Lions Clubs Lestarikan Lingkungan Bersama Kampung Samtama

Hijaukan lingkungan dengan cara yang menyenangkan

Lions Clubs Lestarikan Lingkungan Bersama Kampung Samtama

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Saat ini kita tidak hanya berhadapan dengan krisis pandemi COVID-19 secara global, tetapi juga krisis perubahan iklim atau lebih dikenal dengan ‘Global Warming’. Global warming menjadi salah satu trending topic dalam pembicaraan dunia beberapa tahun terakhir.

Mengutip artikel “Facts about climate emergency” dari The United Nations Environment Programme (UNEP), penyebab utama global warming adalah aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Hal inilah yang mendasari terbentuknya Lions Clubs Jakarta Pusat Centennial Terra (LCJP Centennial Terra), yang bernaung dibawah Lions Clubs International, empat tahun yang lalu. Fokus utama klub ini adalah pelestarian lingkungan hidup.

Apa saja kegiatan LCJP Centennial Terra belakangan ini? Simak selengkapnya berikut ini.

Merintis program Urban Farming bersama Kampung Samtama

Lions Clubs Lestarikan Lingkungan Bersama Kampung Samtama

Lions Clubs International bertujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan dengan cara menyalurkan bantuan melalui dukungan kegiatan sosial, kemasyarakatan dan pendidikan.

Sejak tahun lalu Lions Clubs merintis program Urban Farming berkolaborasi bersama Kampung Samtama. Program  ini dicanangkan sebagai Legacy Program mengingat sifatnya berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Membangun vertical garden dengan tanaman hidroponik

Mengutip artikel “Here’s How We Can Use Agriculture to Fight Climate Change” dalam World Economic Forum, Urban Farming merupakan salah satu solusi untuk mengurangi efek rumah kaca yang dapat menghasilkan kualitas udara yang lebih baik.

Dalam program ini, LCJP Centennial Terra berkolaborasi dengan Kampung Samtama, salah satu Desa Wisata di tingkat nasional yang mewakili DKI Jakarta. LCJP Centennial Terra membangun vertical garden dengan sistem hidroponik untuk menanam sayuran seperti salada air, bayam dan sawi di area sekitar perumahan warga.

Sayuran hidroponik tersebut dapat dikonsumsi oleh warga setempat. Hasil panennya dibagikan dan dinikmati warga secara cuma-cuma tanpa pungutan biaya apapun. Sehingga, warga Kampung Samtana tidak hanya terbiasa menerapkan lingkungan hidup yang sehat, tetapi juga akan terbiasa dengan pola hidup yang sehat. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here