Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tips yang Perlu Kamu Tahu Untuk Persiapkan Diri Jadi Backpacker

Lebih prepared ketika travelling

Evelyn Anggraini

"Gimana, sih, jadi backpacker itu?"

Seringkali orang-orang yang ingin memulai pengalaman barunya dengan travelling mempertanyakan bagaimana cara menjadi backpacker yang lebih siap dalam segala hal.

Sebelum mengetahui lebih dalam, kenali terlebih dahulu tentang backpackingyuk! Backpacking adalah kegiatan berwisata sekaligus berpetualang bagi orang-orang yang tertarik untuk menjelajahi berbagai tempat dan aktivitas, meskipun dengan budget yang terbatas. Sekarang ini banyak menawarkan pilihan untuk mencoba destinasi wisata murah, namun tetap menarik.

Backpacking merupakan cara terbaik untuk kamu yang ingin merasakan suasana di negara baru, mempelajari budayanya, hingga bertemu dengan masyarakat setempat. Sebenarnya tidak sulit untuk menjadi backpacker, tetapi kamu perlu menyiapkan serta mempertimbangkan beberapa hal sebelum memulai perjalananmu.

Seorang backpacker harus independen. Biasanya, backpacking dapat dilakukan sendiri maupun dengan orang lain. Akan tetapi, backpacking sendiri menjadi pengalaman luar biasa agar kamu berkesempatan mengenali lebih dalam tentang diri dan keinginanmu.

Meskipun begitu, kamu harus menghadapi segala risiko dan bertanggung jawab terhadap dirimu sendiri. Misalnya, melakukan reservasi penginapan, mencari informasi, dan menentukan pilihan makanan serta transportasi. Akan sulit rasanya bila kamu terbiasa bergantung kepada orang lain.

Siap dalam segala hal menjadi kunci untuk backpacking. Kamu tentu harus membuat perencanaan dan cari informasi sebanyak mungkin, dari internet maupun panduan wisata. Hal ini juga berguna untuk menghemat lebih banyak waktu dan uang. Tidak lupa juga bahwa kamu harus pintar dalam mengemas barang-barangmu. Pastinya tidak ingin merasa kekurangan tas hingga berakhir membawa banyak barang, kan?

Hal terpenting untuk backpacking adalah harus menghadapi tantangan dan rintangan yang ada. Backpackers tentu merasakan waktu perjalanan yang lama, bertahan pada cuaca yang buruk, dan berbaur dengan masyarakat setempat yang beragam kepribadiannya.

Untuk itu, kali ini Popbela akan memberitahukan tips-tips untuk kamu yang ingin menjadi backpacker. Simak baik-baik, ya, Bela!

1. Buat rencana perjalanan

Pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Kamu pastinya tidak ingin perjalananmu, apalagi pengalaman pertama menjadi kacau karena belum mempersiapkan apapun, kan? Sudah menjadi hal yang biasa bila suatu perjalanan terjadi sesuatu tak terduga. Maka dari itu, kamu perlu membuat rencana perjalanan untuk menghindari masalah tersebut.

Rencana ini bisa kamu buat dengan menentukan tempat yang ingin kamu kunjungi beserta jadwal setiap perjalanannya. Kamu juga bisa membuat perkiraan pengeluaran yang kamu gunakan nantinya agar tidak perlu repot mencari ATM untuk mengambil uang tunai.

2. Bawa barang seperlunya

Unsplash.com/Alice Donovan Rouse

Semakin banyak barang yang kamu bawa, maka semakin banyak yang akan kamu jaga. Oleh karena itu, usahakan membawa satu tas ransel dan tas selempang untuk barang-barang yang sering kamu gunakan. Tak lupa juga untuk membuat daftar barang yang kamu bawa agar memastikan tidak ada yang tertinggal atau hilang.

3. Pakai sandal ketika mandi

Unsplash.com/Ari Koess

Tak jarang orang-orang mengeluh ketika mandi di penginapan, seringkali merasa gatal karena kualitas airnya yang buruk. Dengan menggunakan sandal, kamu bisa terhindar dari gejala yang tidak kamu inginkan.

4. Berbaur dengan masyarakat

Situs fluentu.com

Cobalah untuk akrab dengan penduduk setempat. Tak hanya membantumu ketika kesulitan, mereka juga akan memberitahumu tempat bagus atau toko oleh-oleh yang murah.

5. Bawa pembasmi serangga

Situs pattongrocery.com

Jika kamu berwisata ke tempat beriklim panas, pastikan kamu membawa barang ini. Kamu tidak ingin serangga-serangga kecil itu menggigitmu sehingga kamu tak dapat tidur dengan nyenyak.

6. Bawa tisu kemasan

Situs taiwantrade.com

Tisu memiliki banyak kegunaan yang memudahkan keadaan apapun, tidak hanya menjadi pengganti tisu toilet saja. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan. Seperti, saat mau makan, hingga mengelap keringat.

7. Gunakan transportasi umum atau berjalan kaki

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Dengan menggunakan transportasi umum, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih dan kamu bisa berinteraksi dengan orang lain. Kamu juga bisa menikmati perjalanan sembari menemukan tempat-tempat tersembunyi ketika berjalan kaki.

8. Pelajari budaya setempat

Pexels.com/Porapak Apichodilok

Banyak backpacker tidak terbiasa dengan ragam budaya maupun norma yang berlaku di negara yang mereka kunjungi. Penting sekali untuk kamu ingat bahwa kamu harus menghargai budaya setempat dengan mencari informasi tersebut. Kamu tidak ingin dicap sebagai "tidak sopan" oleh penduduk di sana, kan?

Setidaknya kamu perlu lebih peka terhadap lingkungan sekitar karena kamu adalah tamu di negara tersebut.

9. Dokumentasikan segala momen

Pexels.com/Samson Katt

Kamu mungkin kurang percaya diri saat berswafoto di suatu tempat asing, tapi pada akhirnya kamu akan bersyukur suatu saat nanti. Melihat kembali pengalaman perjalananmu dan mengingat semua kenangan yang pernah kamu alami.

Namun, perlu kamu ingat bahwa tidak semua tempat bisa menjadi spot foto karena berbagai alasan. Untuk itu, kamu harus mematuhi aturan yang berlaku, ya!

10. Plastic bags to the rescue

Pexels.com/Anna Shvets

Tidak ada yang lebih buruk ketimbang melihat handuk atau pakaian basah di dalam tasmu. Nah, tas plastik ini menjadi penolong pertama untuk memisahkan barang-barang kotormu dengan yang masih bersih. Tidak hanya itu saja, tas plastik mempunyai kegunaan lainnya yang mungkin kamu butuhkan suatu saat nanti.

Itulah 10 tips untuk menjadi backpacker agar kamu lebih siap untuk memulai petualanganmu. Kamu bisa saja membawa hal lain yang menjadi kebutuhanmu, asal tidak memberatkan barang bawaanmu, ya. Sudah siap menjadi backpacker, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel