Ada kurang lebih 200 negara di dunia dengan luas wilayah yang beragam. Luas wilayah dalam hal ini adalah luas daratan dan juga luas perairan yang termasuk sungai, danau, teluk dan sebagainya. Dari kelima benua yang ada di dunia, terdapat beberapa negara yang tercatat memiliki luas wilayah hingga jutaan bahkan puluhan juta km persegi.

Memiliki keragaman geografi, iklim, hingga satwa liar yang menakjubkan, 10 negara terluas di dunia ini mencakup hampir 50% luas daratan bumi, sekitar 149 juta km2. Meski demikian, batas-batas negara ini berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Penasaran mana saja negara terluas di dunia berdasarkan wilayahnya? Simak berikut ini.

1. Rusia (17,125,200 km²)

Miliki Luas Wilayah Jutaan Km Persegi, Ini 10 Negara Terluas di Duniapexels.com/julius-silver

Rusia menjadi negara terluas pertama di dunia. Memiliki luas wilayah hingga 17,125,200 km², angka tersebut mencakup seperdelapan dari luas bumi. Wilayah Rusia membentang pada 41° sampai 82° N lintang utara, dan 19° bujur timur sampai 169° bujur barat dan berbatasan dengan 14 negara.

2. Kanada (9,984,670 km2)

Miliki Luas Wilayah Jutaan Km Persegi, Ini 10 Negara Terluas di Duniapexels.com/andre-furtado

Negara paling utara di Amerika Utara ini terbagi dalam 10 provinsi dan 3 teritori. Ketiga teritori tersebut adalah Pegunungan Rocky yang membentang dari utara ke selatan, padang rumputnya menyediakan biji-bijian yang besar di area penanaman kanola, serta Kanada Timur yang menjadi salah satu  jantung tradisional bangsa.

Kanada memiliki garis pantai yang panjang dari pada negara lain yaitu 202,080 kilometer. Negara terluas kedua ini terhitung dari dari Samudra Atlantik dan Selat Davis di timur sampai ke Samudra Pasifik di barat. Meski berwilayah luas, Kanada merupakan salah satu negara dengan kepadatan penduduk terendah di dunia.

3. Amerika Serikat (9,826,675 km2)

Miliki Luas Wilayah Jutaan Km Persegi, Ini 10 Negara Terluas di Duniahandluggageonly.co.uk

Amerika menjadi negara ketiga terluas di dunia. Negara federal dengan 50 negara bagian ini, adalah rumah bagi beragam geografi dan satwa liar. Amerika menjadi salah satu wilayah dengan pertumbuhan paling subur di dunia karena cuaca sedangnya di sepanjang tahun.

4. Tiongkok ( 9,596,961 km2)

Miliki Luas Wilayah Jutaan Km Persegi, Ini 10 Negara Terluas di Duniapexels.com/ágoston-fung

Negara terluas selanjutnya adalah Cina atau Tiongkok. Wilayahnya mencakup daratan yang sangat luas di bekas Peradaban Lembah Sungai Kuning. Letak astronomis negara ini berada di 18º LU – 54ºLU dan 73º BT – 135º BT. Dengan luas 9,5 juta km2 ini, Tiongkok memiliki iklim dan penduduk yang bervariasi.

5. Brasil (8,515,767 km2)

Miliki Luas Wilayah Jutaan Km Persegi, Ini 10 Negara Terluas di Duniapexels.com/flickr

Brasil adalah negara paling besar dan paling banyak penduduknya di Amerika Selatan. Terletak di ujung timur Benua Amerika Selatan, negara ini berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik. Brasil memiliki banyak hutan hujan terbesar di dunia salah satunya adalah Amazon yang sangat mendunia.

6. Australia (7,692,024 km2)

Miliki Luas Wilayah Jutaan Km Persegi, Ini 10 Negara Terluas di Duniapexels.com/patrick-mclachlan

Australia terletak di lempeng Indo-Australia dan menjadi negara terbesar di oseania. Berada di bagian selatan Indonesia, negara ini memiliki iklim dan geografis yang ekstrim. Australia memiliki keunikan yaitu, sebuah karang terbesar di dunia yang terletak di timur laut dan memanjang hingga 2.000 km. Negara tersebut juga memiliki banyak satwa liar yang spektakuler dan beberapa justru sangat mematikan.

7. India (3,287,590 km2)

Miliki Luas Wilayah Jutaan Km Persegi, Ini 10 Negara Terluas di Duniatrip101.com

Negara terbesar ke tujuh adalah India, yang merupakan negara dengan populasi terbesar kedua di dunia, yaitu sekitar satu miliar jiwa. India memiliki banyak sungai besar seperti Sungai Gangga, Brahmaputra, Yamuna, Godavari, serta Krishna. Sungai tersebut membuat daerah di sekitar India menjadi subur. India memiliki bentang alam yang sangat beragam, mulai dari pegunungan tinggi Himalaya berlapis es di Utara hingga pantai-pantai tropis di bagian Selatan.

8. Argentina (2,780,400 km2)

Miliki Luas Wilayah Jutaan Km Persegi, Ini 10 Negara Terluas di Duniapexels.com/rafael-guimarães

Negara dengan julukan negara paling selatan di selatan ini berada di antara Pegunungan Andes di barat dan Samudra Atlantik di selatan. Argentina adalah salah satu negara yang terpadat di dunia dan memiliki geografis serta iklim paling bervariasi di dunia. Cape Horn dan Patagonia menjadi lokasi yang menakjubkan sekaligus paling berbahaya di dunia.

9. Kazakhstan (2,724,900 km2)

Miliki Luas Wilayah Jutaan Km Persegi, Ini 10 Negara Terluas di DuniaGetty Images/AntonPetrus

Negara terbesar lainnya terdapat di kawasan Asia Tengah dan sebagian kecil lainnya termasuk dalam kawasan Eropa Timur yaitu, Kazakhstan. Negara ini memiliki sebutan “Virgin Lands”, dikarenakan beberapa wilayahnya belum tersentuh sama sekali. Mayoritas wilayahnya berupa dataran stepa dan dataran tinggi. Uniknya lagi, negara ini tidak memiliki pantai sama sekali.

10. Aljazair (2,381,741 km2)

Miliki Luas Wilayah Jutaan Km Persegi, Ini 10 Negara Terluas di Duniapexels.com/amine-m'siouri

Negara terakhir dalam daftar ini adalah Aljazair yang terletak di pesisir Laut Tengah, Afrika Utara. Dengan luas tersebut, Aljazair menjadi negara terbesar di benua Afrika. Negara ini bergaris pantai sepanjang 998 kilometer. Diliputi 90% gurun, beberapa wilayah di antaranya memiliki gurun yang tinggi.

Itulah 10 daftar negara terluas di dunia dengan luas wilayah jutaan kilometer persegi. Ternyata Indonesia tidak termasuk, meskipun merupakan negara terluas di kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga: 7 Tempat di Dunia yang Mendapat Julukan 'Gerbang Neraka'

Baca Juga: Perbandingan Dulu dan Sekarang 10 Kota di Dunia Dunia, Beda Jauh!

Baca Juga: Hampir Mustahil Ditemukan, Ini 11 Hewan Paling Langka di Dunia