Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Monumen di Amerika Serikat yang Nggak Banyak Orang Asing Tahu

Dari monumen untuk tentara hingga pejuang AIDS

Nabila Damaan

Untuk negara yang telah mendeklarasikan kemerdekaannya selama lebih dari 200 tahun, Amerika Serikat memiliki begitu banyak monumen ataupun tugu peringatan yang menjadi saksi bisu sebuah sejarah.

Ada lebih dari 400 taman nasional, monumen, dan situs bersejarah yang dikelola oleh Layanan Taman Nasional di seluruh Amerika Serikat, beberapa di antaranya terkenal dan yang lainnya dilupakan kecuali oleh penduduk setempat.

Kebanyakan mungkin mengenal Patung Liberty, Lincoln Memorial, Monumen dan Museum 11 September, hingga Gedung Putih sebagai tempat paling bersejarah di Amerika Serikat.

Nyatanya, ada begitu banyak monumen yang mungkin nggak banyak orang asing tahu, nih Bela. Apa saja monumen tersebut? Simak artikel di bawah ini, yuk!

1. Standing Soldiers

architecturaldigest.com

Standing Soldiers adalah sebuah monumen yang tersebar di seluruh wilayah Amerika Serikat, terutama di bagian utara. Bukan hanya satu patung, melainkan serangkaian lebih dari 2.000 patung yang diproduksi secara massal.

Monumen yang didirikan pada akhir abad ke-19 ini adalah tanggapan atas kehancuran Perang Saudara, baik di Utara maupun Selatan. Monumen ini dibangun untuk memberikan penghargaan dan penghormatan bagi para pemuda bangsa yang meninggalkan rumah demi berperang dan lebih dari 600 ribu dari mereka tidak pernah kembali.

Salah satu prototipe pertama dari monumen Standing Soldiers dirancang oleh imigran Irlandia-Amerika, Martin Milmore dan awalnya didirikan di depan balai kota Boston pada tahun 1867.

2. Situs Sejarah Nasional Wanita Pertama

cantonrep.com

Pada tahun 2000 Situs Sejarah Nasional Wanita Pertama didirikan di bekas rumah Ida Saxton McKinley di Canton, Ohio. Bangunan kedua, dulunya adalah City National Bank yang dibangun pada tahun 1895, didirikan sebagai pusat Pendidikan dan Penelitian, didedikasikan untuk menyimpan surat-surat dan memorabilia istri Presiden Amerika lainnya.

3. Robert Gould Shaw and 54th Regiment Memorial di Boston

architecturaldigest.com

Robert Gould Shaw and 54th Regiment Memorial adalah sebuah patung relief perunggu  yang didirikan untuk memperingati jasa Robert Gould Shaw bersama ratusan prajuritnya, Resimen ke-54 Massachusett sebagai tentara Union yang gugur dalam Pertempuran Fort Wagner di Carolina Selatan, Amerika Serikat. 

Tugu peringatan ini rampung pada  tahun 1897, setelah membutuhkan waktu hampir 14 tahun untuk menyelesaikannya. Monumen peringatan ini merupakan hasil karya pematung Augustus Saint-Gaudens yang terletak di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

4. Vietnam Veterans Memorial, Washington, D.C.

architecturaldigest.com

Vietnam Veterans Memorial adalah tugu peringatan nasional Amerika Serikat yang didirikan untuk menghormati anggota angkatan bersenjata Amerika Serikat yang bertugas dalam Perang Vietnam. 

Situs seluas 8.100 m2 ini didominasi oleh dua dinding granit hitam yang terukir nama sekitar 58.000 tentara yang meninggal atau hilang selama berperang di Vietnam dan Asia Tenggara. 

Selain itu, terdapat patung “Three Soldiers” yang selesai dibangun pada tahun 1984, serta dilengkapi dengan Monumen Wanita Vietnam yang rampung pada tahun 1993.

Dirancang oleh seorang arsitektur Yale, Maya Lin, monumen ini berada di Taman Konstitusi, bersebelahan dengan National Mall dan tepat di timur laut Lincoln Memorial.

5. Wounded Knee Monument

historyhit.com

Tugu peringatan batu sederhana berdiri di Pine Ridge Reservation di South Dakota. Monumen tersebut menandai tempat pembantaian sebanyak 300 suku Indian Lakota, baik laki-laki, perempuan, hingga anak-anak, dalam sebuah perjuangan yang menandai berakhirnya perlawanan penduduk asli Amerika yang terorganisasi terhadap militer Amerika Serikat.

6. Wright Brothers National Memorial

loveexploring.com

Disebut sebagai 'Bapak Penerbangan Modern', Wright Bersaudara, Wilbur dan Orville Wright, berhasil mengembangkan dan menerbangkan apa yang dianggap sebagai pesawat pertama di dunia pada awal 1900-an. 

Mereka diabadikan dengan menara granit tebal di Kill Devil Hill, di Outer Banks of North Carolina, tempat di mana keduanya melakukan banyak eksperimen benda terbang. Keluarga Wrights tinggal di gudang kayu kecil di samping struktur kayu lain yang menjadi salah satu hanggar pesawat pertama di dunia.

7. AIDS Memorial Quilt

architecturaldigest.com

Ketika epidemi AIDS melanda San Francisco pada 1980-an, aktivis Cleve Jones kehilangan puluhan temannya. Lantas bersama rekan-rekannya, ia melakukan unjuk rasa dengan menciptakan karya seni yang menakjubkan, yakni selimut yang memiliki berat hampir 54 ton. 

Selimut yang dibuat selama bertahun-tahun itu akhirnya rampung pada tahun 1985. Selimut sendiri dipilih sebagai simbol rumah dan keluarga. Selimut tersebut disulam dengan nama orang-orang yang meninggal akibat AIDS.

Selimut Quilt pertama kali ditampilkan di National Mall di Washington, DC, pada tahun 1987. Pada tahun 2020, ia kembali ke AIDS Memorial di San Francisco, dan saat ini masih bisa dilihat secara virtual saja.

8. Cabrillo National Monument di San Diego

national-park.com

Monumen Nasional Cabrillo ini letaknya berada di ujung selatan Semenanjung Point Loma di San Diego, California, Amerika Serikat.

Tempat yang dibangun untuk memperingati pendaratan Juan Rodríguez Cabrillo di Teluk San Diego pada tanggal 28 September 1542. Peristiwa yang menandai pertama kalinya ekspedisi Eropa menginjakkan kaki di tempat yang kemudian menjadi Pantai Barat Amerika Serikat.

9. Castillo de San Marcos di Florida

visitstaugustine.com

Castillo de San Marcos Adalah benteng batu tertua di benua Amerika Serikat. Keberadaanya terletak di pantai barat Teluk Matanzas di kota St. Augustine, Florida.

Benteng batu ini dirancang oleh insinyur Spanyol Ignacio Daza, dengan konstruksi yang dimulai pada 1672, 107 tahun setelah kota didirikan oleh Laksamana Spanyol dan penakluk Pedro Menéndez de Avilés, ketika saat itu Florida masih menjadi bagian dari Kekaisaran Spanyol.

10. Oklahoma City National Memorial di Oklahoma City

architecturaldigest.com

Pada tahun 1995 seorang teroris meledakkan sebuah bom di Gedung Federal Alfred P. Murrah di Kota Oklahoma. Akibat ledakan tersebut 168 orang, termasuk 19 anak-anak tewas mengenaskan. 

Sepasang suami-istri Hans dan Torrey Bucher memenangkan kompetisi untuk merancang tugu peringatan di lokasi serangan, dan rencana mereka mencakup sebidang kursi kosong, satu untuk setiap korban; kolam refleksi; dan bagian dinding yang rusak dari bangunan bertuliskan nama-nama orang yang selamat. Tugu peringatan dibuka pada tahun 2000, lima tahun setelah pengeboman.

Itulah 10 monumen yang mungkin nggak diketahui banyak orang asing, Bela. Dari 10 tempat di atas mana, nih, yang mau kamu kunjungi?

IDN Media Channels

Latest from Travel