Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

14 Kafe yang Sering Jadi Lokasi Syuting K-Drama, Wajib Masuk Wishlist!

Estetik dan Instagrammable, tempat adegan ikonik

Natasha Cecilia Anandita

Tak jarang drama Korea menyuguhkan berbagai kafe dan kedai kopi yang instagramable atau cozy banget untuk sekedar santai atau kerja. Belum lagi jika itu termasuk PPL dengan makanan atau minuman yang membuat kita ingin mencicipinya segera.

Selain makanan dan interior yang layak untuk Instagram, Korea Selatan juga dikenal memiliki beberapa kopi terbaik di Asia, jadi tidak diragukan lagi bahwa mereka juga mendapatkan nilai A+ untuk minuman.

Nah, bagi kamu yang berminat berkunjung ke Korea Selatan dan mengunjungi beberapa lokasi syuting K-Drama favoritmu, beberapa kafe ini wajib masuk ke dalam wish list. Dari What's Wrong with Secretary Kim hingga The World of Married, berikut adalah 14 sering jadi lokasi syuting K-Drama yang wajib dikunjungi.

1. Bar Espresso Helsinki

instagram.com/h.___.b
instagram.com/aimerstory
tvN and koreandramaland.com

Kamu penonton The World of Married dan What's Wrong with Secretary Kim? Pasti sudah tidak asing lagi dengan kafe bergaya Eropa yang ramping ini. Di World of Married, Ye rim dan Sun woo bertemu untuk membahas masalah perkawinannya yang sedang berlangsung. Sementara di What's Wrong with Secretary Kim, Park Min young bertemu dengan teman-teman sekolahnya di sebuah kafe bernama 'Belsinki' - yang sebenarnya adalah Helsinki Espresso Bar.

Alamat: 10 Jeongjail-ro 213beongil, Bundang-gu, Seongnam-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan

2. Cafe Zino / Chocolatier Zino

tvn
instagram.com/victoria_lim0204

Jika kamu pernah menonton beberapa drama Korea, kemungkinan besar kamu sudah melihat klip Cafe Zino. Kafe satu ini cukup populer di kalangan pencari lokasi K-Drama mengingat telah ditampilkan dalam 18 K-Drama hingga saat ini, menurut Koreandramaland.com.

Beberapa yang memilihnya adalah drama What's Wrong Secretary Kim, Crash Landing on You serta drama hit Goblin. Gaya Eropa yang megah dari Cafe Zino sering digunakan sebagai latar untuk makan kelas atas dan pengaturan formal.

Alamat: 94-5 Daedong-ri, Tanhyeon-myeon, Paju-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan

3. Foresta Book Cafe

JTBC
greysuitcase.net

Siapa yang tidak ingin makan di sini? Berkonsep a la perpustakaan dengan jendela dari lantai ke langit-langit dan seluruh dinding tertutup buku, membuat suasana kafe sangat nyaman dan enggan untuk beranjak. Foresta Book Cafe telah ditampilkan dalam beberapa drama, termasuk She Was Pretty dan Protect the Boss.

Alamat: 59-6 Heyrimaeul-gil, Tanhyeon-myeon, Paju-si, Gyeonggi-do

4. Alex the Coffee (Cabang Goyang)

koreandramaland.com
instagram.com/alexthecoffee

Masih di drama What's Wrong Secretary Kim, kafe ini menjadi tempat adegan ikonik. Alex the Coffee menjadi kafe di mana Lee Young joon (Park Seo joon) dan Kim Mi so (Park Min young) sedang kencan makan siang dan ketahuan oleh rekan kerja mereka.

Alamat: 103-30 Tongil-ro 493beonan-gil, Sinwon-dong, Deokyang-gu, Goyang-si, Gyeonggi-do

5. Oriole

JTBC
instagram.com/oriole_hbc

Tahukah kamu bahwa sebenarnya restoran 'DanBam' milik Park Sae ro yi adalah restoran Oriole. Selain di Itaewon Class, kafe-bar ini juga pernah digunakan sebagai lokasi syuting beberapa K-Drama lainnya di tahun produksi yang sama. Fitur terbaik Oriole adalah bar atapnya! Faktanya, bagian kafe-bar inilah yang sering ditampilkan dalam drama.

Alamat: 43 Sinheung-ro 20-gil, Huam-dong, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan

6. White Birch Story Tea Cafe

tvn
instagram.com/someonelikemayf
instagram.com/seullemi

White Birch Story Tea Cafe terletak di gang sempit jauh di dalam desa bukchon di Samcheong-dong. Ini mungkin juga merupakan hidden gem terbaik di area ini, menutupi interiornya yang unik dan nyaman di balik eksterior hanok tradisional. Kafe unik ini pernah ditampilkan dalam drama Dae Jang Geum Is Watching and Touch Your Heart.

Alamat: 74-15 Yulgok-ro 1-gil, Samcheong-dong, Jongno-gu, Seoul

7. Sasimgadeuk

instagram.com/sasimgadeuk
Netflix

Di lingkungan Yeomni-dong yang indah, kamu akan menemukan kafe kecil yang didesain unik bernama Sasimgadeuk. Sasimgadeuk juga menampilkan eksterior hanok, namun menggabungkan catatan arsitektur modern melalui jendela kaca dan kursi garis abstrak. Itu juga berfungsi ganda sebagai bar anggur di malam hari! Bar kafe-anggur ini ditampilkan dalam episode pertama My Holo Love Netflix di mana Han So yeon (Ko Sung hee) bertemu Holo, hologram AI, untuk pertama kalinya.

Alamat: 11-3 Baekbeom-ro 24-gil, Yeomni-dong, Mapo-gu, Seoul

8. The 1st Shop of Coffee Prince

google.com/Sham Moi
MBC

Ya, sesuai namanya, ini adalah kedai kopi ikonik dari serial Coffee Prince. Dalam drama tersebut, karakter Gong Yoo menjalankan sebuah kafe, 1st Shop of Coffee Prince, di mana Yoon Eun hye berpura-pura menjadi pria untuk mendapatkan pekerjaan paruh waktu. Tapi, jangan harap kamu bisa dilayani Gong Yoo, ya, kalau berkunjung ke sini.

Alamat: 5 Wusan-ro 29-gil, Seogyo-dong, Mapo-gu, Seoul

9. Creativity Garden

tvn
ttvn

Pasca-Goblin, penggemar mengajukan petisi untuk Lee Dong wook dan Yoo In na agar bermain drama lagi bersama dan akhirnya terkabul dalam Touch Your Heart. Drama tersebut dipenuhi dengan adegan manis yang belum pernah kita dapatkan, termasuk kencan kafe yang sangat spesifik di mana Kwon Jung rok (Lee Dong wook) memberi hadiah perhiasan Oh Jin shim (Yoon In na).

Creativity Garden memiliki desain hanok yang telah direnovasi, membuatnya memberi sentuhan modern paling sederhana melalui furnitur minimalis dan jendela kaca di sekitarnya. Ini bisa jadi rekomendasi lokasi kencan yang sempurna jika datang bersama pasangan.

Alamat: 6-5 Baekseokdong-gil, Buam-dong, Jongno-gu, Seoul

10. C’est Real Cafe

MBC
MBC

Kafe lingkungan kuno ini ditampilkan dalam serial hit K-Drama W-Two Worlds, dipilih sebagai tempat pertemuan untuk karakter utama Lee Jong suk dan Han Hyo joo. Dalam drama lain, On the Way to the Airport, kafe itu sering menjadi pencuri adegan karena para karakternya mengunjungi secara teratur, untuk mendukung rekan mereka yang mengelola toko.

Alamat: 1572-7 Beopheung-ri, Tanhyeon-myeon, Paju-si, Gyeonggi-do

11. Cafe Island in the Woods

tvn
koreandramaland.com

Cafe Island in the Woods akan membuat kamu menganga sangat melihatnya secara langsung. Eksterior kafe yang menawan ditutupi tanaman merambat hijau, menyamarkannya ke lingkungan hutan di sekitarnya. Kafe ini ditampilkan dalam beberapa K-Drama selama bertahun-tahun, termasuk Another Miss Oh dan Cinderella and Four Knights.

Alamat: 14-14 Aenigol-gil, Ilsandong-gu, Goyang-si, Gyeonggi-do

12. Cafe Poeté

MBC
koreandramaland.com

Cafe Poete memiliki cukup sejarah, tidak hanya telah ditampilkan dalam K-Drama seperti Weightlifting Fairy Kim-Bok-Joo, Ex-Girl-friends’ Club, Plus Nine Boys Love Rain, dan The Snow Queen, mereka juga telah beberapa kali mengalami perubahan nama. Sebelum berganti nama menjadi Cafe Poete, dulunya adalah Cafe Blute, dan sebelumnya Four Season House, dan aslinya adalah Yoon's Color.

Alamat: 12 Wausan-ro 14-gil, Mapo-gu, Seoul, Korea Selatan

13. Arriate Tea House

instagram.com/____eristagram____
MBC
instagram.com/khunfour

The Arriate Tea House ditampilkan beberapa kali melalui serial MBC I'm Not a Robot. Faktanya, mereka mencatat bahwa itu adalah salah satu kafe favorit Ye Ri el (Hwang Seung eon) dan kita pasti bisa melihat alasannya. Dihiasi dengan tanaman hijau dan rangkaian bunga di setiap sudut dan celah, pasti Ri el tidak hanya menyukai 'teh apel'-nya.

Alamat: 520 Nonhyeon-ro, Gangnam-gu, Seoul

14. Hesse Boulangerie

tvn
tvn
instagram.com/ash_theashlynn

Ada banyak hal yang disukai dari Hesse Boulangerie, kafe buku yang ditampilkan di WWW, Touch Your Heart, dan yang paling terkenal, Romance is a Bonus Book. Pertama, eksterior kafe menawarkan mural jenis seni bayangan yang unik sehingga kamu dapat menandai sebagai kafe 'instagrammable' di daftarmu.

Kedua, kafe ini memiliki spot dalam ruangan dan luar ruangan yang cocok untuk preferensi bersantap apa pun, dan terakhir, berfungsi ganda sebagai toko buku dan sebenarnya terletak dekat dengan perpustakaan Forest of Wisdom.

Alamat: 156 Hoedong-gil, Munbal-dong, Paju-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan

Itulah deretan kafe yang sering jadi lokasi syuting K-Drama yang wajib kamu kunjungi, mau coba kunjungi yang mana, nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel