Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

20 Tempat Wisata di Malaysia yang Aksesnya Mudah Dijangkau

Mengenal sederet bangunan ikonik Malaysia

Nindi Widya Wati

Kalau bicara soal Malaysia, negara ini punya ibu kota Kuala Lumpur yang terkenal dengan tata kota indah dan sederet bangunan yang ikonik. Sebut saja beberapa bangunan yang kerap dikunjungi para pelancong, seperti Menara Kuala Lumpur (Menara KL) hingga Petronas Twin Towers. 

Namun, tahukah kamu kalau sebenarnya Malaysia memiliki tempat wisata lain yang kiranya mudah pula dijangkau oleh wisatawan. Mengingat, negara dengan budaya yang beragam ini makin meningkatkan layanan transportasi publiknya. Sehingga, bagi para wisatawan yang dari luar negeri bisa mudah berkeliling ke Malaysia dengan naik bus, kereta, taksi, ataupun sistem monorel. 

Penasaran? Kira-kira mana saja tempat wisata yang patut untuk dikunjungi saat sedang berada di Malaysia? Selengkapnya, simak dalam artikel berikut ini, Bela! 

1. Sultan Abdul Samad Building jadi tempat bersejarah dan megah yang berdiri sejak tahun 1897. Bangunan ini memiliki sentuhan arsitektur gaya Mughal India yang sangat cocok jadi tempat eduwisata bersama keluarga.

Instagram.com / gitakusuma

2. Cape Rachado atau yang kerap disebut Rumah Api Tanjung Tuan adalah sebuah mercusuar di wilayah Port Dickson, Malaysia. Bangunan dengan didominasi cat putih ini kerap jadi tempat menikmati pesona laut Malaysia.

Instagram.com / oludestinations

3. Genting Highland tersohor sebagai wilayah yang terintegrasi dengan hotel, kasino dan taman bermain. Tempat ini juga menawarkan sensasi naik cable car dengan pemandangan hutan rindang yang selalu ramai diminati wisawatan.

Instagram.com / kengishima

4. KL Tower sebagai menara menjulang tinggi dan menawarkan pemandangan 360 derajat dari kota Kuala Lumpur. Selain bisa menikmati observatorium di ketinggian 276 meter, pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas, seperti bersepeda hingga main mini golf.

Instagram.com / faizallens

5. Kuala Gandah Elephant Orphanage Sanctuary jadi tempat eduwisata untuk melihat aktivitas gajah sehari-hari. Selain itu, kamu bisa turut memberi makan gajah, memandikan, menunggangi, hingga berfoto bersama gajah.

Instagram.com / greenelephantsanctuarypark

6. Fort Cornwallis berupa benteng bersejarah yang dibangun pada abad ke-19. Kalau kamu tertarik dengan sejarah kolonial Malaysia, maka benteng ini patut jadi tempat wisata kunjunganmu.

Instagram.com / 7a2hi

7. National Textile Museum terkenal sebagai museum yang memamerkan berbagai bahan tekstil dan pakaian tradisional Malaysia. Selain itu, terdapat pula galeri interaktif yang menawarkan pengalaman belajar seru bagi pengunjung.

Instagram.com / lovemoa_

8. Istana Budaya tercatat sebagai teater nasional yang menawarkan berbagai pertunjukan teater, musik, dan tari. Teater ini memiliki auditorium yang luas dan modern serta menjadi salah satu tempat penting bagi seniman dan penikmat seni.

Instagram.com / klgems

9. Kuala Lumpur City Center atau KLCC jadi sebuah komplek yang terdiri dari berbagai bangunan, seperti pusat perbelanjaan, hotel bintang 5, dan gedung-gedung pencakar langit hingga taman publik yang rindang.

Instagram.com / dreamchaser_traveller

10. Sunway Lagoon adalah taman bermain outdoor yang memadukan antara waterpark dan themepark. Sunway Lagoon bahkan memiliki resort hiburan keluarga terbesar di Malaysia yang terintegrasi dengan taman hiburan, hotel, dan mall.

Instagram.com / tourismselangor_ar

11. Kuala Lumpur Butterfly Park memiliki berbagai jenis kupu-kupu dari seluruh dunia. Taman dengan total luas lahan mencapai 80.000 kaki persegi ini berada di tengah kota, sehingga cukup mudah dijangkau dengan transportasi umum.

Instagram.com / travelodgeasia

12. Lake Gardens hadir sebagai lahan terbuka besar yang terdiri dari beberapa taman, seperti taman air, dan taman rekreasi. Beberapa tempat populer di Lake Gardens termasuk Orchid Garden, Hibiscus Garden, dan Bird Park.

Instagram.com / wendolieb

13. Kamu ingin cari buah tangan khas Malaysia? Cobalah berkunjung ke Central Market, pasar tradisional Kuala Lumpur ini menawarkan banyak barang-barang khas dan produk lokal, seperti kain, kerajinan, dan makanan.

Instagram.com / fathinyusof_

14. Islamic Arts Museum termasuk museum yang menawarkan pemahaman tentang karya seni Islam dari seluruh dunia. Ada beragam koleksi manuskrip, keramik, dan lukisan yang kaya dengan keindahan seni Islam.

Instagram.com / kayco_style

15. Muzium Negara Malaysia jadi museum nasional yang menyuguhkan pemahaman lebih dalam tentang sejarah dan budaya Malaysia. Museum ini memiliki berbagai galeri yang menampilkan artefak hingga benda bersejarah seperti keris, peralatan dapur tradisional, dan baju adat Malaysia.

Instagram.com / muzeumnegararasmi

16. Merdeka Square selain jadi taman terbesar di tengah kota Kuala Lumpur juga menjadi salah satu tempat bersejarah, di mana bendera Malaysia pertama kali dikibarkan pada 31 Agustus 1957.

Instagram.com / nomad_dazz

17. Aquaria KLCC bisa jadi destinasi lain saat kamu berada di Petronas Twin Towers. Akuarium ini memiliki berbagai jenis koleksi hewan air seperti ikan, kerang, sampai mollusca.

Instagram.com / peggy_kee0718

18. Batu Caves adalah gua batu dengan patung Murugan raksasa dan menjadi salah satu tempat suci bagi masyarakat Hindu. Batu Caves termasuk bersejarah karena menjadi tempat pertempuran antara pasukan British dan Sepoy pada abad ke-19.

Instagram.com / alana_and_the_world

19. Petaling Street berupa pasar malam terkenal di Kuala Lumpur yang menawarkan berbagai produk, seperti pakaian, aksesoris, dan makanan.

Instagram.com / kualalumpurcity

20. Petronas Twin Towers adalah bangunan ganda yang menjulang tinggi dan menjadi ikon arsitektur Kuala Lumpur. Menara ini memiliki tinggi 451 meter dan menawarkan pemandangan menakjubkan dari observatorium Skybridge yang berada pada ketinggian 170 meter.

Instagram.com / kualalumpurcity

Demikianlah, 20 rekomendasi tempat wisata di Malaysia yang aksesnya mudah dan patut dikunjungi. Adakah tempat di atas yang ingin kamu kunjungi, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel