Saat ini kita tidak hanya berhadapan dengan krisis pandemi COVID-19 secara global, tetapi juga krisis perubahan iklim atau lebih dikenal dengan ‘Global Warming’. Global warming menjadi salah satu trending topic dalam pembicaraan dunia beberapa tahun terakhir.

Mengutip artikel “Facts about climate emergency” dari The United Nations Environment Programme (UNEP), penyebab utama global warming adalah aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Hal inilah yang mendasari terbentuknya Lions Clubs Jakarta Pusat Centennial Terra (LCJP Centennial Terra), yang bernaung dibawah Lions Clubs International, empat tahun yang lalu. Fokus utama klub ini adalah pelestarian lingkungan hidup.

Apa saja kegiatan LCJP Centennial Terra belakangan ini? Simak selengkapnya berikut ini.

Merintis program Urban Farming bersama Kampung Samtama

Lions Clubs Lestarikan Lingkungan Bersama Kampung SamtamaDok. Lions Clubs

Lions Clubs International bertujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan dengan cara menyalurkan bantuan melalui dukungan kegiatan sosial, kemasyarakatan dan pendidikan.

Sejak tahun lalu Lions Clubs merintis program Urban Farming berkolaborasi bersama Kampung Samtama. Program  ini dicanangkan sebagai Legacy Program mengingat sifatnya berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Membangun vertical garden dengan tanaman hidroponik

Lions Clubs Lestarikan Lingkungan Bersama Kampung SamtamaDok. Lions Club

Mengutip artikel “Here’s How We Can Use Agriculture to Fight Climate Change” dalam World Economic Forum, Urban Farming merupakan salah satu solusi untuk mengurangi efek rumah kaca yang dapat menghasilkan kualitas udara yang lebih baik.

Dalam program ini, LCJP Centennial Terra berkolaborasi dengan Kampung Samtama, salah satu Desa Wisata di tingkat nasional yang mewakili DKI Jakarta. LCJP Centennial Terra membangun vertical garden dengan sistem hidroponik untuk menanam sayuran seperti salada air, bayam dan sawi di area sekitar perumahan warga.

Sayuran hidroponik tersebut dapat dikonsumsi oleh warga setempat. Hasil panennya dibagikan dan dinikmati warga secara cuma-cuma tanpa pungutan biaya apapun. Sehingga, warga Kampung Samtana tidak hanya terbiasa menerapkan lingkungan hidup yang sehat, tetapi juga akan terbiasa dengan pola hidup yang sehat. 

Warga setempat merasakan manfaatnya dari kegiatan ini

Lions Clubs Lestarikan Lingkungan Bersama Kampung SamtamaDok. Lions Club

Saat ini warga Kampung Samtama sudah merasakan manfaat pola hidup sehat ini. LCJP Centennial Terra pun berharap upaya ini dapat berkembang dengan sendirinya dan dijadikan sebagai mata pencaharian warga setempat. 

Kolaborasi LCJP Centennial Terra dengan Kampung Samtama merupakan program awal dari sosialisasi Urban Farming kepada masyarakat. Harapan mereka, semoga ke depannya semakin banyak kelurahan di lingkungan DKI Jakarta yang bisa melakukan kerja sama untuk melaksanakan hal serupa. Sehingga, nantinya akan semakin banyak masyarakat terbiasa dengan lingkungan dan pola hidup yang sehat.

“Jika manusia penyebabnya, manusia juga dapat menjadi solusinya,” ungkap Yuanita Noviana, Presiden LCJP Centennial Terra, seperti dikutip dari rilis yang diterima Popbela.com

LCJP Centennial Terra yakin jika semakin banyak masyarakat yang terlibat, semakin banyak pula yang dapat merasakan manfaatnya. Dengan begini, semakin banyak pula yang peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun Jungkook BTS, ARMY Indonesia akan Lepas 4000 Tukik

Baca Juga: 10 Komunitas di era Pandemi: Kontribusi Sosial yang Dapat Membantumu

Baca Juga: Female Radio Dukung Gerakan Donor Darah Perempuan Indonesia