Akan Hiasi Langit, Ini Jadwal Gerhana Bulan & Matahari Sepanjang 2021

Bulan mei ada gerhana bulan total!

Akan Hiasi Langit, Ini Jadwal Gerhana Bulan & Matahari Sepanjang 2021

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Gerhana bulan dan gerhana matahari akan menghiasi langit di sepanjang tahun 2021 ini. Selasa (27/4/2021) kemarin, fenomena Pink Moon telah menghiasi langit Indonesia. Fenomena lainnya yang tak kalah menarik adalah Super Blood Moon yang akan terjadi di bulan Mei nanti, serta sederet fenomena gerhana bulan dan matahari lainnya.

Gerhana bulan adalah ketika sebagian atau seluruh penampang bulan tertutup bayangan bumi, ketika bumi berada di satu garis lurus di antara matahari dan bulan. Sedangkan gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan berada di antara matahari dan bumi, di satu garis lurus yang sama sehingga cahaya matahari tertutup oleh bulan.

Nah, berikut ini ada jadwal gerhana bulan dan gerhana matahari yang akan menghiasi langit sepanjang tahun 2021.

1. Gerhana bulan total - 26 Mei 2021

Akan Hiasi Langit, Ini Jadwal Gerhana Bulan & Matahari Sepanjang 2021

Gerhana bulan total akan terjadi pada 26 Mei 2021 nanti. Melansir BBC, bulan akan terhalang oleh umbra gelap bumi, sehingga bulan akan tertutup bayangan planet bumi. Masyarakat yang tinggal di wilayah geografis sekeliling samudra Pasifik, yaitu Lingkar Pasifik dan Hawai dapat menyaksikan gerhana bulan total ini secara maksimal. Sementara di Indonesia sendiri tidak bisa menyaksikannya secara optimal, namun hanya detik-detik terjadinya.

2. Gerhana matahari cincin- 10 Juni 2021

Selanjutnya adalah gerhana matahari cincin yang akan hadir pada 10 Juni 2021. Saat puncaknya, gerhana ini akan menampakkan matahari yang berbentuk seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengah dan terang pada bagian pinggirnya. Saat terjadi, kondisi yang akan terjadi adalah cahaya matahari pada siang hari menurun drastis, menyebabkan suasana gelap seperti pada malam hari.

Pada fenomena kali ini, bulan akan berada di jarak lebih dari 404.300 km dari bumi, yang berarti bayangannya tidak akan cukup besar untuk menutupi matahari sepenuhnya. Namun sayangnya lagi-lagi, fenomena gerhana matahari cincin kali ini tidak dapat dinikmati secara maksimal oleh masyarakat Indonesia, karena hanya bisa diamati secara langsung dari Kanada, Greenland barat laut dan Siberia timur laut.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here