10 PLTS Terbesar di Dunia, Indonesia Kini Turut Bersaing!

PLTS Terapung Cirata jadi yang terbesar di ASEAN

10 PLTS Terbesar di Dunia, Indonesia Kini Turut Bersaing!

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Selama beberapa tahun terakhir, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) mengalami peningkatan. Hal tersebut, didorong beberapa alasan penting, mulai dari melonjaknya kebutuhan energi, kemajuan teknologi, penyesuaian iklim, hingga terjangkaunya biaya investasi. 

Terpantau, banyak negara maju yang cukup fokus membangun PLTS, karena dinilai memiliki dampak positif sangat besar. Salah satunya, saat Indonesia tahun ini meresmikan operasional Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung atau Floating Solar PV berkapasitas 192 Mega Watt Peak (MWp), pada Kamis (9/11/2023).

Presiden Jokowi resmikan PLTS Terapung Cirata

10 PLTS Terbesar di Dunia, Indonesia Kini Turut Bersaing!

Peresmian PLTS yang secara langsung dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu, dikabarkan sebagai PLTS Terapung terbesar di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) dan terbesar ketiga di dunia. Mengenai pembangunan PLTS ini, berada di atas Waduk Cirata dengan luas 200 hektare.

PLTS dengan nilai investasi Rp1,7 Triliun tersebut, terletak di tiga kabupaten di Jawa Barat, yaitu Purwakarta, Cianjur, dan Bandung Barat. Proyek PLTS Terapung Cirata ini, menjadi kerja sama PT PLN (Persero) melalui Subholding PT PLN Nusantara Power dengan perusahaan energi asal UEA, Masdar.

Inilah daftar 10 PLTS terbesar di dunia

Menurut rencana, PLTS Terapung Cirata akan menghasilkan energi sebesar 245 juta kWh per tahun. Angka tersebut, diperkirakan dapat memasok listrik setara untuk 50.000 rumah tangga. Dengan adanya PLTS Terapung, diharapakan bisa mendukung komitmen PT.PLN (Persero) untuk mencapai net zero emission tahun 2060.

Peresmian PLTS Terapung Cirata, bahkan sampai menarik minat YouTuber Nuseir Yassin atau akrab disebut Nas Daily, untuk mengunjungi pembangunan proyek ini. Jika melihat betapa hangatnya pembahasan PLTS Terapung Cirata sebagai yang terbesar di ASEAN, maka berikut ini Popbela telah merangkum 10 PLTS terbesar di dunia! 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here