Dali and Cocky Prince merupakan salah satu drama Korea ongoing dengan genre komedi romantis yang tayang bulan September lalu. Diperankan Park Gyu Young, Kim Min Jae, dan Kwon Yool sebagai bintang utama, drama ini mengangkat kisah kehidupan Kim Da Li (Park Gyu Young), sebagai anak pemilik galeri seni yang cerdas. 

Ia bekerja sebagai peniliti di galeri ternama di Belanda. Suatu hari, ia tidak sengaja bertemu dengan Jin Moo Hak (Kim Min Jae), seorang pebisnis sukses yang merupakan keturunan dari pemimpin franchise makanan Korea. Pertemuan di Belanda yang tak disengaja ini pun, pelan-pelan tumbuh menjadi benih-benih hubungan yang akan terus berlanjut di negara asal mereka, Korea. 

Jika kalian mengikuti kisahnya, dua episode awal drama ini berlatar belakang di Amsterdam, Belanda. Meskipun begitu, ternyata lokasi syutingnya berada di Korea, lho! Yuk, simak 7 lokasi syuting drama Dali and Cocky Prince di Korea berikut ini, yang ternyata bernuansa Eropa kental!

1. Jeju Jocheon Swiss Village

Bernuansa Eropa, Ini 7 Lokasi Shooting KDrama 'Dali and Cocky Prince'Visit Jeju

Alamat: 566-27 Hamwa-ro Jocheon-eup, Pulau Jeju.

Lokasi ini merupakan tempat Kim Da Li bersepeda ketika melakukan perjalanan pulang dari galeri pada awal episode 1. Jin Moo Hak saat itu juga berkunjung ke lokasi ini untuk mencari Da Li pada episode selanjutnya. 

Bangunan dengan dominasi warna merah dan kuning ini terletak di Jeju Jocheon Swiss Village, yang merupakan kompleks komersial dan perumahan yang berlokasi di Pulau Jeju. 

Bangunan ini terdiri dari 2 lantai, dengan lantai yang pertama digunakan sebagai restoran, kafe dan pertokoan. Sementara lantai yang kedua, disewakan sebagai penginapan atau tempat tinggal. 

2. ChangeUp Campus — Gyeonggi English Village Paju Camp

Bernuansa Eropa, Ini 7 Lokasi Shooting KDrama 'Dali and Cocky Prince'instagram.com/g_future_campus

Alamat: 40 Eoreumsil-ro, Tanhyeon-myeon, Kota Paju, Provinsi Gyeonggi

Lokasi ini berada di salah satu sudut kota Amsterdam, Belanda, tempat Kim Da Li bersepada melintasi kompleks pada episode 1. Jin Moo Hak juga diceritakan berkunjung ke lokasi ini ketika hendak mencari keberadaan Da Li. 

Nuansa Eropa di lokasi ini benar-benar kental karena bangunannya mengikuti arsitektur Eropa. Ini tujuannya untuk mendukung fungsi tempatnya sendiri, yaitu sebagai tempat pembelajaran Bahasa Inggris bagi sekumpulan orang yang tertarik belajar. Maka, kawasan ini pun dijuluki sebagai 'kampus inggris', yang didirikan pada tahun 2006.

3. Paradise City

Bernuansa Eropa, Ini 7 Lokasi Shooting KDrama 'Dali and Cocky Prince'p-city.com

Alamat: 186 Yeongjonghaeannam-ro 321beon-gil, Distrik Jung, Incheon

St. Miller Kunst Galerig, sebagai galeri seni tempat Kim Da Li bekerja sebagai peneliti ini, diangkat dari eksterior Paradise City. Dengan eksterior yang mewah, lokasi syuting ini juga berada di Korea, lho!

Paradise City merupakan resor mewah bergaya Korea yang menawarkan berbagai fasilitas dan hiburan. Di dalamnya, kamu disuguhkan pengalaman menginap di hotel yang tak terlupakan, karena bisa belanja di pusat perbelanjaan, bermain di casino, memanjakan diri di tempat spa, mengunjungi galeri seni, karnaval, hingga beberapa tempat pertunjukan. 

4. Mimesis Art Museum

Bernuansa Eropa, Ini 7 Lokasi Shooting KDrama 'Dali and Cocky Prince'instagram.com/mimesis_art_museum

Alamat: 253 Munbal-ro, Kota Paju, Provinsi Gyeonggi.

Kali ini, Mimesis Art Museum muncul sebagai interior dari St. Miller Kunst Galerig. Lokasi ini juga terlihat di episode 1, ketika Direktur Koch (Barri Tsavaris) terlihat berinteraksi dengan karyawannya sebelum mencari keberadaan Kim Da Li. 

Dibangun oleh Open Books pada tahun 2006-2009, Mimesis Art Museum merupakan museum yang berfungsi sebagai galeri seni. Bangunannya dirancang oleh arsitek Korea, Kim June Sung, yang bekerja sama dengan dua Arsitek Portugis,  Alvaro Siza dan Carlos Castanheira. Museum ini menyediakan ruang pameran yang sangat luas, dengan luas bangunan hingga 3.600 meter persegi. 

5. Saint Four Golf and Resort

Bernuansa Eropa, Ini 7 Lokasi Shooting KDrama 'Dali and Cocky Prince'stfour.com

Alamat:  445-55 Seonyu-ro, Gujwa-eup, Pulau Jeju

Eksterior dari Saint Four Golf and Resort ini merupakan rumah mewah yang ditempati Kim Da Li, selama bekerja sebagai peneliti di Belanda. Jin Moo Hak juga sempat menginap di rumahnya karena saat itu ia tidak mampu membayar hotel.

Tempat ini ternyata merupakan sebuah kompleks resor dan hotel populer, yang terdiri dari lapangan golf mewah yang ramah lingkungan. Memiliki nuansa Eropa yang sangat kental dengan pemandangan yang indah, ternyata lokasi resor ini berada di Pulau Jeju. 

6. Imsil Cheese Theme Park

Bernuansa Eropa, Ini 7 Lokasi Shooting KDrama 'Dali and Cocky Prince'cheesepark.kr

Alamat: 50 Doin2-gil, Seongsu-myeon, Imsil, Provinsi Jeollabuk.

Merupakan salah satu bangunan yang terlihat di episode pertama, di saat Kim Da Li membawa Jin Moo Hak ke sebuah pesta. Pestanya berada di rumah Madam Bronckhorst (Amy Aleha).

Eksterior rumah milik Madam Bronckhorst ternyata merupakan bangunan yang mengikuti peternakan gaya Eropa, yaitu di kompleks Imsil Cheese Theme Park. Bangunan ini merupakan taman hiburan yang menekankan keju dan olahannya.

Imsil Cheese Park yang didirikan pada tahun 2004 dan terletak di provinsi Jeollabuk ini, terinspirasi dari Desa Appenzell di Swiss, yang dikenal dengan produksi kejunya.

7. Mayfield Hotel

Bernuansa Eropa, Ini 7 Lokasi Shooting KDrama 'Dali and Cocky Prince'instagram.com/mayfield_hotel

Alamat:  94 Banghwa-daero, Balsan 1(il)-dong, Distrik Gangseo, Seoul

Masih ingat ketika Kim Da Li mengantarkan Jin Moo Hak ke Grand Plaza Hotel pada episode ke-2 ketika ia sudah mengetahui identitas aslinya? Wujud asli Grand Plaza Hotel ternyata merupakan Mayfield Hotel, yang merupakan hotel bintang 5 bergaya Eropa yang diluncurkan pada tahun 2003.

Selain menawarkan kamar bernuansa Eropa, hotel ini juga menawarkan kamar yang mengikuti gaya tradisional Korea. Para tamu yang menginap pun disuguhkan dengan berbagai hidangan khas Korea, Italia, hingga Tiongkok, yang bisa dinikmati di beberapa restoran. Selain itu, hotel ini juga menyediakan kafe dan bar sebagai tempat nongkrong. 

Itulah 7 lokasi shooting drama 'Dali and Cocky Prince' di Korea yang memiliki nuansa Eropa kental, yang bisa dijadikan inspirasi ketika berkunjung ke Korea setelah pandemi berakhir, Bela. Jangan lupa catat alamatnya, ya!

Baca Juga: Menyegarkan Mata, 7 Lokasi Shooting Drama Korea 'Yumi's Cells'

Baca Juga: 5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Nonsan Ini Seru Buat Dikunjungi, Lho!

Baca Juga: Record of Youth hingga Startup, Ini 5 Lokasi Syuting Drama Korea Hits!