Salah satu perilaku tidak terpuji para wisatawan yang merusak koleksi museum kembali terulang. Kali ini, koleksi kursi dan meja marmer Sri Sultan HB VIII yang tersimpan di Musem Batik, Yogyakarta rusak karena ulah wisatawan. 

Menurut Abdi Dalem Regol Gapura Keraton Yogyakarta, Mas Bekel Purakso Wiarjo, peristiwa itu terjadi ketika ada seorang ibu-ibu yang berswafoto di atas panggung tanpa sepenglihatan penjaga. Parahnya lagi, ibu-ibu tersebut juga duduk di atas koleksi kursi bersejarah di sana. Tiba-tiba, ibu-ibu itu terjatuh dan menabrak koleksi meja marmer yang ada didekatnya. 

Akhirnya, koleksi kursi dan meja marmer yang pernah digunakan Sri Sultan HB VIII pada sekitar tahun 1920-an milik Keraton Yogyakarta itu rusak dengan kondisi salah satu kaki meja yang patah. Beruntung, meja marmer yang jatuh itu tidak pecah karena terjatuh di panggung, bukan lantai. 

Koleksi Keraton Yogyakarta Rusak, Ini 7 Aturan Saat Datang Ke MuseumTwitter.com/gkrhayu

Bela, kalau nggak hati-hati, bisa-bisa cuma karena ingin punya foto yang apik, koleksi benda bersejarah yang ada di museum bisa rusak. Lalu, apa saja sih aturan yang harus kamu taati saat datang ke museum? Simak di bawah ini, yuk!

1. Menyentuh Koleksi

Koleksi Keraton Yogyakarta Rusak, Ini 7 Aturan Saat Datang Ke MuseumPesona.travel

"Dilarang menyentuh koleksi ini", kamu pasti pernah melihat tanda larangan ini saat berkunjung ke museum, kan? Bela, meskipun kelihatannya hal yang sepele, bayangkan jika ratusan bahkan ribuan wisatawan yang datang menyentuh barang-barang berhaga di museum. Selain kotor, barang-barang tersebut juga lebih rentan untuk rusak. Jadi, jangan sepelekan larangan yang satu ini, ya!

2. Jangan Lakukan Vandalisme!

Koleksi Keraton Yogyakarta Rusak, Ini 7 Aturan Saat Datang Ke MuseumWidewalls.com

Seringkali, kita bisa menemukan koleksi barang-barang di museum atau bahkan bangunan di museum itu sendiri yang sudah dicorat-coret. Mulai dari nama si pelaku, sampai nomor telepon. Selain merusak, vandalisme juga bisa mengurangi nilai estetika barang koleksi dan musem itu sendiri. Kalau kamu lihat orang yang melakukan vandalisme di museum, langsung tegur, ya!

3. Berlari-larian

Koleksi Keraton Yogyakarta Rusak, Ini 7 Aturan Saat Datang Ke MuseumTravelling.maslatip.com

Pernah melihat anak-anak atau pengunjung museum yang bercanda berlebihan sampai berlari-larian di area museum? Duh, bayangin deh kalau sampai mereka menyenggol atau menabrak barang-barang di museum. Barang-barang tersebut kan bisa jatuh dan rusak. Jadi, bergeraklah dengan hati-hati  saat berada di museum, ya!

4. Patuhi Aturan Khusus yang Berlaku

Koleksi Keraton Yogyakarta Rusak, Ini 7 Aturan Saat Datang Ke MuseumWfmamsu.org

Beberapa museum punya aturan khususnya sendiri untuk para wisatawan yang berkunjung disana. Ada yang melarang untuk memotret koleksi, atau bahkan dilarang untuk mengucapkan kata-kata kasar. Jadi, perhatikan setiap rambu aturan yang berlaku di sana, ya!

5. Jangan Makan dan Minum

Koleksi Keraton Yogyakarta Rusak, Ini 7 Aturan Saat Datang Ke MuseumJateng.idntimes.com

Bela, koleksi barang-barang di museum cenderung berusia tua dan butuh perawatan khusus. Bayangkan jika zat-zat kimia yang ada di makanan dan minumanmu sampai tumpah ke koleksi-koleksi ini. Bisa-bisa, koleksi di museum itu kotor dan rusak. Tidak membawa makan dan minuman juga meminimalisir sampah yang tertinggal di area museum. Kamu pastinya nggak mau datang ke museum yang kotor, kan?

6. Berswafoto Berlebihan

Koleksi Keraton Yogyakarta Rusak, Ini 7 Aturan Saat Datang Ke MuseumAlibaba.com

Kita mungkin akan sangat bersemangat saat melihat barang-barang bersejarah yanga ada di museum. Beberapa orang biasanya akan sangat bersemangat untuk berfoto di sana. Tapi, kalau dilakukan berlebihan apalagi sampai membahayakan barang-barang di museum, lebih baik jangan dilakukan, ya. Berfotolah di museum dengan lebih bijak, yuk!

7. Melewati Area Pembatas

Koleksi Keraton Yogyakarta Rusak, Ini 7 Aturan Saat Datang Ke MuseumDok.internet

Pernah melihat tanda bertuliskan "Dilarang melintasi pagar pembatas" atau "Dilarang masuk ke area ini"? Ya, aturan pembatas atara wisatawan dan koleksi museum memang penting diberlakukan. Sekali lagi, hal itu untuk mencegah rusaknya koleksi bersejarah yang ada di museum jadi rusak karena ulah wisatawan yang "jahil". 

Nah, itu dia aturan-aturan yang harus kamu taati saat berkunjung ke museum. Jangan sampai dilanggar ya, Bela!

Baca Juga: 5 Museum Instagramable yang Ada di Jakarta