Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Tempat Wisata Mojokerto Terbaru 2023 Paling Populer

Mulai dari wisata alam sampai sejarah

Nafi' Khoiriyah

Mojokerto merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang letaknya berada di barat daya Kota Surabaya. Wilayah ini ternyata memiliki sejumlah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. 

Pada zaman dahulu, wilayah ini memang menjadi pusat pemerintahan kerajaan Majapahit sehingga terdapat berbagai situs sejarah. Selain wisata sejarah peninggalan kerajaan tersebut, ada banyak wisata Mojokerto yang berupa pemandangan alam memukau. 

Berikut ini adalah 9 wisata Mojokerto yang bisa kamu jadikan destinasi saat berada di sana. Mana saja? 

1. Bukit Watu Jengger

instagram.com/watujengger

Wisata Mojokerto yang pertama adalah Bukit Watu Jengger. Tempat ini berada di ketinggian sekitar 1100 mdpl yang menjadi tempat pendakian maupun camping yang menarik. 

Bukit Watu Jengger cocok dikunjungi untuk kamu yang suka bertualang. Saat mencapai puncak bukit ini, kamu akan melihat keindahan alam yang mengagumkan dari ketinggian. 

Untuk mendaki ke Bukit Watu Jengger, pendaki bisa menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Adapun lokasi Bukit Watu Jengger berada di Desa Nawangan, Tawangrejo, Kecamatan Jatirejo, Mojokerto. 

2. Ranu Manduro

instagram.com/ranumanduro_mojokerto

Wisata alam lainnya yang tak kalah menarik adalah Ranu Manduro. Pada mulanya, tempat ini bukanlah tempat wisata, melainkan padang rumput biasa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan pertambangan pasir. 

Namun, karena pemandangannya yang begitu indah, Ranu Manduro kemudian menjadi tempat wisata yang eksotis. Di sini, kamu bisa melihat hamparan rumput yang berlatar pemandangan Gunung Penanggungan. 

Tak hanya itu saja, ada pula sebuah danau di sekitar Ranu Manduro yang makin membuat wisata ini menarik. Lokasinya berada di Desa Manduro, Kecamatan Ngoro, Mojokerto. 

3. Coban Canggu

instagram.com/@reareosurabaya

Coban Canggu merupakan wisata Mojokerto berupa air terjun di tebing yang tinggi dengan pemandangan indah dan menyejukkan. Destinasi ini juga dikelilingi pesona sawah dan pegunungan yang memanjakan mata. 

Ketinggian tebing air terjun Coban Canggu sekitar 80 meter dengan air terjun yang jernih. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung harus melalui sekitar 200 anak tangga. 

Namun, semuanya akan terbayarkan saat kamu sudah sampai di lokasi air terjun. Lokasi wisata ini berada di Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Mojokerto.

4. Maha Vihara Majapahit

instagram.com/arnoldio

Di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, terdapat sebuah vihara bernama Maha Vihara Majapahit. Di vihara ini, terdapat sebuah patung Buddha tidur yang menjadi salah satu ikon Mojokerto.

Konon, patung ini juga menjadi patung Buddha terbesar di Indonesia dan terbesar ketiga di Asia Tenggara. Warna dari patung tersebut adalah emas, sementara letaknya menghadap ke Selatan.

5. Gunung Penanggungan

instagram.com/gunungpenanggungan.id

Berada di wilayah Kabupaten Mojokerto dan Pasuruan, Gunung Penanggungan memiliki tinggi mencapai 1653 mdpl. Terdapat empat jalur pendakian menuju ke Gunung ini, tiga di antaranya berada di Kecamatan Trawas, Mojokerto. 

Gunung ini dikenal sebagai gunung api yang berbentuk kerucut yang diyakini sebagai tempat persemayaman dewa-dewa. Dengan ketinggian yang tidak begitu tinggi, Gunung Penanggungan cocok untuk pendaki pemula.

6. Rainbow Garden Poetoek Soeko

instagram.com/july_nuryanto

Wisata Mojokerto yang selanjutnya ini masih berada di wilayah Trawas. Tak heran, sebab tempat ini memang berada di daerah dataran tinggi dengan udara yang sejuk dan view yang memanjakan mata. 

Rainbow Garden Poetoek Soeko menyajikan keindahan alam, yakni pemandangan Gunung Welirang dan Penanggungan serta taman bunga warna-warni yang mengelilinginya.

Kamu bisa berfoto, berkuda, atau berjalan-jalan menikmati pemandangan alam di Rainbow Garden Poetoek Soeko. Alamatnya berada di Sukosari, Trawas, Mojokerto.

7. Wisata Sawah Sumber Gempong

instagram.com/zrtograph_

Untuk liburan keluarga, Wisata Sawah Sumber Gempong menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini merupakan area persawahan yang berada di bawah kaki Gunung Penanggungan. 

Kamu akan melihat panorama alam yang indah dengan sumber mata air yang jernih. Terdapat kolam renang di area wisata ini yang bisa dipakai untuk berenang sambil menikmati pemandangan. 

Alamat Wisata Sawah Sumber Gempong berada di Sukorame, Desa Ketapanrame, Trawas, Mojokerto. 

8. Bukit Kayoe Putih

instagram.com/bukitkayoeputih

Destinasi selanjutnya menawarkan wisata dengan pemandangan alam, spot foto, kolam renang, juga pusat jajanan yang lengkap. Salah satu daya tarik yang paling dicari di Bukit Kayoe Putih adalah pemandangan matahari terbenamnya. 

Pengunjung juga bisa melihat pemandangan Gunung Penanggungan, Gunung Welirang, juga Gunung Arjuno. Namun, waktu senja memang paling cocok untuk berkunjung ke tempat ini. 

Lokasi Bukit Kayoe Putih berada di Jetis, Mojokerto. Sekitar 10 kilometer dari pusat Mojokerto.

9. Taman Ghanjaran

instagram.com/tamanghanjaran.id

Tempat wisata Mojokerto yang terakhir adalah Taman Ghanjaran. Seperti namanya, lokasi ini merupakan taman yang cocok sebagai tempat refreshing untuk pengunjung. Terdapat hamparan taman hijau dengan pemandangan gunung di sekitarnya. 

Ada pula berbagai wahana yang bisa dinaiki, seperti bianglala, odong-odong, kuda-kudaan, sampai dengan motor mini yang cocok dikendarai oleh anak-anak. 

Sambil menunggu anak-anak bermain, orang tua juga bisa berbelanja di pusat perbelanjaan di sana. Terdapat berbagai aksesori, mainan, sampai kebutuhan sehari-hari di sini.

Lokasi Taman Ghanjaran berada di Desa Ketapanrame, Trawas, Mojokerto. 

Demikian 9 tempat wisata Mojokerto yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Ternyata, di kabupaten ini banyak wisata yang memanjakan mata dan menarik untuk di-explore ya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel