Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Oleh-Oleh Khas Padang yang Jadi Incaran saat Liburan

Bukan cuma rendang

Nafi' Khoiriyah

Padang merupakan ibukota Sumatra Barat yang menarik dikunjungi untuk berwisata. Kota ini juga kaya akan pesona alam dan sejarah yang tidak boleh dilewatkan. 

Setelah berkunjung ke sana, jangan sampai melewatkan untuk membawa oleh-oleh khas Padang untuk keluarga atau teman. Ada berbagai makanan yang bisa dibawa ke luar kota, mulai dari rendang sampai dodol berikut ini. 

1. Rendang Daging Sapi

wikipedia.org

Kurang lengkap rasanya liburan ke Padang tanpa membawa oleh-oleh rendang. Ya, rendang memang sangat identik dengan kota Padang.

Kamu pun bisa membawa rendang daging sapi langsung dari Kota Padang untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Jangan khawatir, kini tersedia berbagai kemasan rendang yang tahan lama dan bisa dibawa ke luar kota. 

2. Arai Pinang

wikipedia.org

Oleh-oleh khas Padang selanjutnya biasanya disajikan saat acara besar di sana. Namun, kini arai pinang dikemas menjadi oleh-oleh yang rasanya gurih dan teksturnya renyah. Pada zaman dulu, kue ini memang dicetak menggunakan bunga pinang, itulah mengapa oleh-oleh ini dinamai arai pinang. 

3. Dendeng Daun Singkong

cookpad.com

Dendeng daging sapi saja mungkin sudah biasa. Namun di Padang, ada oleh-oleh dendeng yang terbuat dari daun singkong.

Cara pengolahannya, daun singkong dicampur dengan telur, bumbu rempah, dan tepung kanji, lalu digoreng sampai garing. Kamu bisa menyantapnya sebagai pelengkap lauk makan. 

4. Roti Randang

indonesianchefassociation.com

Selain rendang daging sapi yang biasanya dijadikan sebagai lauk makan, ada pula oleh-oleh khas Padang bernama roti randang.

Roti ini menggunakan isian rendang namun daging yang dimasak tidak terlalu berminyak. Jenisnya pun bukan hanya rendang daging sapi saja, tapi juga ada yang daging ayam sampai kacang merah. 

5. Kopi Khas Padang

tokopedia.com/hugoque

Pencinta kopi tentu jangan sampai lupa untuk membeli oleh-oleh kopi khas Padang. Keunikan kopi khas Padang adalah disajikan dengan menggunakan batok kelapa.

Namun jika tidak bisa merasakannya langsung, kamu bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk dibuat sendiri di rumah. 

6. Karak Kaliang

wikipedia.org

Oleh-oleh khas Padang selanjutnya mungkin tidak begitu asing karena bentuknya yang mirip dengan makanan khas kota lainnya.

Namun, karak kaliang dibuat dengan bahan dasar ubi kayu yang kemudian ditambahkan dengan garam dan bawang putih. Rasanya yang gurih dan renyah cocok untuk dijadikan sebagai camilan. 

7. Rendang Telur Kering

cookpad.com

Kalau kamu mengira rendang telur kering adalah telur yang dibumbu rendang, maka tebakanmu tidak salah. Oleh-oleh ini memang terbuat dari telur dengan cita rasa rendang yang bentuknya mirip dengan keripik. Bahannya sendiri adalah tepung terigu, telur ayam, garam, daun salam, dan bumbu lainnya. 

8. Kerupuk Jangek

homemadeindonesia.com

Beberapa kali kamu mungkin menemui kerupuk jangek disajikan di rumah makan Padang. Nah, maknanan ini juga bisa dibawa sebagai oleh-oleh khas Padang.

Bahan utama dari kerupuk jangek adalah kulit sapi atau kerbau yang direbus, dibakar, dan dijemur sebelum digoreng. Sebagai oleh-oleh, mereka juga menyediakan aneka varian rasa kerupuk jangek. 

9. Galamai

wikipedia.org

Kalau kebanyakan oleh-oleh sebelumnya bercita rasa asin dan gurih, oleh-oleh yang terakhir ini adalah camilan manis.

Galamai merupakan dodol yang terbuat dari beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah yang disangrai. Warnanya cokelat pekat dan rasanya manis dan legit. 

Oleh-oleh khas Padang di atas akan menarik jika dibawa pulang karena jenis makanannya yang unik dan tidak biasa. Dari sekian oleh-oleh di atas, mana yang sudah pernah kamu coba? 

IDN Media Channels

Latest from Travel