Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Tips untuk Penerbangan Jarak Jauh agar Perjalanan Nyaman

Tidak melelahkan

Nafi' Khoiriyah

Ada banyak orang yang belum terbiasa dengan penerbangan jarak jauh. Saat harus melakukannya untuk pertama kali, banyak dari mereka yan mengalami jet lag parah atau merasa tidak nyaman selama perjalanan panjang.

Nah, tips untuk penerbangan jarak jauh ini akan membantumu untuk tetap nyaman selama perjalanan. Mulai dari pakaian yang nyaman sampai menjaga hidrasi tubuh, ini dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan.  

1. Gunakan pakaian yang nyaman

Freepik.com/freepik

Pakaian jadi faktor penting yang perlu kamu perhatikan sebelum terbang jarak jauh. Sebab, kamu harus duduk diam dengan udara yang dingin saat di pesawat. Tips untuk penerbangan jarak jauh yang pertama lebih baik untuk mengenakan pakaian yang longgar.

Bagi perempuan, legging yang nyaman, atasan yang flowy, sweater, atau cardigan jadi pilihan yang bagus. Sementara untuk laki-laki, celana olahraga, kaus, dan hoodie adalah pilihan yang tepat. 

2. Gunakan sepatu dengan ujung tertutup

pexels.com/Mnz

Selain pakaian yang nyaman, menggunakan sepatu tertutup untuk perjalanan jarak jauh juga merupakan ide yang tepat. Ada beberapa alasan mengapa sepatu dengan ujung yang tertutup lebih disarankan untuk dipakai saat penerbangan jarak jauh karena menjaga kaki agar tidak terluka. Sepatu tertutup juga akan menjaga kaki tetap hangat dan juga bersih, misalnya saat akan ke kamar mandi. 

3. Pilih tempat duduk yang tepat

pexels.com/Daniel Frese

Saat membeli tiket pesawat, tips untuk penerbangan jarak jauh lainnya adalah jangan lupa perhatikan pilihan kursinya. Pastikan untuk memilih kursi di lorong agar bisa bangun dan bergerak sebanyak mungkin.

Kamu juga tidak akan mengganggu orang lain jika berada di samping lorong. Kursi di tempat tersebut juga akan memudahkan penumpang untuk merentangkan kaki dan tangan ke lorong saat diperlukan. 

4. Bangun dan lakukan peregangan

freepik.com/freepik

Setidaknya setiap satu jam sekali, kamu bisa bangun dan bergerak. Kunjungilah bagian belakang pesawat atau sekadar mondar-mandir di gangnya. Kamu juga bisa datang ke kamar kecil untuk, melakukan peregangan. Semua hal itu bisa dilakukan agar darah tetap mengalir dan tidak mengganggu penumpang lain. 

5. Gunakan headphone atau penutup telinga

Freepik.com/Freepik

Ada banyak hal yang membuat suara di sekitar kita menjadi sangat berisik. Misalnya adalah tangisan bayi, kerasnya mesin pesawat, maupun orang yang mendengkur.

Namun jika menerapkan tips untuk penerbangan jarak jauh dengan memakai headphone atau penutup telinga, kamu bisa menggunakannya untuk meredam kebisingan. Selain itu, headphone  juga bisa dimanfaatkan untuk menonton film dan lain sebagainya. 

6. Bawalah bantal leher atau syal

freepik.com/gpointstudio

Kamu mungkin akan tersiksa kalau tidak membawa bantal leher. Bantal leher itu akan nyaman dan membantumu bisa tertidur di pesawat. Jangan khawatir kalau tidak punya bantal leher, kamu bisa membawa syal yang berukuran besar dan lembut untuk dililitkan pada leher. 

7. Gunakan eye mask

freepik.com/benzoix

Kalau kamu ingin banyak tidur saat perjalanan jarak jauh, maka menggunakan eye mask adalah sebuah keharusan. Namun, pilihlah eye mask yang tidak memberikan tekanan pada mata. Tips untuk penerbangan jarak jauh ini berguna untuk menghindari mata dari pencahayaan kabin yang menyilaukan.

8. Pastikan tetap terhidrasi

pexels.com/Karolina Grabowska

Salah satu hal yang banyak diremehkan saat berada di pesawat adalah dehidrasi. Perjalanan yang jauh akan membuatmu menjadi dehidrasi.

Maka dari itu, penting untuk minum banyak air baik sebelum, selama, atau setelah penerbangan. Dengan meminum lebih banyak air juga akan membantumu melawan jet lag, meningkatkan energi, dan mencegah sakit kepala. 

Itulah 8 tips untuk penerbangan jarak jauh yang bisa diterapkan agar perjalananmu menjadi nyaman dan aman. Pastikan kamu melakukan beberapa hal di atas, ya!

IDN Media Channels

Latest from Travel