Tagar #BlokirKominfo Ramai, Ini Keuntungan PSE Daftarkan Usaha Mereka

Warganet masih terus gaungkan #BlokirKominfo

Tagar #BlokirKominfo Ramai, Ini Keuntungan PSE Daftarkan Usaha Mereka

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Ancaman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terhadap Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat sampai batas akhir Rabu, 27 Juli 2022 bukan sekadar gertakan belaka. Akhir minggu kemarin, beberapa situs yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, seperti PayPal dan Steam benar-benar tidak bisa diakses. Akibatnya, warganet yang emosi kemudian mengungkapkan kekesalannya di Twitter menggunakan tagar #BlokirKominfo.

Kewajiban pendaftaran sebagai PSE ini ditujukan kepada perusahaan yang menyediakan layanan secara digital, yang memiliki portal, situs, atau aplikasi dalam jaringan melalui internet. Berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang beroperasi di Indonesia, selambat-lambatnya harus mendaftar PSE hingga 20 Juli 2022 pukul 23.59.

Sebetulnya, apa tujuan Kominfo meminta PSE Lingkup Privat untuk mendaftarkan perusahaan mereka, serta keuntungan dan kerugiannya? Berikut rangkumannya untukmu.

Tujuh platform terblokir karena tidak mendaftar

Tagar #BlokirKominfo Ramai, Ini Keuntungan PSE Daftarkan Usaha Mereka

Sampai pada tanggal 31 Juli 2022 kemarin, Kominfo mengkonfirmasi setidaknya ada tujuh platform yang sudah diblokir lantaran tidak juga mendaftar sampai batas waktu yang telah ditentukan. Tujuh platform tersebut adalah Yahoo, PayPal, Epic Games, Steam, Dota 2, Counter Strike, dan Origin.

Protes warganet soal platform yang diblokir pemerintah

Dengan diblokirnya sejumlah platform lantaran telat mendaftarkan PSE, warganet pun meradang. PayPal, misalnya, menjadi salah satu platform penting bagi mereka yang bekerja untuk perusahaan asing dan dilakukan secara remote di Indonesia. Platform ini menjadi media yang penting untuk menerima dan membayarkan honor atas jasa yang telah mereka lakukan.

Karena kebijakan ini, banyak warga Indonesia yang tidak dapat mencairkan honor mereka. Sebab, mereka belum memindahkan saldo tersebut ke rekening bank dalam negeri, namun Kominfo terlanjur memblokir PayPal. 

Kebanyakan dari mereka yang menggunakan PayPal adalah pekerja kreatif yang menjual karya mereka di platform digital yang bisa diakses secara global. Transaksi tersebut menggunakan mata uang dollar yang akan lebih mudah dibayarkan terlebih dulu ke akun PayPal sebelum dipindahkan ke rekening bank dalam negeri.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here