Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ingin ke Afrika Selatan Pertama Kali, Ini Hal yang Harus Kamu Tahu

Jangan sampai salah ya!

Rosita Meinita

Afrika Selatan, tuan rumah Piala Dunia tahun 2010 ini, memang nggak asing bagi para penduduk dunia. Tempat ini juga merupakan tujuan destinasi dari para wisatawan dari berbagai penjuru negeri. Afrika Selatan nggak hanya luas, hewan safari terkenalpun ada disini. Tetapi nggak hanya itu saja, di sini juga ada kota-kota besar dan pemandangan alam yang luar biasa. Bagaimana tertarik untuk pergi kesana? Kamu harus tahu hal ini sebelum pergi kesana, Bela!

1. Keamanan di Afrika Selatan

pexels.com/ Burst

Pertanyaan mendasar bagi para wisatawan sebelum melakukan travelling di luar negeri adalah keamanannya. Jawabannya aman, jika kamu selalu waspada. Jika kamu akan menjelajahi Cape Town atau wisata malam Johannesburg, gunakan taksi online, jangan berkeliling di malam hari meskipun tempat yang kamu tuju hanya tiga blok jauhnya. Pastikan juga  kamu nggak memabawa barang berharga yang berlebihan di tempat-tempat wisata di sini. Ini meminimalisir hal-hal yang nggak kamu inginkan.

2. Simpan beberapa uang tunai

rawpixel.com/

Meskipun penggunaan kartu kredit dan beberapa ATM yang ada di Afrika Selatan, menyimpan sejumlah uang tunai lebih praktis. Jika kamu bepergian ke Cape Town, kamu bisa mengunduh aplikasi yang bisa membantumu terhubung ke kartu kreditmu sehingga kamu bisa membayanya dengan QR code.

3. Kamu bisa minum langsung dari air kerannya

unsplash.com/ Imani

Afrika Selatan menawarkan beberapa keunggulan kualitas airnya. Kamu bisa dengan aman minum dengan mengambil langsung air di kerannya. Tak perlu khawatir akan kebersihannya, Afrika Selatan terkenal dengan air ledeng terbersih di dunia. Dengan hal ini, kamu para travelers nggak perlu membeli sebotol air mineral untuk perjalananmu.

4. Memberi tip di restoran

pexels.com/ Daria Shevtsova

Memberi tip antara 10-15% di restoran  Afrika Selatan ini adalah hal yang umum terjadi. Jika kamu berada di restoran atau bar di sana, pasti kamu akan melihat banyak mengunjung yang meninggalkan uangnya di bill mereka. Nah, bagi kamu yang ingin menyewa mobil di sini, kamu akan bertransaksi dengan penjaga mobil itu. Alangkah lebih baik berikan beberapa Rands untuk dia yang bertugas mengawasi mobilmu saat kamu menyewanya.

5. Belilah kartu provider lokal

unsplash.com/ Oleg Magni

Setelah kamu mendarat di Afrika Selatan, belilah kartu provider lokal yang sudah tersedia di bandara. Kamu bisa mendapatkan beberapa paket data yang akan membantumu tetep terhubung dengan orang terkasih di rumah serta nggak lupa untuk mengabadikan momen di Instagram story-mu. Dengan hal ini, kamu bisa membagikan pengalamanmu dengan teman-temanmu sebagai referensi.

6. Sewa mobil

pexels.com/ Negative Space

Jika kamu ingin menjelajahi Garden Route di Afrika Selatan atau berkendara melalui Pegunungan Drakensberk ke Pub gtertinggi di Lesotho, Afrika tentunya kamu membutuhkan mobil. Tenang saja, harga sewa mobil disini jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara tetangga Afrika Selatan. Kamu juga bisa pergi ke Taman Nasional Kruger dengan berkendara sendiri.

7. Antisipasi dengan asuransi perjalanan

Rawpixels.com/

Di Afrika Selatan, kami bisa mengunjungi beberapa tujuan yang menarik, seperti pendakian di Drakensberg atau paralayang di luar Lion’s Head di Cape Town. Jika kamu akan melakukan beberapa hal yang memacu adrenalin selama travelling, pastikan kamu dilindungi dengan asuransi perjalanan ya Bela. Ini akan lebih baik untuk memastikan kamu benar-benar ter-cover dengan baik selama di sana.

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Travel