajib memperhitungkan kemacetan. Jangan sampai ketinggalan atau membiarkan mereka sedikit menunggu kamu yang sudah masuk panggilan terakhir. Jangan sampai hal tersebut dijadikan kebiasaan. Tunjukkan bahwa kamu menghargai waktu keberangkatan.

Etika Menggunakan Transportasi Umum yang Wajib Kamu Ketahui

Sebelum masuk ke dalam biasanya akan ada pemeriksaan identitas. Proses ini bisa memakan waktu yang cukup lama, tergantung banyaknya penumpang yang menggunakan jasa transportasi. Untuk mempersingkat waktu, persiapkan tiket dan kartu identitas sebelum masuk loket pemeriksaan. Kalau kamu bawa tas, taruh di tempat yang mudah jangkauannya. Tentu saja kamu akan sedikit kesal jika ada satu orang dengan pemeriksaan cukup lama gara-gara mencari dokumen.

Etika Menggunakan Transportasi Umum yang Wajib Kamu Ketahui

Setiap alat transportasi jarak jauh pasti menyediakan kabin yang bisa membantu penumpang menaruh barang. Ada baiknya untuk nggak menguasai banyak ruang khusus untuk barang bawaanmu. Biasanya ada satu orang tapi membawa barang yang berlebihan. Tentu saja akan makan tempat dan penumpang lain tidak kebagian. Itulah sebab, pihak layanan transportasi membatasi berat koper dan jumlah barang bawaan.

Etika Menggunakan Transportasi Umum yang Wajib Kamu Ketahui

Selagi masih muda, tidak ada salahnya untuk menunjukkan sedikit sikap peduli dengan keadaan sekitar. Kamu memang memahami jika penumpang sudah masuk pesawat, kereta api, maupun bus akan sibuk menaruh barang di kabin sehingga jalan sedikit terhambat. Jika urusanmu sudah selesai dan ada penumpang lain yang kesulitan menaruh barang di kabin, tidak ada salahnya untuk menolong. Atau, ada penumpang yang bingung dengan tempat duduknya, kamu bisa menunjukkan tempatnya.

Etika Menggunakan Transportasi Umum yang Wajib Kamu Ketahui

Berada dalam perjalanan yang cukup jauh membuat penampilan nggak segar. Apalagi kalau kamu sempat tertidur pulas dalam beberapa menit. Keadaan seperti ini tentu bisa mengganggu rasa percaya diri. Jika ingin berbenah diri, ada baiknya kamu pergi ke kamar mandi. Karena membetulkan riasan atau menyisir rambut akan mengundang perhatian orang. Belum lagi jika menyenggol teman sebangku. Hindari juga memakai parfum dalam kendaraan, karena akan menimbulkan bau yang nggak semua orang cocok.

Etika Menggunakan Transportasi Umum yang Wajib Kamu Ketahui

Memang biasanya akan disediakan beberapa pilihan makanan, namun menjadi wajar jika kamu membawanya sendiri. Bisa jadi kurang cocok dengan harga atau rasa, dibawakan bekal dari rumah, dan sebagainya. Nggak ada yang salah dalam membawa bekal atau membeli makanan dari luar. Namun, yang perlu diperhatikan adalah pilihlah makanan yang aman dan nyaman. Hindari seperti petai, jengkol, durian, dan yang berbau menyengat lainnya. Karena, bisa mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Etika Menggunakan Transportasi Umum yang Wajib Kamu Ketahui

Agak terganggu juga apabila ada sekelompok orang yang heboh dengan rombongannya. Terlalu berisik. Atau ada perorangan yang telepon dengan suara yang sedikit keras. Bisa jadi ada unsur ketidaksengajaan disini, tapi harusnya punya kontrol diri. Kalau kamu merasa terganggu dengan hal-hal tersebut, memang nggak disarankan untuk ikut-ikutan. Bisa jadi yang lain akan terganggu. Penumpang nggak hanya kamu saja para generasi muda. Ada beragam generasi dan mereka butuh nyaman.

Etika Menggunakan Transportasi Umum yang Wajib Kamu Ketahui

Tempat duduk yang disediakan memang terkadang nggak sesuai dengan ekspektasi. Bisa jadi terlalu sempit untuk kaki dan terasa pas kalau diduduki oleh dua orang. Dalam posisi ini, kamu nggak boleh duduk semaunya. Ini bisa mengganggu orang yang duduk di sebelahmu. Kalau memang tahu kurang leluasa, maka keadaan seperti ini yang harus kamu hadapi. Hindari juga untuk berkeluh kesah di media sosial mengenai tempat duduk dan orang yang duduk di sebelahmu.

Etika Menggunakan Transportasi Umum yang Wajib Kamu Ketahui

Tempat duduk yang disediakan ada yang bisa diatur agar kamu bisa duduk dengan nyaman selama di perjalanan. Jika harus menurunkan sandaran kursi, ada baiknya untuk nggak mengganggu penumpang yang ada di belakangmu. Jika memang ingin tidur, kamu bisa membawa dan memakai bantal leher. Hindari juga bermesraan di dalam transportasi umum kalau kamu nggak ingin menjadi bahan perbincangan.

Etika Menggunakan Transportasi Umum yang Wajib Kamu Ketahui

Ruang gerak yang terbatas memang membuat kamu kurang leluasa. Kamu pasti pernah mengalami punggung terasa mengganjal karena penumpang belakang menaruh kakinya di kursi depan. Untuk itu tetap taruh kaki brada di bawah. Kalau kamu sedang membaca, menggunakan laptop, hingga bermain gim usahakan untuk nggak mengganggu atau mengambil ruang gerak penumpang lain. Jika orang sebangku merasa kurang nyaman, nggak ada salahnya untuk mengalah.

Beragam generasi dan tipe orang akan berada dalam satu ruang yang sama. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk saling menjaga sikap dan toleransi.

BACA JUGA : Ini 8 Tipe Pengguna Transportasi Online, Kamu yang Mana?