Rumah Joglo, nama rumah adat satu ini rasanya jadi salah satu yang populer dari tanah Jawa, ya!

Bukan tanpa alasan, Rumah Adat Joglo memang punya segudang pesona dan keunikan yang membuatnya banyak dikenal. Ya, Rumah Adat Joglo memang menanamkan nilai filosofis masyarakat Jawa pada bangunan artistekturnya. Rumah ini bahkan dibangun replikanya di Slovenia, salah satu negara di kawasan Eropa Tengah. 

Mau mengenal keindahan Rumah Adat Joglo? Simak jenis-jenis Rumah Adat Joglo dan keunikannya di bawah ini, yuk!

Ciri-Ciri Rumah Adat Joglo dan Keunikannya

Sakral dan Eksotis, Ini Ciri-Ciri Rumah Joglo dan JenisnyaJoglolimasan.com

Bangunan Rumah Joglo juga punya ciri khas yang unik, lho! 

Berikut ciri-ciri Rumah Adat Joglo yang harus kamu ketahui:

1. Pendopo (Ruang Jamu Tamu)

Jika mengunjungi Rumah Adat Joglo, kamu biasanya akan disambut di area pendopo rumah ini. Pendopo adalah area untuk menjamu para tamu yang datang ke rumah ini. 

2.Pringgitan

Jika kamu adalah kerabat atau saudara dekat dengan pemilik rumah, maka kamu akan dijamu di pringgitan atau ruang tengah. Area pringgitan memiliki bentuk yang unik, yakni atapnya berbentuk limasan yang menarik. 

3.Omah

Semakin masuk ke area dalam, kamu akan menemui ruang tempat berkumpul keluarga atau omah (omah ndalem atau omah njero). Bagian omah biasanya memiliki bentuk limasan dengan lantai yang meninggi. 

4.Senthong

Selanjutnya ada senthong atau area ruang dalam seperti kamar, dapur, kamar mandi, dan ruang penyimpanan hasil tani. Senthong juga terbagi menjadi beberapa ruang, yakni senthong kamar kanan, kiwa (kamar kiri), dan kamar tengah. 

5.Padepokan

Ruang yang satu ini termasuk suci dan sakral. Ya, pandepokan adalah ruang ibadah atau meditasi. Di mana, pemilik rumah biasanya melakukan ritual peribadatan dan menjadikannya sebagai tempat berlindung diri. 

6.Saka

Terakhir, ada saka. Rumah Adat Joglo tidak akan terlepas dari adanya saka. Ya, saka adalah tiang-tiang yang menyangga bangunan rumah. Saka juga mewakili empat arah mata angin, yakni barat, utara, selatan, dan timur.

Jenis-Jenis Rumah Adat Joglo dan Keunikannya

Sakral dan Eksotis, Ini Ciri-Ciri Rumah Joglo dan JenisnyaPinterest.com

1. Rumah Joglo Sinom

Jenis Rumah Adat Joglo yang pertama adalah Joglo Sinom. Bangunan ini memiliki bentuk yang merupakan pengembangan dari Rumah Joglo yang memiliki teras keliling. Terdapat sekitar 36 tiang (saka) di mana empat diantaranya merupakan tiang besar utama (saka guru) di dalamnya. Pada bagian atap, sisinya terbagi menjadi empat bagian. Di setiap sisi atapnya memiliki tiga tingkatan dengan satu bubungan.

2. Rumah Joglo Jompongan

Ciri khas Rumah Adat Joglo Jompongan ada pada atapnya yang terdiri dari dua susunan dengan bentuk bubungannya yang memanjang ke sisi kanan dan kiri. Uniknya lagi, rumah adat ini biasanya menggunakan pintu geser dan denai lantai didalamnya berbentuk bujur sangkar. Punya kesan sederhana, Rumah Joglo Jompongan biasanya tidak memiliki banyak hiasan ornamen pada bagian atapnya. 

3. Rumah Joglo Pangrawit

Jika melihat jenis Rumah Adat Joglo Pangrawit, kamu bisa menyadari adanya lambang gantung dan atap berbentuk kubah di rumah ini. Di setiap sudut rumah ini, kamu juga terdapat melihat adanya saka. Desain bangunan Rumah Joglo Pangrawit juga banyak dipakai oleh rumah-rumah adat Joglo modern saat ini.

4. Rumah Joglo Mangkurat

Berbeda dengan jenis Rumah Adat Joglo sebelumnya, Rumah Joglo Mangkurat memiliki keunikan pada atapmya yang tersusun atas tinga tingkatan dengan kemiringan yang berbeda-beda. Di bagian tengah atap rumah ini biasanya dibuat lebih tinggi. 

5. Rumah Joglo Hangeng

Dibandingkan dengan Rumah Adat Joglo Mangkurat dan Pangrawit, Rumah Joglo Hangeng memiliki besar atap utama yang paling besar. Rumah ini juga memiliki tratak keliling yang membuatnya terlihat seperti sebuah istana yang megah nan eksotis. 

6. Rumah Joglo Lawakan

Kembali ke ciri-ciri atap, Rumah Adat Joglo Lawakan memiliki kesan sederhana pada atapnya yang tersusun atas dua tingkatan. Pada atap bagian bawah berbentuk landai dan lebar, namun atap bagian atasnya meruncing lebih tajam. 

7. Rumah Joglo Panggang Pe

Di urutan akhir, ada jenis Rumah Adat Joglo Panggang Pe. Tahu nggak, sih, ternyata rumah adat ini disejarahkan dulu digunakan sebagai warung dan tempat tinggal. Rumah Adat Joglo Panggang Pe memiliki empat hingga enam buah saka. Jenis rumah adat ini pun bermacam-macam, mulai dari jenis Gedhang Salirang, Empyak Setangkep, Gedhang Setangkep, Cere Gancet, Trajaumas dan Barengan.

Itu dia ciri-ciri, jenis Rumah Adat Joglo yang unik dan sayang untuk kamu lewatkan. Selamat, hari kini kamu sudah lebih mengenal salah satu budaya Indonesia!

Baca Juga: 7 Rumah Adat Bali yang Penuh Filosofi Ini Akan Membuatmu Takjub

Baca Juga: Super Kokoh dan Tahan Gempa, Ini 6 Keunikan Rumah Adat Sumatra Barat

Baca Juga: Dapat Bertahan Hingga 200 Tahun, Ini 5 Keunikan Rumah Adat Aceh