Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Infografis Ini Gambarkan Perbedaan Budaya di Jerman dan Tiongkok

Beda benua, beda budaya

Mega Dini

Setiap negara memiliki budaya yang berbeda, apalagi jika berbeda benua antara Asia dan Eropa misalnya. Apa yang terlihat biasa saja di budaya kita akan terasa janggal di tempat lain, begitu juga sebaliknya. Perbedaan ini tentunya bisa dirasakan oleh orang yang lama menetap di luar negeri.

Seperti kisah hidup seniman dan desainer visual asal Tiongkok bernama Yang Liu yang telah menetap di Jerman sejak usia 14 tahun. Ia mencoba menggambarkan perbedaan budaya di dua negara tersebut melalui infografis berlatar biru (Jerman) dan merah (Tiongkok). Perlu diingat, infografis ini disusun pada tahun 2007 sehingga ada beberapa hal yang mungkin nggak begitu relevan di kehidupan sekarang. Selain itu, infografis ini bisa bersifat subjektif. Namun, nggak ada salahnya jika kita melihat gambaran dua budaya di dua negara tersebut. Melansir dari Bsix12, ini karya-karya Yang Liu.

1. Di Jerman, para penduduknya sudah terbiasa hidup individualis, di mana di Tiongkok mereka lebih suka bersosialiasi dan saling membutuhkan.

Bsix12.com

2. Masyarakat di Jerman terbiasa tepat waktu sesuai dengan waktu janjian, sedangkan orang Tiongkok cenderung lebih fleksibel dengan waktu mereka.

Bsix12.com

3. Ketika berpesta, orang Jerman suka menyebar memenuhi ruangan, entah itu sendiri atau berkelompok. Sedangkan orang Tiongkok akan membentuk formasi tertentu seperti lingkaran atau mengelilingi sesuatu.

Bsix12.com

4. Jangan heran jika restoran di Jerman terdengar lebih sepi dibanding restoran di Tiongkok. Cara memasaknya pun berbeda. Meski begitu, keduanya sama-sama menyenangkan dan memiliki hidangan yang enak.

Bsix12.com

5. Begini persepsi yang muncul ketika orang Jerman diminta membayangkan Tiongkok dan sebaliknya.

Bsix12.com

6. Saat mengantre, penduduk Tiongkok lebih suka berkerumun sedangkan sudah menjadi budaya di Jerman untuk mengular seperti ini.

Bsix12.com

7. Bicara soal perasaan, orang Tiongkok lebih suka berbicara tentang hal lain dulu tanpa langsung mengungkapkan maksud sebenarnya, berbeda dengan orang Jerman yang to the point.

Bsix12.com

8. Silsilah keluarga dan hubungan dengan orang lain di Tiongkok bisa begitu rumit, sedangkan Jerman jauh lebih simpel. Apakah ini ada kaitannya dengan cara mereka bersosialisasi?

Bsix12.com

9. Ekspresi yang ditunjukkan bisa berbeda dengan apa yang dirasakan, begitulah orang Tiongkok. Sedangkan bagi orang Jerman, tunjukkan apa yang kamu rasakan itu sah-sah saja.

Bsix12.com

10. Pernah bad mood karena cuaca buruk? Mungkin kamu lebih mirip dengan orang Jerman yang lebih suka dengan hari yang cerah. Sedangkan bagi orang Tiongkok, apa pun cuacanya, hati tetap gembira.

Bsix12.com

Perbedaan budaya bukan berarti ada yang buruk dan yang baik karena sudah seperti itulah kebiasaan yang mereka lakukan setiap harinya. Kalau kamu sendiri lebih mirip yang mana?

IDN Media Channels

Latest from Travel