Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Libur Sekolah Sudah Tiba, Yuk, Datangi 8 Wisata Edukasi di Bogor Ini!

Didominasi oleh wisata alam

Natasha P.

Sudah berencana ingin pergi ke mana untuk mengisi liburan mendatang? Kalau belum, rasanya pergi mengunjungi wisata edukasi bertemakan alam bisa menjadi pilihan yang tepat. Sambil rekreasi melepas penat setelah belajar selama satu semester, kamu bisa membuka wawasanmu di sana.

Tak jauh dari kawasan Jadetabek, berikut adalah 8 rekomendasi tempat wisata edukasi di Bogor yang bisa kamu datangi.

1. Taman Safari

Instagram.com/taman_safari

Sebagai tempat wisata keluarga incaran banyak keluarga, Taman Safari menawarkan konservasi satwa sekaligus sarana edukasi untuk memperkenalkan ragam fauna lebih dekat. Berbagai aktivitas edukasi bisa kamu jajal bersama keluarga di Taman Safari, seperti dari Safari Tour, mengunjungi Istana Panda, Safari Trek dan Outbond, serta Safari Malam.

Lokasi taman satwa ini berada di Jalan Raya Puncak Nomor 601, Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Taman Safari Bogor buka setiap hari dengan rincian Senin-Jumat beroperasi pada 08.30-17.00 WIB serta Sabtu, Minggu, dan hari libur beroperasi jam 8.00-17.00 WIB. Ada juga Safari malam yang buka pada jam 18.30-21.00 WIB.

Sedangkan biaya masuknya mulai dari Rp200 ribu untuk anak berusia di bawah 5 tahun dan Rp230 ribu untuk orang dewasa.

2. Kuntun Farmfield

Pinhome

Ingin merasakan bagaimana hidup di desa sembari berternak dan berkebun? Kuntum Farmfield bisa menjadi pilihan untukmu! Wisata edukasi bertajuk agrowisata ini menawarkan kegiatan seru di alam dan wahana petualangan bagi keluarga. Terdapat pilihan area peternakan, perkebunan, dan pertanian yang bisa kamu coba di saja.

Berdasarkan informasi dari situs Kuntum Farmfield, para pengunjung bisa mencoba memberi makan ternak, bercocok tanam, naik kuda. Taman alam ini berada di Jalan Raya Tajur No.291 Sindangrasa, Bogor.

3. Museum Zoologi

atourin.com

Puas berpetualang di tempat wisata bertema alam, mari kita lanjut mencoba wisata museum di Museum Zoologi. Di dalamnya, kamu akan melihat 954 hewan yang diawetkan dari berbagai ras, mulai dari burung, mamalia, reptil amfibi, serangga, ikan.

Lengkap dengan papan informatif  mengenai satwa tersebut, hal ini tentu menjadi sarana edukasi bagi pengunjung. Selain menyimpan koleksi hewan yang diawetkan, museum ini juga memiliki koleksi flora yang sudah langka.

Museum Zoologi beroperasi setiap hari mulai dari jam 8 pagi hingga 3 sore. Untuk tiket masuknya dikenakan kocek mulai Rp15 ribu per orang pada weekday dan Rp25 ribu saat weekend dan libur nasional. Letaknya masih masuk dalam kawasan Kebun Raya Bogor, membuat Museum Zoologi cukup strategis untuk digapai dengan kendaraan pribadi dan umum.

4. Kampoeng Wisata Cinangneng

Wisatajabar.com

Mengisi waktu libur sekolah dengan rekreasi di desa wisata bisa menjadi pilihan tepat untuk melepas jerat dari hiruk pikuk suasana perkotaan yang riuh. Kampoeng Wisata Cinangneng yang terletak di Ciampea, Bogor misalnya.

Menapaki kampung edukasi ini, para wisatawan bisa melakukan kegiatan khas seperti di pedesaan asli. Mulai dari memandikan kerbau, menanam padi, dan belajar memasak hidangan tradisional.

Kamu juga bisa mengasah jiwa senimu dengan mencoba ragam aktivitas kreatif seperti bermain alat musik tradisional, kelas menari tradisional, dan membuat wayang dari daun.

5. Devoyage

Instagram.com/zennyjennie

Devoyage adalah destinasi wisata edukasi yang memperkenalkan wawasan internasional berupa miniatur negara Eropa. Obyek wisata ini menghadirkan taman berupa deretan miniatur landmark dari berbagai negara Eropa di Devoyage. Mulai dari miniatur Menara Eiffel, Paris dan Cinque Terre, Italia pun ada di sini.

Selain sarat akan edukasi, Devoyage juga berhiaskan bangunan warna-warni yang Instagrammable, cocok untuk dijadikan wadah untuk berfoto ria.

Alamatnya berada di daerah Nirwana Residence, Jalan Indigo Raya, Mulyaharja, Bogor Selatan. Jika ingin menyambangi tempat wisata ini, kamu perlu merogoh kocek Rp40 ribu per orang. Angka ini belum termasuk biaya tiket wahana berbayar di dalamnya.

6. The Ranch

Instagram.com/Keenan.adrylan

Penasaran bagaimana rasanya berpetualang a la koboi? Yuk, sempatkan dirimu untuk berlibur ke The Ranch Cisarua, Bela!

Di sana, kamu bisa menaiki kuda dengan busana abad pertengahan Eropa sungguhan. Selain menaiki kuda, tempat wisata ramah keluarga ini juga memikat wisatawan lewat aktivitas seru lainnya.

Seperti memberikan makan hewan, memanah, mengunjungi peternakan, bermain aneka wahana sepeda, trampolin, delman, dan balon air, serta berfoto. Suguhan spot foto Instagrammable bertema koboi pun juga menjadi daya tarik tempat ini.

Lokasinya ada di The Ranch Puncak berlokasi di Jalan Raya Puncak KM 77,5 Cisarua, Bogor dengan harga tiket sebesar Rp20 ribu per orang

7. Cimory Dairyland dan Cimory Riverside

HAI News

Cimory adalah salah satu tempat wisata Bogor populer yang memiliki area cukup besar. Wisata Cimory terdiri dari dua area, yaitu Cimory Dairyland dan Cimory Riverside. Di sana, kamu bisa melepas penat dengan menikmati banyak kegiatan seru. Mulai dari menunggang kuda, keliling naik traktor, berinteraksi dengan satwa, berfoto, dan wisata kuliner.

Setelahnya, kamu bisa mencicipi aneka olahan susu di restoran serta membeli oleh-oleh khas Cimory di sana. Kamu juga bisa makan siang di restoran yang tersedia sembari menikmati pemandangan aliran Sungai Ciliwung di Cimory Riverside, lho.

Alamatnya berada di Jl. Raya Puncak - Gadog KM.77 No.435, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor.

8. Kampung Budaya Sindang Barang

Dok. Kampung Sindang Barang

Rekomendasi wisata edukasi di Bogor yang terakhir adalah Kampung Budaya Sindang Barang. Hadirnya desa wisata ini tak lepas dari budaya Sunda yang lekat akan kawasan Bogor. Kampung edukasi bertajuk adat Sunda ini memperkenalkan kearifan lokal yang kental dan sudah ada sejak abad ke-12.

Melansir dari laman resminya, Kampung Budaya Sindang Barang memikat pengunjung lewat aktivitas menarik bertemakan budaya dan alam. Mulai dari  bertani, mengenal alat musik, permainan tradisional, senjata tradisional, serta mencicipi kuliner khas Sunda.

Lokasinya terletak di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor. Bertempat di kawasan pegunungan asri nan hijau, para pengunjung bisa menghirup udara segar sembari menikmati panorama indah khas pegunungan di kaki Gunung Salak.

Itulah rekomendasi wisata edukasi di Bogor yang bisa kamu kunjungi. Semoga daftar di atas bisa menjadi referensi untuk menghabiskan liburanmu bersama keluarga, ya!

IDN Media Channels

Latest from Travel