Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Rekomendasi Liburan di Gorontalo, Wisata Alam yang Memesona

Eloknya tempat wisata di Gorontalo

Natasha P.

Gorontalo merupakan sebuah provinsi di Pulau Sulawesi yang dijuluki Kota Serambi Madinah. Dinamakan demikian, karena Gorontalo menjadi rumah bagi banyak masjid yang punya arsitektur unik.

Di sana, aneka destinasi wisata yang eksotis dan menawan, hadir sebagai sweet escape penghilang penat dari hiruk pikuk. Mulai dari pesona alam bawah laut, pantai, pulau, danau, hingga bangunan bersejarah pun ada di sini. Kalau mampir ke sana, nggak ada salahnya untuk bertamasya ke 10 tempat wisata Gorontalo di bawah ini.

Let's check it out!

1. Benteng Otanaha

Go Celebes

Benteng yang dibangun oleh Raja Ilato dan pelaut Portugis pada 1522 ini dibangun sebagai sasana pertahanan yang awalnya untuk melawan bajak laut.

Tak memakai semen, Benteng Otanaha dibangun dengan batu raksasa yang direkatkan dengan pasir, batu kapur dan putih telur Burung Maleo. Lokasinya dikelilingi perpohonan hijau yang rindang. Tingginya mencapai 7 meter dengan diameter 20 meter.

2. Pulo Cinta

Indonesia Travel

Pulo Cinta menjadi pilihan tempat wisata Gorontalo cukup manis, bagi kamu yang berlibur bersama pasangan. Sesuai namanya, pulau ini punya bentuk dan jembatan menyerupai hati. Selain menikmati alam laut yang alami dan asri, para pelancong bisa bermalam di eco resort yang tersedia di sini.

Kamu bisa bersenang-senang di sini dengan melakukan ragam aktivitas seru seperti diving, snorkeling, atau bersantai di pinggir pantai.

3. Perkampungan Bajo Torosiaje

Get Lost ID

Kalau kamu ingin merasakan hidup di pinggir laut, maka menginap di Perkampungan Bajo Torosiaje adalah opsi yang tepat. Sebuah perkampungan yang beelokasi di pesisir Teluk Tomini, Torosiaje dengan bentuk geografis seperti huruf U. Perkampungan berpenghuni kurang lebih 389 keluarga ini mempunyai perumahan dan fasilitas publik dengan ketinggian 3-5 di atas permukaan laut.

Ingin berbaur dengan masyarakat maritim di sana sembari menelisik keseharian mereka? Kamu bisa bersinggah beberapa hari di perkampungan. Penginapan yang tersedia terdiri dari dua tipe, yaitu perumahan milik pemerintah dan homestay milik warga setempat. Untuk biaya menginap per malamnya tak akan menguras kantong, yaitu sekitar Rp100-150 ribu saja.

Di sana, kamu bisa membuang penat dengan menelusuri nikmatnya pemandangan laut biru yang indah dan udara segar di pagi hari. 

4. Pantai Dunu

Wisato.id

Selain terkenal akan norma agama Islam yang tinggi, Gorontalo juga tersohor akan wisata pantainya yang ciamik. Maka, sudah jadi keharusan untuk mengunjungi pantai saat bertamasya ke Gorontalo. Rekomendasi pantai indah si Gorontalo yang bisa kamu datangi adalah Pantai Dunu.

Alamat lengkapnya berada di Sesa Monano, Gorontalo Utara. Pantai cantik ini punya pasir putih yang halus, air laut yang biru, dan pemandangan sunset yang menawan. Dikelilingi oleh deretan bukit hijau, membuat Pantai Dunu tampak tersembunyi dari peradaban manusia.

Semakin intim, para turis bisa menghabiskan waktu bercengkrama sembari duduk santai beralaskan pasir putih, menikmati suasana sunset yang indah. 

5. Wisata Bahari Hiu Paus Botubarani

Indonesia Traveler

Sebuah tantangan bagimu untuk menyaksikan kawanan hiu paus secara langsung ke Wisata Bahari Hiu Paus Botubarani di Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolange, Gorontalo.

Melansir dari Jadesta Kemenparekraf, wisata ikan paus ini terdiri dari tiga paket, yaitu naik perahu didampingi satu orang pemandu, berenang atau menyelam di permukaan (snorkeling), serta menyelam (diving).  Sedangkan diving sendiri khusus untuk wisatawan berpengalaman dan bersertifikat menyelam resmi. Melansir Atourin, tarif untuk menyelam langsung, untuk menyaksikan paus hiu dimulai dari Rp500 ribu.

Bagi kamu yang tertarik untuk berenang langsung  bersama kawanan hiu paus, disarankan untuk berkunjung ke sini pada bulan Mei dan Juni. Karena di bulan tersebut, kawanan hiu paus sedang bermigrasi.

6. Taman Laut Olele

Celebes ID

Taman Laut Olele merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang cukup ternama di Gorontalo. Setiap tahunnya, tempat ini selalu ramai didatangi oleh pencinta diving dan olahraga air.

Berada di Desa Olele, Bone Balango, Taman Laut Olele terkenal akan perairannya yang jernih dengan visibility bawah laut yang bagus. Saking jernihnya air laut, para wisatawan bisa melihat dasar lautan dari permukaan laut.

Menyelam ke dalamnya, matamu akan tertuju kepada rumpunan terumbu karang yang padat, biota laut yang cantik, serta ikan laut yang berwarna-warni. Setidaknya, ada 9 spot diving paling indah yang wajib kamu jajal. Salah satunya Goa Jin yang punya kedalaman 22 meter.

7. Pantai Bolihutuo

Atourin

Rekomendasi tempat wisata di Gorontalo yang wajib kamu datangi adalah Pantai Bolihutuo. Berletak di Kabupaten Boalemo, pantai ini berjarak cukup jauh dari pusat kota Gorontalo dan dibutuhkan tiga jam berkendara.

Namun, rasa lelah tersebut dibayar tuntas dengan pemandangan indahnya pasir pantai putih yang asri dan menawan. Bukan cuma itu saja, pantai ini juga dikelilingi hutan mangrove yang berfungsi untuk menahan abrasi. Supaya pengalaman rekreasi makin berwarna, kamu juga bisa lho, menghabiskan waktu dengan snorkeling, berkeliling pantai dengan perahu, serta wisata kuliner.

Ingin menginap di Pantai Bolihutuo, sembari menghabiskan waktu menyaksikan lautan bintang di langit malam yang indah? Tenang, kamu bisa bermalam di cottage yang tersedia di sini. Harga sewanya cukup terjangkau, yakni Rp150 ribu/malam.

Harga tiket masuk: Rp5 ribu untuk orang dewasa dan Rp3 ribu untuk anak-anak

8. Bukit Layang

Travellingyuk.com

Salah satu wisata bukit yang populer di Gorontalo adalah Bukit Layang yang bertempat di Kelurahan Siendeng, Kecamatan Hulonthalangi. Daya tarik perbukitan ini terletak pada suguhan scenery Kota Gorontalo yang berselimutkan awan putih dari atas ketinggian 700 mdpl. Kamu bisa berkemah di atas bukit ini sembari beratapkan keindahan langit malam bertabur ribuan bintang yang indah.

Bukan cuma itu saja, di sini juga menawarkan penyewaan alat kemah dan tenda yang dikelola oleh masyarakat lokal dengan harga terjangkau. Serba praktis, kamu tak perlu repot-repot membawa perkakas kemah dari rumah. Perkemahannya sendiri dibuka 24 jam, sedangkan pengunjung yang datang ke bukit ini tak dipungut biaya sama sekali.

9. Bumi Cerah

Gorontalo Post

Berenang di pantai atau danau mungkin sudah biasa. Maka itu, wisata Bumi Cerah menawarkan pengalaman unik berupa berenang di atas bukit dengan ketinggian 1.000 mdpl.

Kelebihan kawasan wisata ini merujuk pada suasana khas pedesaan Gorontalo yang masih alami, lengkap dengan rangkaian bangunan berbahan kayu dan beratapkan daun kelapa. Masuk ke sini, kamu seolah berada di suasana pedesaan yang asri dan sejuk.

Terdapat fasilitas lengkap yang memanjakan para pengunjung berupa kolam renang, gazebo, dan penginapan. Resmi dibuka pada Agustus 2021, lokasi Bumi Cerah berada di Desa Bulotalangi, Kecamatan Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango.

Jam operasional: setiap hari dari pukul 08.00 WITA - 22.00 WITA.
Harga tiket: Rp5 ribu/orang

Itulah 9 tempat wisata di Gorontalo yang tak boleh kamu lewatkan saat liburan. Di antara tempat wisata di atas, mana yang paling menarik perhatianmu Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel