Hari Raya sudah lewat. Kita juga sudah berkunjung ke seluruh rumah keluarga dan saudara di kampung halaman. Kini, saatnya kita kembali ke rumah untuk melanjutkan aktivitas seperti biasa karena liburan hampir usai.

Biasanya perjalanan arus balik mudik juga diwarnai dengan kemacetan. Bosan di jalan karena terlalu lama menunggu hingga uang THR yang sudah menipis membuatmu mati gaya. Tapi, tenang saja Bela, kamu bisa melakukan lima kegiatan ini supaya perjalanan arus balik mudikmu nggak membosankan.

1. Wisata Kuliner Khas Daerah Setempat

5 Kegiatan Ini Bikin Perjalanan Arus Balik Mudikmu Nggak MembosankanUnsplash.com/James Sutton

Saat melakukan perjalanan mudik menuju kampung halaman, tentu kamu masih dalam kondisi berpuasa sehingga tidak bisa banyak berhenti dan leluasa untuk menikmati kuliner yang ada di setiap daerah yang kamu lewati. Kini, ketika arus balik mudik, saatnya kamu dan keluarga mencicipi berbagai kuliner khas yang ada di jalur mudik. Supaya nggak menguras kantong, kamu bisa mencoba makanan khas yang ada di kaki lima. Selain rasanya lebih otentik, harganya pun terjangkau.

2. Mengunjungi Objek Wisata Lokal

5 Kegiatan Ini Bikin Perjalanan Arus Balik Mudikmu Nggak MembosankanDok. Internet

Masih ingin menumpuk foto untuk stok sosial media kamu? Tenang saja, kamu bisa banyak berfoto di objek wisata lokal yang ada di kampung halamanmu atau di daerah yang kamu lewati. Biasanya objek wisata lokal ini mematok harga tiket masuk yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp5 ribu sampai Rp30 ribu saja.

Misalnya ke objek wisata Wisata Petik Kurma di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Hanya dengan merogoh kocek Rp5 ribu kamu bisa melihat langsung ratusan pohon kurma yang berbuah di Indonesia. Atau kamu bisa mengunjungi Museum Kereta Api di Ambarawa, Jawa Tengah. Jika kamu ingin mengetahui sejarah perkeretaapian di Jawa atau menikmati bagaimana rasanya naik lokomotif uap di sinilah tempatnya. 

3. Staycation di Tempat yang Kamu Lewati

5 Kegiatan Ini Bikin Perjalanan Arus Balik Mudikmu Nggak MembosankanUnsplash.com/Sylwia Pietruszka

Terlalu lelah menyetir dalam perjalanan dapat meningkatkan potensi kecelakaan di jalan. Setelah mencicipi kuliner khas dan mengunjungi objek wisata, tidak ada salahnya jika kamu bermalam sejenak di kota di mana kamu singgah sembari melepas lelah. Berkat kehadiran teknologi, kini kamu hanya membutuhkan smartphone untuk memesan akomodasi terdekat dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau.

Bayu Seto, Region Head Java OYO Indonesia mengatakan, “OYO sebagai jaringan hotel melihat arus balik setelah mudik sebagai kesempatan untuk memberikan kenyamanan bagi para pemudik untuk menemukan berbagai pilihan akomodasi berkualitas terstandarisasi dengan harga terjangkau. Sepanjang jalur Trans-Jawa, kami memiliki 195 properti mitra OYO, yang tersebar di kota-kota utama sepanjang jalur mudik Trans-Jawa seperti Cirebon, Semarang, Solo, Yogyakarta dan Surabaya, hingga kota-kota di sepanjang pesisir timur seperti OYO 599 Bandung Permai di Jember, OYO 289 Dalwa Syariah di Pasuruan, dan OYO 587 Sinar Harapan di Probolinggo. Sehingga, para pemudik tidak perlu khawatir mencari tempat menginap yang layak.”

4. Coba Permainan Sederhana Tanpa Gadget

5 Kegiatan Ini Bikin Perjalanan Arus Balik Mudikmu Nggak Membosankanpexels.com/rawpixel.com

Ada beberapa permainan sederhana yang bisa kamu lakukan selama perjalanan, terutama jika kamu membawa anak kecil dan keluarga. Permainan “ABC 5 dasar” bisa menjadi pilihan supaya kamu nggak bosan karena terlalu lama di jalan. Contoh permainan lain adalah permainan tebak plat nomor, di mana kamu harus menebak singkatan dari plat nomor kendaraan-kendaraan yang kamu lihat di jalan.

5. Rutin Cek Kondisi Kendaraan dan Kesehatan Diri

5 Kegiatan Ini Bikin Perjalanan Arus Balik Mudikmu Nggak MembosankanUnsplash.com/Aaron Birch

Setelah melakukan perjalanan mudik yang panjang, tentu kendaraanmu juga perlu penyegaran untuk mempersiapkan perjalanan kembali ke perantauan. Jangan lupa mengecek kembali oli mesin, tekanan angin dan kualitas ketebalan ban, serta semua lampu kendaraan. Sementara itu, momen Lebaran menjadi salah satu ajang bagi kita untuk menyantap berbagai hidangan saat silaturahmi. Hal ini mungkin bisa berdampak pada kesehatan kita, seperti kondisi tekanan darah, kolesterol, dan lambung. Ada baiknya sebelum melakukan perjalanan arus balik, kamu memeriksa kondisi kesehatan supaya tetap fit selama perjalanan.

Baca Juga: 9 Tips Mudik Lebaran Aman dan Selamat Sampai Tujuan