Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tempat Wisata di Purwakarta Terbaik, Cocok untuk Liburan!

Wisata alam sampai kuliner

Nafi' Khoiriyah

Purwakarta merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang menarik sebagai tujuan wisata. Sebab, kota ini memiliki keindahan alam yang memukau dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. 

Kamu bisa mengunjunginya bersama keluarga sebagai destinasi liburan atau sekadar mengisi waktu akhir pekan. Tak banyak yang tahu, wilayah ini menawarkan alternatif wisata yang tak kalah menarik dengan daerah wisata lainnya. 

Di bawah ini adalah 10 tempat wisata di Purwakarta yang bisa kamu kunjungi. Mana saja, ya? 

1. Waduk Jatiluhur

commons.wikimedia.org

Lokasi pertama yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Purwakarta adalah Waduk Jatiluhur. Waduk ini merupakan bendungan terbesar di Indonesia yang berfungsi sebagai PLTA. 

Meski begitu, keindahan alam Waduk Jatiluhur sangat menakjubkan. Wisatawan bisa melihat panorama alam yang tenang dan damai, berkeliling di area bendungan, atau memancing di sana. 

2. Gunung Lembu

instagram.com/gnfi

Gunung Lembu merupakan tempat wisata di Purwakarta yang cocok untuk menghabiskan akhir pekan. Medannya cocok untuk pendaki pemula karena tidak terlalu tinggi. 

Setelah pendakian, kamu tidak akan menyesal karena pemandangan alamnya yang sangat magis. Ada pemandangan Waduk Jatiluhur dan pemandangan sunset yang sangat indah jika kamu sudah sampai ke puncaknya. 

3. Curug Cipurut

commons.wikimedia.org

Kalau tidak ingin wisata yang terlalu ekstrem, berkunjunglah ke Curug Cipurut saja. Curug atau air terjun ini berada di tengah-tengah Gunung Burangrang dengan tiga bagian curug. 

Curug yang utama memiliki ketinggian 25 sampai 30 meter dan berada di ujung tebing. Lokasi tersebut menawarkan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. 

4. Hidden Valley Hills

instagram.com/hiddenvalleyhillspurwakarta

Kalau kamu sedang mencari wisata baru di Purwakarta, maka Hidden Valley Hills adalah jawabannya. Tempat ini sebenarnya adalah sebuah penginapan yang memiliki pemandangan memesona. 

Terdapat banyak spot menarik di Hidden Valley Hills yang bisa dikunjungi, mulai dari Tugu Belanda Kuno sampai dengan 7 Pilar Tugu. Ada pula spot gardu pandang sampai dengan kolam renang yang bisa kamu kunjungi. 

5. Urban Farming

instagram.com/urbanfarmpwk

Tempat wisata di Purwakarta selanjutnya bukan hanya menyajikan pemandangan yang indah saja, tetapi juga bersifat edukatif. Pengunjung akan diberikan wawasan mengenai budidaya tanaman dan hewan ternak. 

Selain itu, pemandangan di sekitar Urban Farming Purwakarta juga sangat memanjakan mata sehingga cocok sebagai latar untuk berfoto. Luas lahannya sendiri mencapai 6.500 meter persegi.  

6. Taman Air Mancur Sri Baduga

google.com/maps/Gunawan Azhar

Berlokasi di Kawasan Situ Buleud, Taman Air Mancur Sri Baduga memiliki pemandangan yang sangat indah. Air mancur di sana akan bergerak seperti penari dengan sorotan lampu warna-warni. 

Ketinggian air mancurnya mencapai 6 meter yang akan beroperasi setiap Sabtu malam. Sambil menikmati pemandangan air terjun, ada spot kuliner yang bisa kamu nikmati di sekitarnya. 

7. Cikao Park

instagram.com/officialcikaopark

Cikao Park merupakan tempat wisata di Purwakarta yang cocok dikunjungi bersama dengan keluarga. Tempat ini sebenarnya adalah wisata edukasi sekaligus rekreasi dengan waterpark sebagai wahana utamanya. 

Pengunjung bisa bermain di kolam renang, kolam busa, mengunjungi taman satwa, atau sekadar melihat pemandangan lampion warna-warni di Cikao Park. 

8. Bangkai Kereta Stasiun Purwakarta

google.com/maps/Yogi Sindu Sonjaya

Bangkai Kereta Stasiun Purwakarta menjadi wisata unik yang jarang ditemukan di kota-kota lainnya. Seperti namanya, tempat ini adalah lokasi peletakan gerbong kereta yang sudah tidak dipakai lagi. 

Gerbong-gerbong kereta itu rata-rata sudah berusia puluhan tahun dan disusun dengan cara menumpuk. Pengunjung bisa mengabadikan foto dengan background kereta yang suasananya sangat vintage. 

9. Green Valley Waterpark

instagram.com/greenvalleywaterpark

Kembali ke wisata keluarga, kali ini ada Green Valley Waterpark yang tak kalah menarik dari wisata lainnya. Tempat ini akan menjadi lokasi paling digemari anak-anak karena fasilitas bermainnya yang lengkap. 

Mulai dari wahana waterslide, water play ground, sampai dengan ember tumpah di Green Valley Waterpark. Sementara untuk orang tua, ada spot untuk terapi ikan dan taman yang bisa sebagai tempat bersantai. 

10. Curug Tilu

google.com/maps/Anggi Afandy

Destinasi yang terakhir akan kembali ke wisata alam yang bernama Curug Tilu. Curug ini lokasinya cukup tersembunyi, tetapi tidak pernah sepi pengunjung. 

Lokasinya masih sangat asri dengan pepohonan yang rindang di sekitarnya. Sambil menikmati pemandangan air terjun, kamu bisa merasakan udara sejuk dan angin sepoi-sepoi yang menenangkan. 

Tempat wisata di Purwakarta ternyata sangat beragam jenisnya. Mulai dari wisata alam sampai wisata keluarga, semuanya memiliki keunikan dan pesonanya tersendiri.

Apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke kota ini, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel