Kartu Prakerja sebagai program pemerintah untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan pada para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Kartu prakerja memberikan bantuan baik biaya atau pelatihan bagi para peserta yang terpilih. Kini Kartu Prakerja sudah dalam gelombang  20 dan Rabu sore kemarin (15/9/2021) pengumuman peserta yang lolos dirilis.

Segera cek apakah kamu menjadi salah satu peserta yang lolos. Simak cara ceknya serta tips terkait Kartu Prakerja di sini, ya!

Cara cek pengumuman Kartu Prakerja

Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 20 Sudah Rilis, Cek di Sini!instagram.com/prakerja.go.id

Untuk mengetahui apakah kamu lolos dalam program ini, kamu bisa melihatnya dengan mengunjungi laman Prakerja di prakerja.go.id, masuk ke akun mu dengan memasukkan email serta password. Di dashboard Prakerjamu akan terlihat notifikasi apakah kamu berhasil atau tidak.

Pengumuman bisa juga melalui SMS yang terkirim ke nomor yang sebelumnya telah kamu cantumkan saat mendaftar Kartu Prakerja. Jika kamu lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 20, kamu juga mendapat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun kamu.

Jika tidak lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 20, kamu akan mendapatkan notifikasi pada dasboard akun Kartu Prakerja dengan tulisan "Kamu Belum Berhasil". Untuk mengetahui alasannya, kamu dapat melihatnya di fitur riwayat gelombang.

Dalam gelombang 20 ini, Kartu Prakerja akan menerima 800.000 peserta yang sama dengan gelombang sebelumnya. Kamu juga akan diminta untuk menonton video perkenalan tentang Kartu Prakerja sebelum memulai pelatihanmu.

Segera ikuti pelatihan

Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 20 Sudah Rilis, Cek di Sini!prakerja.go.id

Setelah berhasil lolos, maka kamu harus segera mengikuti pelatihan sebelum namu dicabut kembali oleh pihak penyelenggara. Saldo harus dipakai untuk pembelian pelatihan di mitra Kartu Prakerja seperti di Tokopedia, Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, Mau Belajar Apa, Sekolahmu, dan Kemnaker paling lama 30 hari setelah pengumuman penerimaan Kartu Prakerja.

Ada saldo sebesar Rp1 juta yang bisa kamu belanjakan untuk pelatihan. Pelatihan yanng disediakan pun bermacam-macam sesuai dengan kompetensi apa yang hendak kamu pelajari atau tingkatkan untuk bisnis atau kariermu.

Kamu bisa melihat detail atau macam-macam pelatihan dengan klik platform pelatihan yang tertera di dashboard mu. Bahkan juga ada rekomendasi pelatihan yang bisa kamu pilih sesuai preferensimu yang telah kamu pilih pada saat mendaftar.

Status pelatihan yang sudah kamu pilih akan tertampil juga di dashboard. Sedangkan untuk membeli pelatihan, kamu bisa log in ke salah satu mitra pelatihan yang kamu pilih. Lalu tentukan pelatihan yang akan diambil dan klik. Nantinya akan muncul sebuah link untuk membeli pelatihan tersebut. Kamu bisa membayarnya dengan pembayaran menggunakan nomor Kartu Prakerjamu.

Insentif pelatihan selama 4 bulan

Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 20 Sudah Rilis, Cek di Sini!prakerja.go.id

Setelah membeli, mengikuti, menyelesaikan serta mendapat sertifikat pelatihan, insentifmu akan cair ke rekening bank atau dompet elektronik yang telah kamu daftarkan. Kamu bisa melihat jadwal insentifmu cair di fitur Insentif.

Insentif bulanan yang bisa kamu dapatkan besarnya mencapai Rp600,000 per bulan selama 4 bulan. Nantinya juga ada insentif tambahan sebesar Rp50 ribu sebanyak dua kali tetapi setelah kamu mengisi survei terkait pengalamanmu bersama Kartu Prakerja.

Tips lolos program Kartu Prakerja

Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 20 Sudah Rilis, Cek di Sini!prakerja.go.id

Tips untuk berhasil lolos program Kartu Prakerja, adalah:

  • Berikan datamu dengan valid saat mengisi formulir pendaftaran
  • Bagi kamu yang baru lulus, cek terlebih dahulu apakah NIK mu masih terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau tidak, ini menjadi salah satu penyebab banyak yang tidak lolos
  • Pakailah nomor ponsel dan email yang aktif
  • Perbarui status pekerjaanmu
  • Ikuti tes awal dengan sebaik mungkin
  • Pantau selalu website dan media sosial Prakerja
  • Pastikan kamu bukan salah satu dari Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Aparatur Sipil Negara, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kepala Desa dan perangkat desa, Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah
  • Pastikan juga bahwa hanya ada maksimal 2 (dua) anggota keluarga kamu yang menjadi Penerima Kartu Prakerja, ya
  • Bagi kamu yang gagal, kamu tak perlu lagi daftar ulang, tapi cukup dengan mengikuti gelombang selanjutnya yang muncul di dashboardmu saat gelombang dibuka

Gelombang 21 dibuka hari ini juga!

Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 20 Sudah Rilis, Cek di Sini!instagram.com/prakerja.go.id

Selain pengumuman Kartu Prakerja gelombang 20 kemarin, bertepatan dengan hari ini Kamis (16/9/2021) pukul 12.00 WIB gelombang 21 telah dibuka. Kuota untuk gelombang ini lebih sedikit yaitu 754.929 orang yang berasal dari sisa kuota anggaran semester 2 Rp10T dan dari anggaran Rp1,2T yang ditambahkan.

Hal ini dikatakan langsung oleh Head of Communication Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu. Pendaftaran akan dibuka selama beberapa hari dan memiliki cukup waktu bagi masyarakat untuk mengumpulkan datanya dalam mendaftar program ini.

Itulah cara mengecek pengumuman Kartu Prakerja gelombang 20. Selamat bagi kamu yang berhasil lolos dan tetap semangat serta jangan menyerah bagi kamu yang belum lolos, masih ada gelombang 21 yang bisa kamu ikuti sekarang.

Baca Juga: Ini Cara Mendaftar Kartu Prakerja, Tahapan dan Manfaatnya!

Baca Juga: Ada Tokopedia, Intip 10 Perusahaan Ternama yang Buka Lowongan Magang 

Baca Juga: Bikin Dilirik HRD, Ini Cara Membuat CV Online dengan Hasil Menarik