Virus Corona Varian Baru B117 Dari Inggris Sudah Masuk ke Indonesia

Dua kasus baru tepat pada setahun Corona di Indonesia

Virus Corona Varian Baru B117 Dari Inggris Sudah Masuk ke Indonesia

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Virus Corona masih terus menjangkit seluruh belahan dunia. Hingga saat ini, terhitung sudah 114 juta kasus di seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia sendiri sudah menembus angka 1,34 juta kasus. Varian virus Corona pun semakin bermacam-macam dan bermutasi, terbaru adalah varian B117 atau VOC 202012/01 dari Inggris.

Kini varian tersebut telah masuk ke Indonesia. Wakil Menteri Kesehatan (wamenkes) Dante Saksono mengonfirmasi bahwa ditemukan dua kasus COVID-19 dengan varian tipe B117 tersebut. Hal itu disampaikan Dante dalam akun YouTube Kemenristek/BRIN pada acara “Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi”, Selasa (2/3), bertepatan dengan satu tahun sejak virus Corona masuk ke Indonesia.

Lantas apakah varian virus corona B117 tersebut lebih berbahaya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Lebih menular 70%

Virus Corona Varian Baru B117 Dari Inggris Sudah Masuk ke Indonesia

Berdasarkan laporan serta penelitian yang dilakukan beberapa ahli, varian baru virus Corona ini 70% lebih cepat menular dibanding dengan mutasi lainnya. Mutasi virus ini pertama kali diidentifikasi di Inggris pada September 2020. 

Selama periode September hingga awal Desember 2020, varian baru ini meningkatkan kasus aktif COVID-19 sebesar 60%. Sementara itu, beberapa negara lain juga turut memberikan laporan bahwa varian tipe B117 telah ditemukan seperti Singapura, Korea Selatan, India, hingga Malaysia dan beberapa negara lainnya.

Gejala yang ditimbulkan

Gejala yang ditimbulkan oleh varian baru virus ini hampir sama dengan gejala umum lainnya seperti kelelahan, mual dan pusing serta nyeri otot. Sementara gejala COVID-19 lainnya yang ditemukan Layanan Kesehatan Inggris (NHS), dikutip dari Express UK adalah:

  1. Sakit (radang) tenggorokan
  2. Diare
  3. Konjungtivitis (mata merah)
  4. Sakit kepala
  5. Ruam pada kulit
  6. Perubahan warna (discolouration) pada jari tangan dan kaki.
  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here