Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

14 Fakta Tokyo di Jepang, Salah Satu Kota Tersibuk di Dunia

Dari landmark hingga stasiun terpadat ada di Tokyo, Jepang

Natasha P.

Tak lengkap rasanya tidak membahas Kota Tokyo saat berbicara soal Jepang. Ibu kota Jepang sekaligus salah satu kota metropolitan terbesar di dunia ini terkenal akan kesibukan dan kepadatan penduduknya. Data dari World Population Review per tahun 2024 memaparkan bahwa ada 37.194.000 orang tinggal di Tokyo. Angka ini diperkirakan akan terus melonjak setiap tahunnya.

Meski terkenal dengan kesibukan dan kepadatannya, hal ini tak menurunkan minat penduduk internasional untuk liburan, menempuh studi, bahkan bekerja di Tokyo. Maklum saja, karena kota ini menawarkan wisata yang apik, peluang karier yang menjanjikan, serta kualitas pendidikannya yang baik. 

Jadi pertanyaannya, apakah kamu ada rencana ingin pergi Tokyo? Jika iya, mengapa tidak simak fakta menarik tentang Tokyo di bawah ini? Kiranya informasi ini bisa menjadi bekal dan gambaran lengkap untukmu tentang kota terbesar di Jepang ini.

1. Sebelum berganti nama jadi Tokyo, dulunya kota besar ini bernama Edo. Pergantian nama ini terjadi pada 1868 oleh Pemerintahan Kekaisaran Meiji.

Dok. YABAI

2. Tokyo (東京) memiliki arti "Ibu Kota Timur". Uniknya lagi, kaisar Meiji yang memimpin saat itu, memindahkan takhta ibu kota bersejarah dari Kyoto ke Tokyo. Namanya mirip, ya?

WeRoad

3. Tokyo sendiri terbagi menjadi 3 kawasan wisata utama, yaitu Metropolitan Tokyo (pusat kota dengan berbagai fasilitas), Okutama (area pegunungan), serta kepulauan Izu dan Ogasawara (tempat berkumpulnya pulau).

Hotels.com

4. Sungguh memanjakan, warga negara asing bisa terhindar dari pajak belanja dengan syarat harus berbelanja senilai lebih dari 5.000 yen dan memperlihatkan paspor.

Escape Authority

5. Ingin menyewa penginapan tanpa harus menguras kantong di Tokyo? Tenang, kamu bisa menginap di hotel kapsul, lho! Harganya mulai dari Yen¥ 1980 atau sekitar Rp211 ribu saja!

Asian Wanderlust

6. Stasiun Shinjuku mendapat gelar sebagai salah satu stasiun kereta tersibuk di dunia, dengan jumlah penumpang 3,5 juta orang per harinya.

Live Japan

7. Tokyo Tower adalah salah satu landmark paling populer di Jepang.Tingginya mencapai 333 meter dan arsitekturnya terinspirasi dari Eiffel Tower di Prancis.

Viator

8. Disneyland Tokyo memiliki luas 114 hektare dan terbagi menjadi Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea. Berangkat dari informasi ini, Disneyland Tokyo menjadi resor Disney terbesar pertama di luar Amerika.

Japan Guide

9. Distrik Akibahara di Tokyo menjadi surganya para otaku dan geek-culture hobbyist. Di sana, banyak sekali hobby shop yang menjual aneka merchandise pop culture khas Jepang seperti anime, game, dan manga.

Lonely Planet

10. Tokyo juga memanjakan para pelancong lewat wisata kulinernya yang unik. Di sana aneka kafe berbagai tema sangat menjamur. Mulai kafe bertema Pikachu, Sailor Moon, Alice in Wonderland, hingga Pokemon ada di sini.

Voyapon

11. Disebut sebagai persimpangan tersibuk di dunia, ada sekitar 2.500 orang yang melintasi Persimpangan Shibuya setiap lampu berubah menjadi hijau

unsplash.com/DaryanShamkhali

12. Tak perlu repot ke supermarket, vending machine sangat menjamur dan mudah ditemukan di Tokyo. Barang yang dijual pun beragam dan lengkap. Mulai dari makanan dan minuman, masker hingga kaus.

Japan Forward

13. Masih soal landmark populer, Tokyo Skytree merupakan gedung tertinggi di Jepang dan menjulang hingga 634 meter ke atas.

Klook

14. Dianjurkan untuk berkunjung ke Tokyo pada April hingga Mei. Karena pada waktu tersebut, kamu berkesempatan untuk menyaksikan Festival Hanami sebagai perayaan kuno untuk menyambut datangnya musim semi yang ditandai dengan mekarnya bunga sakura yang cantik

Times Out

Itulah deretan fakta tentang Kota Tokyo di Jepang yang menyimpan hal-hal spektakuler. Bagaimana, tertarik nggak berkunjung ke kota Tokyo?

IDN Media Channels

Latest from Travel