Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rekomendasi 7 Ryokan Terbaik di Kyoto yang Kental Budaya Jepang

Pengalaman liburan terbaik di Jepang berawal dari ryokan

Mariana Politton

Berlibur ke Jepang, kamu sebaiknya mempertimbangkan untuk mengunjungi kota Kyoto yang terkenal dengan keindahan alamnya serta budaya tradisional ibu kota kuno Jepang. Tidak heran, Kyoto disebut berhasil mengundang setidaknya 50 juta turis setiap tahunnya.

Alhasil, banyak tempat penginapan tradisional Jepang atau ryokan yang berkembang di Kyoto, menawarkan ragam kelebihan: mulai dari ryokan dengan onsen untuk bersantai hingga hidangan masakan tradisional yang diolah dengan bahan-bahan lokal asli.

Membacanya saja, kamu sudah ingin mengintip kelebihan ryokan lainnya di Kyoto, bukan? Merangkum dari tsunagujapan.com, di bawah ini Popbela siapkan ulasan rekomendasi 7 ryokan terbaik di kota Kyoto, semuanya kental dengan budaya Jepang yang asli, lho.

1. Hoshinoya Kyoto

tripadvisor.com

Alamat: 11-2 Arashiyama Genrokuzan-cho, Nishikyo-ku, Kyoto | Harga: Mulai dari 42,425 yen

Terletak di tepi sungai Oigawara di kaki Gunung Arashiyama, ryokan Hoshinoya Kyoto jelas memberi pemandangan alam yang spektakuler indah. Untuk mencapai tempat ini, kamu pun dapat menaiki perahu dari Jembatan Togetsu yang memberi pengalaman tak terlupakan.

Kemudian, kala menikmati pengalaman menginap di Hoshinoya Kyoto, kamu bisa merasakan nikmatnya bersantai di ruang teh terbuka yang menawan. Sebagai pelengkap, tempat ini menghadirkan kebun air yang sangat populer. Pasti momen healing, seketika terasa.

2. Sumiya Ryokan

abercrombiekent.co.uk

Alamat: Fuyacho Sanjo-sagaru, Nishikyo-ku, Kyoto | Harga: Mulai dari 35,000 yen

Pemandangan alam khas Kyoto rasanya kurang lengkap tanpa menyaksikan tradisi budaya Kyoto yang sesungguhnya. Good news, kamu dapat setidaknya menyaksikan upcara minum teh di Sumiya Ryokan. Tidak heran, banyak master upacara minum teh menginap di sini.

Sementara itu, Sumiya Ryokan tidak lupa untuk menawarkan berbagai hidangan yang disajikan secara apik, mulai dari citranya yang kaya rasa hingga tampilannya yang begitu indah. Sambil menyantap, kamu pun dapat menikmati dekorasi tradisional khas Kyoto.

3. Hoshinoya Kyoto

thewanderinglens.com

Alamat: 54-4 Arashiyama Nakaoshita-cho, Nishikyo-ku, Kyoto | Harga: Mulai dari 13,000 yen

Satu hal yang perlu diketahui terlebih dahulu, ryokan Togetsutei merupakan salah satu ryokan yang berusia sangat tua. Tidak tanggung-tanggung, ryokan ini didirikan lebih dari satu abad yang lalu, lho, sehingga membuat ryokan Togetsutei sangat dikenal masyarakat lokal.

Untuk mengunjunginya, kamu dapat berangka dari ujung selatan Jembatan Togetsu. Sesampainya di tempat, kamu pun akan meraskan citra ryokan yang tenang dan sunyi, tentu dengan pemandangan alam khas Arashimaya yang sangat indah.

Mengenai makanan, ryokan menawarkan hidangan tradisional Kyoto yang dibuat dengan tofu atau tahu kering yuba. Tidak ketinggalan, pemandian onsen di tempat penginapan ini memiliki kelebihan mata air panas alami bersumber langsung dari Arashiyama, lho. Terdengar sempurna, ya!

4. Arashiyama Benkei

arashiyama-benkei-hotel-kyoto.hotelmix.fr

Alamat: 34 Sagetenryuji Susukinobaba-cho, Ukyo-ku, Kyoto | Harga: Mulai dari 18,975 yen

Mencari ryokan Kyoto yang berada di lokasi strategis, Arashiyama Benkei sudah sepatutnya menjadi pilihan utama. Pasalnya, ryokan ini menawarkan akses yang mudah untuk kamu mengunjungi beberapa destinasi wisata, termasuk berbagai kuil Buddha dan kuil Shinto.

Eits, tidak hanya strategis, lokasi ryokan Arashiyama Benkei pun berdekatan dengan keindahan alam yang spektakuler indah. Bahkan letaknya berada tepat di seberang Gunung Arashiyama sehingga melengkapi lukisan alam yang nyata di keempat musim yang ada.

5. Royetei Rangetsu

tsunagujapan.com

Alamat: 7 Sagatenryuji Susukinobaba-cho, Ukyo-ku, Kyoto | Harga: Mulai dari 29,000 yen

Perpaduan nuansa tradisional dan mewah dapat kamu temukan di ryokan Royetei Rangestu. Di sini, dekorasi mewah gaya modern menjadi pilar utama dari ryokan ini kala menawarkan suasana yang nyaman bagi para tamu yang ingin mendapat pengalaman terbaik.

Akan tetapi, pesona yang paling banyak dibicarakan terletak pada pemandian air panasnya. Diketahui bahwa ryokan Royetei Rangestu menawarkan pengalaman untuk merasakan pemandian air yang mana airnya mengalir langsung dari sumber mata airnya. Mengesankan!

6. Hanaikada

tripadvisor.com

Alamat: 54-4 Arashiyama Nakaoshita-cho, Nishikyo-ku, Kyoto | Harga: Mulai dari 13,000 yen

Ryokan di Kyoto berikutnya adalah Ryokan Hanaikada, yang memang terlihat sebagai ryokan kecil di daerah sekitar Jembatan Togetsu. Akan tetapi, pengalaman menginap di tempat penginapan tradisional ini akan memberikan kenyamanan terbaik berkat kamar-kamarnya yang luas dan sangat menawan.

Tidak hanya itu, ryokan ini diketahui memiliki kelebihan tersendiri pada makanan yang dihidangkan. Selain lezat dan memberi cita rasa Kyoto yang khas, koki mereka benar-benar langsung turun ke lapangan, lho, alias pergi ke pasar untuk membeli bahan-bahan segar. Wah, sungguh bukti dari upaya memberikan yang terbaik, ya!

7. Hiiragiya Ryokan

wsj.com

Alamat: 277 Nakahakusan-cho, Anekoji-agaru, Fuya-cho, Nakagyo, ku, Kyoto | Harga: Mulai dari 34,000 yen

Setiap tamu harus merasa seperti pulang ke rumah, inilah gagasan utama di balik pembangunan Hiiragiya Ryokan pada 1818. Menghadirkan suasana tradisional yang bersifat homie, Hiiragiya Ryokan mendedikasikan pelayanan untuk kenyaman setiap tamu.

Tidak hanya itu, kenyamanan dan kepuasaan lewat pemandangan alam yang indah turut dihadirkan melalui kebun khas Kyoto yang dapat disaksikan dari semua kamar. Lalu, lokasi yang strategis memudahkan para tamu untuk mengunjungi beberapa spot menarik, seperti Shin-kyogoku dan Gion.

Wah, terasa cukup sulit untuk memilih ryokan di Kyoto yang cocok saat berlibur di Jepang, ya! Sebagai saran, kamu dapat melakukan riset ekstra terkait pilihan ryokan agar kamu dapat mengumpulkan semua informasi yang dibutuhkan, dan keputusanmu menjadi lebih mantap. Semoga perjalanan liburanmu di Kyoto berjalan lancar, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Travel