Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Rekomendasi Tempat Wisata di Argentina, Pesona Eksotis yang Memikat

Dapat dikunjungi saat Piala Dunia U-20 2023

Natasha P.

Melalui rilis resminya, FIFA mengumumkan bahwa Argentina maju menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, menggantikan Indonesia. Sekeluarnya informasi atas pencabutan status tuan rumah Indonesia, negara kelahiran pesepak bola Lionel Messi ini dengan gesit mengajukan proposal kesediaannya sebagai tuan rumah pengganti kepada FIFA.

Berbicara soal Argentina, Negeri Tango ini bukan cuma tersohor sebagai negara penghasil pemain sepakbola dunia yang lihai. Tetapi, juga menyimpan tempat wisata yang mempesona di baliknya.

Nah, bagi kamu yang berencana ingin ke Argentina untuk menonton Piala Dunia 2023 secara langsung, cobalah untuk menyambangi tempat wisata di negara tersebut. Ada apa saja, ya?

1. Monumento Nacional a Ia Bandera

rosario.gob.ar

Rekomendasi tempat wisata Argentina yang pertama adalah Monumen Bendera atau Monumento Nacional aIa Bandera. Monumen nasional Kota Rosario ini didirikan sebagai bentuk penghormatan kepada Manuel Belgrano, pencipta bendera Argentina.

Di sana, kamu juga bisa berwisata sejarah sambil ziarah di makam Manuel Belgrano yang terletak di bawah monumen. Sebuah tempat wisata yang tepat bersama keluarga sebagai media penbelajaran untuk memperluas wawasan.

Setelah puas, kamu bisa menyaksikan menawannya panorama Kota Rosario dari menara monumen yang terbuka bagi pengunjung.

2. Sungai Parana

Instagram.com/rosarioarg_

Bukan cuma Monumen Bendera, Argentina juga terkenal akan Sungai Parana yang legendaris. Sungai yang berlokasi di Kota Rosario ini terbuka untuk umum. Para wisatawan bisa menelusuri Sungai Parana dengan mengayuh kayak.

Ingin berolahraga sambil berkeliling kota Rosario? kamu bisa bersepeda santai di tepian sungai sambil ditemani indahnya alam sekitar dan hilir angin sejuk yang menelisik kulit.

Kecantikan panorama Sungai Parana semakin bertambah dengan berhiaskan kemegahan gedung pencakar langit di Rosario.

3. Kota Puerto Madryn

Tripadvisor

Kota Puerto Madryn menjadi pilihan bagi kamu yang menyukai alam dan pantai. Kota ini menawarkan keindahan pesisir pantai dengan pasir putih dan lautan yang biru. Di sini, kamu bisa menikmati pertunjukan alam yang mensejukkan mata atau sekadar berjemur di pinggir pantai.

Semakin baik jika kamu mengunjungi kota ini saat pertengahan bulan Juli atau musim panas. Jika beruntung, kamu bisa melihat fenomena langka, di mana sekumpulan ikan paus Southern Right Whale yang melahirkan anak-anaknya.

4. Teatro Colon

New York Times

Teatro Colon adalah sebuah institusi kesenian di Buenos Aires yang menyajikan ragam pertunjukkan seni yang artistik. Gedung teater seni ini dibangun pada tahun 1889 dan dibuka untuk publik pada 25 Mei 1905. Kapasitas Teatro Colon dapat menampung hingga 2,478 penonton.

Ada pilihan atraksi yang bisa kamu saksikan di sana. Di antaranya adalah opera teater, balet, atraksi budaya lokal, hingga fasilitas bioskop. Hanya saja, kamu perlu melakukan reservasi melalui situs resmi Teatro Colon untuk menyaksikan pertunjukan seni yang diinginkan.

5. Gletser Perito Moreno

Intrepid Travel

Tidak perlu jauh-jauh terbang ke Antartika untuk merasakan wisata es seperti di Ice Age. Di Argentina, kamu bisa menikmati panorama Gletser yang memikat mata di Gletser Perito Moreno. Lokasinya berada di Taman Nasional Los Glaciares dan terletak di atas Danau Lago Argentino.

Daya unik dari gletser terletak dari ukurannya yang terus bertambah setiap hari dan mendapat julukan "gletser yang hidup". Dari keunikan inilah, Gletser Perito Moreno terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1981.

6. Iguazu Falls

CNN

Rekomendasi tempat wisata di Argentina adalah Iguazu Falls. Berlokasi di perbatasan antara Argentina dan Brasil, wisata air terjun ini menawarkan pesona eksotis bagaikan di negeri tropis. 

Bersaingan dengan air terjun Niagara, tempat wisata air ini menjadi salah satu bucket list ternama bagi para pecinta alam di seluruh dunia. Memiliki bentang alam yang spektakuler berupa barisan air terjun yang memukau, maka tak heran lebih dari sejuta wisatawan melipir ke air terjun ini setiap tahunnya.

7. Ushuaia

CNN Internasional

Ushuaia adalah sebuah kota wisata di bagian selatan Argentina yang menawarkan ratusan bangunan warna-warni di tengah pegunungan. Dari lusinan kota wisata di Argentina, Ushuaia menjadi kota wisata paling ramai dikunjungi setiap tahunnya.

Awalnya, kota ini didirikan sebagai tempat pengasingan bagi narapidana kelas kakap di Argentina pada 1883. Di balik kejahatan yang diperbuat, justru para narapidana inilah yang paling berjasa dalam membangun banyak infrastruktur asli di kota ini.

8. Pemakaman Recoleta

Culture Trip

Jauh dari kata seram, Pemakaman Recoleta adalah pemakaman terindah di dunia yang terletak di Argentina, tepatnya di Buenos Aires. Setiap harinya, pemakaman ini tak pernah sepi pengunjung. Lantaran arsitektur makam di kuburan ini dibangun megah dengan gaya neogotik.

Mengutip dari Wikipedia, terdapat 6.400 kuburan yang ada di Pemakaman Recoleta. Mayoritas makam di sini merupakan tempat peristirahatan bagi para kaum borjuis dan petinggi negara Argentina.

Pilar-pilar megah pun dibangun kokoh untuk bangunan makam yang diukir dengan seksama. Komplek pemakaman yang dibangun sejak tahun ini 1822 ini juga berhiaskan Dewa hingga patung-patung Yunani yang memesona.

9. Cordoba

Wikimedia

Terakhir, ada Cordoba yang merupakan kota terbesar kedua yang ada di Argentina. Salah satu kota historis di Argentina ini akan menyuapi rasa ingin tahumu akan sejarah dari kolonialisme Spanyol.

Menapaki Cordoba pertama kali, kamu akan disambut hangat dengan bangunan bersejarah yang menjadi bukti kolonialisme Spanyol di Argentina. Dari lusinan bangunan tua yang ada, La Mezquita atau The Great Mosque menjadi masjid yang menarik perhatian. Ada juga rumah ibadah berupa gereja dan universitas tertua yang ada di Cordoba.

Kota ini cocok buat kamu yang ingin memenuhi kebutuhan konten di media sosial, terutama Instagram. Lantaran, di sana banyak sekali gedung-gedung tua yang memiliki arsitektur yang estetik, lengkap dengan gemerlap cahaya yang menyinari kota di malam hari.

Demikian, 9 rekomendasi tempat wisata di Argentina yang sekiranya bisa kamu datangi, Bela. Ada yang menjadi favoritmu?

IDN Media Channels

Latest from Travel