Semakin hari kondisi lingkungan memang semakin memprihatinkan. Terlebih jika kita tak menjaganya dengan baik. Banyaknya sampah, terutama sampah plastik, menjadi salah satu penyumbang terbesar kerusakan lingkungan.

Salah satu cara mengurangi sampah plastik adalah dengan mendaur ulangnya sehingga sampah tak langsung dibuang, melainkan memperpanjang hidupnya dengan membuatnya menjadi benda yang bermanfaat.

Seperti di Kota Lamitan, Filipina berikut ini. Ada sebuah taman tulip yang bunganya terbuat dari sampah plastik. Seperti apa ya? Simak yuk!

Kreatif, Taman Tulip di Filipina ini Dibuat dari Sampah PlastikInstagram.com/addiie_1404

Terletak di provinsi Basilan, Kota Lamitan telah berhasil membuat objek wisata baru dengan menggunakan sampah. Menurut laporan, Forever Tulip Garden terbuat dari hampir 30.000 botol plastik bekas.

Botol-botol tersebut dikumpulkan oleh pemerintah dari 45 desa di sekitar Kota Lamitan. Botol-botol dipotong menyerupai bentuk bunga tulip dan diwarnai dengan cat warna yang berbeda. Supaya memudahkan para pengunjung berlalu-lalang, taman dibuat jalur khusus jalan kaki yang membuat kita berada seolah di tengah-tengah ladang tulip.

Kreatif, Taman Tulip di Filipina ini Dibuat dari Sampah PlastikInstagram.com/addiie_1404

Taman di Sitio Panansangan, Ubit ini tidak dipungut biaya masuk sepeser pun. Sehingga warga lokal dan wisatawan yang berkunjung dapat menikmati pemandangan ini tanpa membayar apa pun. Tapi ingat, tetap jaga kebersihannya dan jaga taman supaya tak rusak ya.

Kreatif, Taman Tulip di Filipina ini Dibuat dari Sampah PlastikInstagram.com/alafkarmagazine

Rose Furigay, Walikota Lamitan, mengatakan bahwa taman hanyalah salah satu inisiatif kota untuk mengelola sampah. Dia juga berharap bahwa proyek ini akan menginspirasi orang untuk melakukan bagian mereka juga. 

Walikota Furigay mengingatkan semua orang bahwa botol plastik merupakan limbah terbesar yang jumlahnya kian bertambah setiap harinya. Ia berharap semakin banyak orang yang peduli dengan lingkungan dengan nggak membuang sampah sembarangan dan meminimalisir penggunaan plastik dalam bentuk apapun.

Kreatif, Taman Tulip di Filipina ini Dibuat dari Sampah PlastikInstagram.com/alafkarmagazine

Bagaimana Bela, bukan hanya lebih peduli pada lingkungan, taman tulip ini juga Instagramable banget bukan? Semoga banyak orang yang terinspirasi untuk melakukan hal serupa ya.

Baca Juga: 7 Taman Hiburan yang Nggak Terkenal tapi Menarik untuk Dikunjungi