Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Daftar Wisata Curug yang Sejuk di Bandung

Menyajikan pemandangan indah

Cynthia Claudia

Bandung telah dikenal sebagai kota yang menawarkan berbagai pilihan kuliner dan destinasi wisata menarik. Ada beberapa pilihan alam yang bisa dikunjungi para turis di kota Bandung. 

Salah satunya yang paling populer adalah wisata air terjun, atau biasanya disebut sebagai 'curug' dalam Bahasa Sunda. Air terjun di Bandung ini menyajikan pemandangan yang indah sekaligus suasana yang sejuk. Perjalanan menuju ke air terjunnya pun ada yang tidak sulit.

Bagi Bela yang tertarik wisata curug di Bandung, berikut ini adalah rekomendasi daftar wisata curug yang sejuk di Bandung, yang patut dikunjungi.

1. Curug Malela

Katalogwisata.com

Lokasi: Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Curug Malela merupalan salah satu daftar wisata curug di Bandung yang patut kamu kunjungi. Curug yang berada di ketinggian 1000 mdpl ini menawarkan air terjun yang segar. Para pengunjung bisa merasakan sejuknya hawa pegunungan jika berkunjung ke sini.

Hal yang perlu diingat ketika berkunjung ke sini adalah jalurnya yang relatif panjang, karena memiliki ketinggian mencapai 60 m dan lebar 70 m.

2. Curug Cinulang

Nativeindonesia.com

Lokasi: Jl. Cicalengka Sindang Wangi No.km.07, Tanjungwangi, Kec. Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Curug Cinulang atau juga dikenal dengan Curug Sindulan ini merupakan curug yang berlokasi di perbatasan yang dekat dari pusat kota. Karena dekat dengan pusat kota, curug ini sangat ramai di akhir pekan. 

Perjalanan menuju ke curug ini juga sangat mudah karena banyak arah jalan menuju ke sana dari pusat kota.

3. Curug Batu Templek

pinhome.id

Lokasi: Kp.Sentakdulang, Cikored, Mekarmanik, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Curug Batu Templek merupakan daftar wisata curug di Bandung yang patut kamu kunjungi selanjutnya. Air terjun disini melewati beberapa tebing cadas, sehingga menyajikan sebuah pemandangan latar yang begitu indah.

Di sini juga banyak tempat-tempat foto yang menarik, contohnya berfoto di jembatan gantung.

4. Curug Cimahi

Pesona.travel

Lokasi: Jalan Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Curug Cimahi berlokasi di kecamatan Cisarua yang tidak terlalu rumit untuk dikunjungi. Ketinggiannya curut ini mencapai 87 m, dan menyajikan pemandangan yang indah. 

Meskipun air terjun di sini sangat tinggi, Curug Cimahi cukup tersembunyi di balik beberapa pepohonan dan tebing. Selain itu, juga banyak fasilitas yang bisa dinikmati para pengunjung yang mengunjungi curug ini.

5. Curug Penganten

tempatwisata.pro

Lokasi: Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat

Curug Penganten merupakan pilihan wisata curug yang juga sangat populer. Para pengunjung perlu menempuh jalur trekking dan melewati perkebunan warga sekitar untuk menuju Curug Penganten. Pemandangan indah menantimu ketika tiba di sana, para pengunjung bisa merasakan hutan tropis rimbun yang mengelilingi curug tersebut.

6. Curug Maribaya

Dolanyok.com

Lokasi:  Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 

Curug Maribaya merupakan curug yang ditemukan di kawasan Maribaya Resort. Kamu harus mengunjungi Maribaya Resort terlebih dahulu untuk menuju Curug Maribaya. 

Hawa di curug tersebut juga sangat sejuk dan sangat menyegarkan. Para pengunjung yang datang bisa melihat seberapa derasnya air terjun yang mengalir. 

7. Curug Dago

Wisatapedi.com

Lokasi: Jl. Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat

Rekomandasi wisata curug di Bandung yang terakhir berada di Curug Dago. Curug Dago bisa ditempuh dari pusat kota dengan mudah, jaraknya hanya sekitar 8 km dari pusat kota. Para pengunjung bisa berangkat dengan kendaraan umum dari terminal Dago.

Curug ini berada di ketinggian 800 mdpl, dan air terjunnya yang jernih dan segar ini tingginya sekitar 12 m. Ketinggiannya ini membuat siapapun bisa merasakan sejuknya udara pegunungan.

Kamu juga bisa menemukan sebuah prasasti atau peninggalan kerajaan Thailand pada tahun 1818 di lokasi ini, sehingga curug ini termasuk salah satu curug yang bersejarah di kota Bandung.

Itulah daftar rekomandasi wisata curug di Bandung yang patut dikunjungi, Bela. Apakah kamu termasuk salah satu yang gemar wisata curug?

IDN Media Channels

Latest from Travel