Curi Perhatian, Siwon Choi Beri Pidato di ASEAN BIS 2023 Jakarta

Datang sebagai Duta Besar Regional UNICEF Asia Timur-Pasifik

Curi Perhatian, Siwon Choi Beri Pidato di ASEAN BIS 2023 Jakarta

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Acara ASEAN Business & Investment Summit 2023 (ABIS 2023) tengah dilaksanakan di Sultan Hotel & Residence, Jakarta pada 3 dan 4 September. Pada Senin (4/9), Siwon Choi dari Super Junior datang sebagai Duta Besar Regional UNICEF Asia Timur-Pasifik. Hal ini sudah diumumkan beberapa hari sebelumnya oleh Instagram resmi @aseanbac.id.

"Kami dengan bangga mengumumkan bahwa Choi Siwon yang sensasional, dikenal karena perjalanannya yang luar biasa sebagai anggota band Korea Selatan Super Junior dan perannya yang menginspirasi sebagai Duta Besar Regional UNICEF untuk Asia Timur dan Pasifik, akan menghadiri ASEAN Business & Investment Summit 2023. Lebih dari 2000 delegasi dari seluruh dunia akan bergabung dengan kami di acara luar biasa ini untuk membahas dan merancang masa depan yang progresif bagi kawasan ASEAN," tulis @aseanbac.id.

Awali pidato dengan gurauan

Curi Perhatian, Siwon Choi Beri Pidato di ASEAN BIS 2023 Jakarta

Siwon mendapatkan jadwal untuk hadir pada hari kedua acara yang menjadi rangkaian KTT ASEAN 2023 ini. Ia akan menyampaikan gagasannya mengenai masa depan ASEAN pada 2045 mendatang. Namun, sifat humoris tampaknya sudah mengalir deras dalam dirinya. Sebelum masuk ke inti pidato, sosok yang juga akrab disapa Mas Agung ini memperkenalkan diri sambil menyelipkan candaan.

"Selamat siang, semuanya. Nama saya Siwon Choi dari Korea. Mungkin kalian tahu kalau aku adalah laki-laki paling seksi di ruangan ini. Saya harap begitu," katanya yang kemudian disambut tawa para hadirin.

Suarakan betapa penting berinvestasi kepada anak-anak

Siwon sendiri telah ditunjuk sebagai Duta Besar Regional UNICEF untuk Asia Timur dan Pasifik sejak 2019. Ia memiliki visi bahwa di masa depan anak-anak bisa tumbuh dengan sehat, aman dari penyakit, dan dilindungi bahkan di ranah dunia maya. Oleh karena itu, kesempatan ini ia manfaatkan untuk bersuara tentang betapa penting berinvestasi pada anak-anak.

"Berinvestasi kepada anak-anak bukan hanya etis, tetapi juga berdampak pada ekonomi.  Kita telah melihat contoh bahwa setiap dolar yang diinvestasikan Amerika dalam pra-pendidikan dasar kepada anak-anak telah memberikan imbal balik hingga 10 kali lipat. Jenis investasi itu mempromosikan keberlanjutan dan ketahanan, membuka prospek pertumbuhan ASEAN dalam jangka panjang. Itu harus direalisasikan sekarang," ungkapnya.

Pemikiran tersebut berangkat dari keresahannya tentang kemampuan membaca anak-anak yang masih rendah, kemiskinan, hingga perubahan iklim yang membuat situasi memburuk. Siwon hanya ingin anak-anak bisa meraih mimpi mereka tanpa hambatan. Ia kemudian membagikan kabar baik bahwa jumlah anak yang memasuki pendidikan dasar sudah meningkat hingga 90%. 

"UNICEF tidak bisa meraih hal tersebut tanpa kepercayaan terhadap anak-anak dan komunitas yang kami layani. Bagaimanapun, kita harus mengambil langkah maju. Sekarang sudah saatnya bagi kita tidak cuma berpikir, tetapi juga melakukan aksi. Anak-anak adalah masa depan kita sehingga kalian dan aksi bermakna kalian bisa mengubah dunia karena kita adalah para pembawa perubahan," tutup Siwon.

Keren banget, deh, Mas Agung! Auranya sudah cocok banget jadi pejabat, ya, Bela?

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here