Keindahan bawah laut seperti surga yang tersembunyi. Tak terlihat jika kita nggak mengeksplor dan terjun langsung ke permukaan air laut. Ya, kegiatan ini sering disebut snorkeling, melihat kekayaan alam di sekeliling, berenang bersama ikan, dan menikmati terumbu karang yang sangat banyak ragamnya. Mungkin ini terdengar menakutkan jika kamu nggak nyaman dan familiar dengan air.

Nggak perlu takut, ini hal yang harus kamu ketahui sebelum snorkeling.

1. Apa itu snorkeling?

Hal yang Harus Kamu Tahu Saat Snorkeling Pertama Kali leisurepro.com/

Snorkeling bisa dikatakan sebagai praktik berenang di permukaan air menggunakan snorkle mask, dan sirip renang. Peralatan snorkeling memungkinkanmu untuk berenang sambil bernapas di dalam air.

2. Periksa peralatan snorkeling

Hal yang Harus Kamu Tahu Saat Snorkeling Pertama Kali instagram.com/ gg.swimwear

Sangat buruk terjadi jika kamu nggak memiliki peralatan yang sesuai dengan ketentuan. Ini akan membuatmu panik dan histeris saat gelembung dan air merembes ke dalam snorkle mask-mu. Kamu harus melakukan pengecekan terhadap peralatanmu terlebih dahulu.

3. Tetap bernapas dengan tenang

Hal yang Harus Kamu Tahu Saat Snorkeling Pertama Kali instagram.com/ lex_dawson_photography

Setelah memastikan beberapa peralatanmu berfungsi dengan baik, lakukan uji coba. Biasakan bernapas dari snorkeling, atau berenang di sekitar kolam jika perlu. Atau jika kamu berada di pantai, lakukan uji coba di sekitar area dangkal sebelum terjun ke kedalaman air.

Dengan berlatih, kamu bisa terbiasa dengan perasaan berenang dan bernapas melalui snorkeling. Ingat selalu untuk menjaga bagian atas snorkeling tetap bertahan. Jika air masuk, kamu bisa dengan mudah mengeluarkan airnya.

4. Mengapung dan hindari terlalu sering terlalu dalam dari permukaan air

Hal yang Harus Kamu Tahu Saat Snorkeling Pertama Kali adventures.is/

Snorkeling sebenarnya lebih disarankan untukmu mengambang daripada berenang. Mengapung, meluncur dan arahkan tubuhmu menggunakan sirip yang telah kamu pakai. Beda dengan berenang yang lebih mengutamakan kecepatan, snorkeling lebih ke kegiatan yang santai.

5. Jangan ragu menggunakan pelampung

Hal yang Harus Kamu Tahu Saat Snorkeling Pertama Kali instagram.com/ Elaine Bernadine

Jika kamu kehabisan napas dan menggapai-gapai seperti ikan paus, sepertinya hal itu merupakan kesalahan. Nggak ada salahnya untuk menggunakan pelampung untuk pemula. Menggunakan segala jenis alat apung juga membantumu pada pernapasan yang sempurna dan rileks.

6. Pilih lokasi yang mendukung

Hal yang Harus Kamu Tahu Saat Snorkeling Pertama Kali instagram.com/ lugostravel

Jika kamu seorang pemula, jangan mencoba untuk snorkeling di tempat yang memiliki arus kuat. Sebagai gantinya, pilihlah tempat yang memiliki perairan tenang. Ombak bukan hal mendukung untuk snorkeling, terutama jika ini adalah kali pertamamu. Bahkan, banyak perairan tenang di Indonesia yang mempunyai kehidupan laut yang indah seperti, Raja Ampat, Pantai Pink - Pulau Komodo, Pulau Bunaken, Wakatobi dan sebagainya.

7. Rileks dan nikmati pemandangannya

Hal yang Harus Kamu Tahu Saat Snorkeling Pertama Kali pexels.com/ Jondave Libiran

Hal penting yang harus kamu ketahui untuk pemula adalah rileks. Jika kamu merasa panik, yang harus kamu lakukan adalah mengangkat kepala dan melayang di punggung. Dunia bawah laut merupakan sesuatu yang indah di dalam sana, jadi nggak ada salahnya untukmu melihatnya minimal sekali dalam hidupmu.

Baca Juga: Wah Memukau! Inilah Cara Mengambil Foto Saat Travelling dengan Dia