Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Yuk Healing! Ini 7 Tips Traveling yang Nggak Bikin Pening

Traveling #JadiLebihJenius dengan manfaatkan fasilitas ini

Niken Ari Prayitno

Bela, tanpa terasa hanya menuju dua bulan lagi kita sudah berada di penghujung tahun. Biasanya, di akhir tahun, banyak rencana traveling yang kita buat sebagai bentuk ‘balas dendam’ karena setahun penuh tak banyak waktu bersama keluarga. Maka dari itu, supaya liburan kita bisa berjalan dengan baik dan sesuai ekspektasi, kita perlu perencanaan yang matang.

Bukan sekadar traveling, liburan akhir tahun juga bisa menjadi sarana healing dan reward atas kerja keras kita selama satu tahun ini. Makanya, jangan sampai deh liburan berujung petaka karena kehabisan uang setelah liburan usai. 

Supaya liburan #jadilebihjenius, simak yuk beberapa tips traveling yang nggak bikin pening dari POPBELA berikut ini.

1. Rencanakan itinerary dengan bijak

Unsplash.com/That's Her Business

Tips pertama dan mungkin sudah sering kamu dengar adalah membuat rencana atau itinerary yang matang. Memang klise kedengarannya, namun percaya deh, jika kamu membuat perencanaan yang matang, kamu bukan hanya akan menghemat waktu saat liburan nanti. Tapi, juga bisa mengontrol pengeluaran dan menghemat tenaga, sehingga semua objek wisata yang kamu ingin kunjungi dapat terlaksana dengan baik.

Setelah menentukan lokasi tujuan yang menjadi destinasi wisata akhir tahunmu, pilih tempat wisata mana saja yang ingin dikunjungi. Lihat jarak antara lokasi wisata tersebut sehingga kamu bisa menyusunnya berdasarkan jarak dan waktu tempuh. Kamu bisa memanfaatkan ChatGPT untuk membantu kamu menyusun rencana. Contohnya bisa kamu lihat pada gambar berikut ini. Apabila jadwal tersebut kurang cocok, kamu bisa mengubahnya sesuai dengan kebutuhanmu. Fleksibel, kok.

Popbela.com/Niken Ari

Jika kamu lebih suka jalan-jalan ‘dadakan’ atau tanpa itinerary, memiliki jadwal atau gambaran umum tentang lokasi tujuan adalah salah satu yang penting untuk kamu miliki. Tidak perlu terperinci, cukup sebutkan ingin ke mana dulu di pagi hari, makan siang di lokasi apa, serta menghabiskan malam di mana. Hal itu sudah cukup, kok, untuk menjadwalkan liburanmu agar lebih rapi.

2. Manfaatkan promo untuk memilih akomodasi dan transportasi yang nyaman dan terjangkau

Unsplash.com/Abhishek Revis

Tips kedua dan tentu paling penting adalah manfaatkan promo untuk memilih akomodasi dan transportasi yang nyaman. Tips ini berhubungan dengan budget yang kamu miliki. Dengan memanfaatkan promo, tentu kamu jadi bisa memiliki uang lebih budget yang sudah kamu siapkan. Uang ini nantinya bisa kamu manfaatkan sebagai dana darurat atau oleh-oleh.

Soal promo untuk akomodasi dan transportasi ini, kamu bisa memanfaatkan travel fair yang rutin digelar secara offline oleh berbagai institusi perbankan. Namun, jika kamu tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk datang langsung ke travel fair, kamu bisa mengikuti program 7 Hari 7 Malam #jadilebihjenius melalui hadirnya Jenius Online Travel Fair untuk pertama kali.

Dok. Jenius

Di Jenius Online Travel Fair ini, tersedia potongan hingga Rp7 juta yang dapat digunakan di aplikasi Traveloka untuk membeli tiket transportasi, akomodasi, hingga aktivitas selama berlibur yang bisa bikin liburan teman Jenius #jadilebihjenius. Bikin dompet jadi aman dan liburan tenang, kan?

"Melalui pertanyaan dan polling di media sosial @jeniusconnect, ditemukan bahwa traveling menjadi hal yang paling sering disebutkan oleh teman Jenius. Untuk itu di bulan Oktober ini, program 7 Hari 7 Malam #jadilebihjenius semakin seru dengan hadirnya Jenius Online Travel Fair untuk pertama kalinya," jelas Anita Ekasari, Digital Banking Business Stream Head Bank BTPN, pada konferensi pers yang digelar pada 6 Oktober 2023 lalu.

Cara menggunakan promo program 7 Hari 7 Malam #jadilebihjenius Jenius Online Travel Fair

Jenius.com

Jenius Online Travel Fair hadir mengusung konsep travel fair yang baru dan belum pernah dilakukan sebelumnya. Kamu bisa mengikuti voucher war untuk mendapatkan potongan harga Rp7 juta hanya dengan membeli voucher seharga Rp7.007 di Loket.com menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit Jenius Visa. Voucher tersebut dapat di-redeem di Traveloka untuk berbagai macam kebutuhan, seperti pemesanan hotel, transportasi, hingga hiburan. Total ada lebih dari 5.000 voucher akan dialokasikan untuk diperebutkan selama periode voucher war berlangsung.

Untuk mengikuti voucher war di Loket.com, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Kunjungi website Jenius Online Travel Fair (https://jenius.com/pages/travelfair).
  2. Pilih pembayaran yang diinginkan, Kartu Kredit atau Kartu Debit Jenius Visa.
  3. Masuk dalam antrian dengan menekan tombol Join the Queue.
  4. Mohon menunggu di Waiting Room.
  5. Pilih jenis voucher, lalu tap Pesan Sekarang.
  6. Pelajari lalu setujui syarat & ketentuan.
  7. Lengkapi informasi personal, lalu tap Lanjut.
  8. Pilih metode pembayaran, lalu tap Lanjut.
  9. Lengkapi informasi pembayaran, lalu tap Bayar Sekarang.
  10. Tap See E-Voucher untuk melihat kode voucher. E-voucher juga bisa di email.

Setelah mendapatkan voucher melalui Loket.com atau cek email, selanjutnya kamu dapat langsung menuju aplikasi Traveloka atau situs web Traveloka.com untuk beli tiket transportasi, akomodasi, hingga aktivitas liburan yang diinginkan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka e-voucher dari Loket.com dan siapkan kode voucher.
  2. Buka aplikasi Traveloka, tap produk yang sesuai, lalu tap layanan yang diinginkan.
  3. Lengkapi data, lalu tap Lanjutkan.
  4. Pilih metode pembayaran yang sesuai, lalu masukkan informasi kartu yang sesuai dengan jenis voucher yang dibeli di awal, yaitu Kartu Kredit atau Kartu Debit Jenius Visa.
  5. Pada bagian Pakai Kupon atau Voucher Hadiah, tap Tambah.
  6. Masukkan kode voucher dari Loket.com.
  7. Pakai kode voucher untuk dapatkan potongan, lalu tap OK.

Jangan lupa untuk perhatikan minimal jumlah transaksi yang berlaku dari voucher yang telah dimiliki. Serta, pilih akomodasi dan transportasi yang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhanmu, ya. Jadi, kamu bisa tetap liburan hemat tanpa ada uang yang terbuang percuma.

3. Merasakan pengalaman menjadi warlok dengan transportasi umum

Unsplash.com/Joel De Vriend

Untuk mendapatkan sensasi liburan yang tak terlupakan, kamu bisa memanfaatkan transportasi umum yang ada di tujuan traveling kamu. Selain lebih hemat daripada harus menyewa mobil dengan ongkos yang mungkin lebih mahal, kamu juga bisa mendapat pengalaman bak warga lokal alias warlok selama liburan. 

Memanfaatkan transportasi umum dan merasakan sensasi bak warlok bahkan bisa kamu nikmati di luar negeri. Kamu bisa memanfaatkan Jenius Visa Contactless untuk merasakan pengalaman transportasi di luar negeri dengan lebih seamless.

Popbela.com/Niken Ari

Melalui fitur Mata Uang Asing di aplikasi Jenius, kamu dapat dengan mudah memiliki akses ke tujuh mata uang asing tanpa perlu mengunjungi money changer. Mata uang yang dapat diakses meliputi dolar Amerika Serikat (USD), dolar Singapura (SGD), yen Jepang (JPY), poundsterling Inggris (GBP), dolar Australia (AUD), Euro (EUR), dan dolar Hong Kong (HKD) dari negara-negara besar di dunia. Untuk mengurangi risiko fluktuasi nilai tukar, disarankan untuk melakukan transaksi sebelum tanggal keberangkatan, dan pastikan untuk mengaktifkan dan menghubungkan Kartu Debit Jenius Visa (m-Card) sebelum menggunakan fitur ini.

"Selain yang ketarik nanti adalah mata uang negara tujuan, kamu juga bisa mulai menabung mata uang itu mulai dari sekarang. Atau saat kurs-nya lagi murah, kamu bisa cicil menabung. Jadi nggak berat saat butuh nanti," kata Melanie Putria, teman Jenius, saat membicarakan soal transaksi mata uang asing melalui Jenius, 6 Oktober 2023 lalu.

4. Bawa bekal minuman dan makanan untuk menghemat pengeluaran

Unsplash.com/Ella Olsson

Jika tujuan utama liburan kamu adalah menikmati objek wisata, maka tips ini bisa membantu kamu untuk menghemat pengeluaran selama liburan. Bekal makanan dan minuman bisa yang sederhana saja, kok. Misalnya, air putih atau roti untuk sekadar mengganjal perut daripada kamu harus membeli camilan yang membuat pengeluaran tak terkontrol.

Namun, jika kamu memang ingin menikmati kuliner lokal, kamu bisa membawa bekal air mineral saja. Kebiasaan ini cukup membuat kamu menghemat Rp10-20 ribu per hari dibanding harus membeli air kemasan, bukan?

Popbela.com/Niken Ari

Saat menikmati kuliner lokal, jangan lupa bawa uang tunai yang cukup agar memudahkan transaksi. Atau kamu bisa memanfaatkan QRIS yang sekarang sudah banyak tersedia di warung atau restoran di lokasi wisata. Fitur QRIS Jenius bisa menggunakan kode QRIS apa pun tanpa terbatas dari bank mana pun yang menerbitkannya. Jadi lebih praktis bukan? Tinggal buka, scan, dan langsung bayar. Pengalaman bersantap jadi mudah dan praktis.

5. Jelajahi lokasi wisata tanpa tiket masuk atau gratis

Unsplash.com/Holly Mandarich

Supaya lebih menekan pengeluaran kamu saat berlibur nanti, kamu juga bisa mengunjungi lokasi wisata yang bisa dikunjungi tanpa tiket masuk alias gratis. Kamu bisa memilih satu hari yang kamu dedikasikan khusus untuk ke lokasi wisata tersebut. Jangan lupa untuk membuat daftarnya terlebih dulu agar kamu tidak membuang-buang waktu.

Beberapa lokasi wisata gratis misalnya dapat kamu lihat di artikel berikut ini:

Jalan-Jalan Hemat, Ini 8 Tempat Wisata Gratis di Semarang

10 Tempat Wisata Seru di Jalur Tol Trans Jawa, Ada yang Gratis Lho!

6. Gunakan aplikasi pencari diskon

Unsplash.com/Daria Nepriakhina

Di zaman serba digital seperti saat ini, membeli tiket untuk lokasi wisata dapat dilakukan secara mobile dan mudah. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi pencari diskon untuk mendapatkan harga lebih murah, sehingga pengeluaran bisa dapat kamu tekan lagi.

Salah satu aplikasi yang dapat memberikan diskon adalah aplikasi mobile banking Jenius dan Traveloka. Selain potongan hingga Rp7 juta di Traveloka dengan pembelian menggunakan Kartu Kredit Jenius dan Kartu Debit Jenius Visa, kamu juga bisa memanfaatkan penawaran spesial berupa ekstra cashback hingga Rp2,5 juta dari Flexi Cash. 

Khusus pengguna baru, berkesempatan mendapatkan ekstra cashback hingga Rp500.000 dengan mengikuti voucher war dan transaksi di Traveloka. Teman Jenius juga bisa mendapatkan cashback hingga Rp250.000 dengan mengaktifkan Mata Uang Asing di Jenius. Tak hanya itu, dapatkan juga bonus sampai 10.000 Yay Points & cicilan 0% hingga 12 bulan pakai Kartu Kredit Jenius. Dapatkan juga potongan harga di Bags City, JavaMifi, dan TiketUx apabila menggunakan fitur Jenius. Khusus untuk Co.Creator Jenius, dapatkan voucher potongan di Traveloka hingga Rp7 juta. Lumayan banget, kan?

7. Pilih kegiatan wisata yang melibatkan aktivitas fisik

Unsplash.com/Holly Mandarich

Terakhir, tips yang bisa kamu terapkan untuk menghemat pengeluaran saat traveling adalah memilih kegiatan wisata yang melibatkan aktivitas fisik. Selain memberikan pengalaman yang tak terulang, kegiatan wisata yang melibatkan aktivitas fisik juga baik untuk kesehatan.

Misalnya, mengunjungi curug atau mendaki bukit yang tidak terlalu tinggi. Biasanya aktivitas ini tidak memakan biaya yang besar. Kamu hanya perlu bermodalkan air mineral dan tenaga yang cukup agar bisa menikmati perjalanan liburanmu itu.

Itulah tadi tips traveling yang nggak bikin pening. Kira-kira kamu sudah ada rencana untuk traveling kemana akhir tahun ini?

IDN Media Channels

Latest from Travel