Jarang Diketahui, Ini 7 Rumah Adat Suku Sunda yang Unik

Serupa tapi tak sama

Jarang Diketahui, Ini 7 Rumah Adat Suku Sunda yang Unik

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Indonesia memang punya banyak kebudayaan yang sangat beragam. Di antara banyaknya kebudayaan tersebut, rumah adat menjadi salah satu kebudayaan yang memiliki nilai sejarah tinggi. Bahkan, bangunan yang memilliki corak dengan nilai filosofis tertentu tersebut, selalu seru untuk diteluris lebih jauh lagi.  

Di antara banyaknya rumah adat yang ada di Indonesia, rumah adat suku Sunda menjadi rumah adat yang penuh dengan pesona. Bukan hanya karena bangunannya yang unik, melainkan juga makna yang terkandung di bangunan tersebut. Lalu apa saja jenis-jenis rumah adat suku Sunda tersebut? Berikut Popbela berikan 7 nama dan jenis rumah adat Sunda disertai gambar yang unik.

1. Rumah Adat Sunda “Badak Heuay”

Rumah adat sunda yang pertama ialah badak heuay. Penamaan rumah adat yang satu ini berasal dari bentuk atapnya yang menyerupai badak heuay atau dalam bahasa Indonesia berarti badak yang menguap. Sering dijumpai di Sukabumi, rumah adat yang satu ini berfungsi untuk menerima tamu laki-laki.

2. Rumah Adat “Jolopong”

Jenis rumah adat Sunda selanjutnya ialah jolopong. Rumah adat ini memiliki keunikan pada atapnya yang berbentuk memanjang bak sebuah pelana. Rumah adat yang satu ini bisa dikategorikan sebagai salah satu rumah adat Sunda yang pembangunannya lebih mudah. Hal ini dikarenakan penggunaan material atap yang lebih sederhana dibanding rumah adat Sunda lainnya.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here