Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Clarke Quay Singapore: Lokasi, Rute, dan Daya Tariknya

Suasananya romantis

Nafi' Khoiriyah

Clarke Quay Singapore merupakan dermaga di tepi Sungai Singapura yang berada di hulu Sungai Singapura dan Boat Quay. Dulunya, kawasan ini merupakan bantaran sungai yang kumuh. Namun, pemerintah Singapura merombak area ini menjadi kawasan wisata populer. 

Ada deretan kafe, bar, dan pertokoan yang berjajar di sekitar Clarke Quay Singapore. Kamu bisa menjajal berbagai kuliner khas Singapore atau hanya sekadar memandang gemerlap Singapura. 

Supaya kamu tidak kebingungan kalau berencana ke Clarke Quay Singapore, simak ulasan di bawah ini, ya!

Lokasi dan rute menuju Clarke Quay Singapore

visitsingapore.com

Lokasi Clarke Quay berada di pinggir Sungai Singapura, tepatnya di 3 River Valley Road, Singapore. Jika ingin berkunjung ke sana, ada beberapa rute yang bisa kamu tempuh. 

  • Jika menaiki MRT, kamu bisa berangkat dari stasiun terdekat lalu pilih MRT menuju ke stasiun Clarke Quay jalur north east line. Setelah tiba di stasiun Clarke Quay, keluarlah ke pintu keluar menuju ke Sungai Sungai Singapore. 
  • Jika menaiki taksi, kamu bisa menaiki taksi dari mana saja dan sampaikan kepada sopir kalau ingin menuju ke Clarke Quay. 

Daya tarik Clarke Quay Singapore

ihg.com

Ada berbagai atraksi di Clarke Quay Singapore yang menarik untuk dijelajahi. Masing-masing memiliki pesonanya tersendiri, mulai dari Sungai Singapore sampai Boat Quay di bawah ini. 

1. Sungai Singapore

traveltriangle.com

Pemandangan utama di Clarke Quay Singapore yang paling memukau adalah pemandangan Sungai Singapore di depannya. Kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang tepi Sungai Singapore untuk menikmati keindahannya. 

Selain itu, di sepanjang tepi sungai juga terdapat berbagai restoran dan tempat hiburan yang akan makin ramai di malam hari. Kalau ingin suasana yang lebih santai untuk melihat Sungai Singapore, kamu bisa menikmatinya di bar sekitar sungai. 

2. Asian Civilisations Museum

cntraveler.com

Di sekitar Clarke Quay Singapore juga terdapat Asian Civilisations Museum (ACM) yang menjadi salah satu museum nasional terkenal di Singapura. Kamu bisa mendapatkan wawasan tentang budaya Asia dan keadaan multi etnis di Singapura. 

Asian Civilisations Museum didirikan pada tahun 1997 di sebuah gedung sekolah Tua Tao Nan. Sebagian besar barang yang dipamerkan merupakan warisan dari Perpustakaan dan Museum Raffles. 

3. Patung Sir Stamford Raffles

flickr.com

Tak jauh dari Clarke Quay Singapore juga ada patung Sir Stamford Raffles yang diakui sebagai pendiri Singapura. Patung Raffles yang dibuat dengan bahan perunggu berdiri di depan Teater Victoria. 

Sedangkan replika patung Sir Stamford Raffles lainnya adalah berbahan poli marmer putih dan berada di North Boat Quay. Patung ini didirikan untuk menandai tempat ia pertama kali mendarat di pulau ini.

4. Taman Fort Canning

hotels.com

Taman Fort Canning merupakan sebuah bukit hijau yang berada di tengah pusat Kota Singapura. Taman ini dikelilingi oleh kantor-kantor modern yang megah. Memasuki Taman Fort Canning akan membuatmu merasa seperti masuk ke dunia yang berbeda. 

Di sini terdapat banyak pepohonan rimbun dan tumbuhan yang banyak. Selain itu, Taman Fort Canning populer sebagai tempat jogging, dog walker, atau sekadar rehat sejenak dari hiruk pikuk kota Singapura. 

Taman ini berada tepat di belakang kompleks bar dan restoran Clarke Quay dan bisa diakses dengan mudah menggunakan MRT. 

5. Boat Quay

wikipedia.org

Hanya berjalan kaki dari stasiun Clarke Quay Singapore, kamu bisa menemukan Boat Quay. Kawasan dermaga ini bisa menjadi tempat berjalan santai di sepanjang tepi perairan sambil mengagumi pemandangan di sana. 

Kawasannya juga ramai oleh pencinta kuliner karena karena banyak restoran dan jajanan di sana, mulai dari restoran hidangan laut, masakan India, Korea, sampai Barat di tepi sungai. Kamu yang menyukai kehidupan malam juga wajib datang ke area Boat Quay.

Informasi tentang Clarke Quay Singapore sebagai rekomendasi tempat wisata di atas semoga bisa menjawab rasa penasaranmu. Kalau berkunjung ke Singapura, jangan sampai lewatkan berkunjung ke sana, ya!

IDN Media Channels

Latest from Travel