Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Tata Cara Pendaftaran Beasiswa LPDP 2023, Tahap 2 Sudah Dibuka!

Jangan sampai kehilangan kesempatan!

Reyhan Putri

Ada kabar baik bagi para pengejar beasiswa di Indonesia! Baru saja merangkumkan proses pendaftaran dan seleksi tahap 1 pada 8 Juni 2023 lalu, kini proses pendaftaran dan seleksi tahap 2 beasiswa LPDP 2023 sudah dibuka.

Menjadi momentum penting bagi banyak orang yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri, beasiswa ini tentunya menjadi salah satu kesempatan besar dan sayang apabila dilewatkan. Maka itu, sudah Popbela rangkum tata cara pendaftaran serta tanggal-tanggal penting terkait beasiswa LPDP 2023. Simak informasinya berikut ini!

Pendaftaran tahap 2 beasiswa LPDP 2023

unsplash.com/domlafou

Sebelum mengikuti tahapan seleksi untuk memperoleh beasiswa LPDP 2023, calon penerima beasiswa tentunya harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Berikut tata caranya:

1. Mendaftar secara online pada situs pendaftaran beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/  

2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran

3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran

4. Pastikan dokumen-dokumen pendukung seperti surat rekomendasi, surat keterangan atau yang sejenis diterbitkan pada tahun 2023 dan sesuai ketentuan LPDP (informasi detail terkait dokumen dapat dilihat pada booklet atau buku panduan masing-masing program pada laman resmi LPDP)

Seluruh jenis dokumen yang dipersyaratkan untuk mendaftar beasiswa LPDP dapat dilihat pada situs resmi beasiswa LPDP, ya, Bela.

Jadwal pendaftaran dan seleksi

unsplash.com/miguel_photo

Baru saja merangkumkan pendaftaran dan seleksi tahap 1, saat ini pendaftaran dan seleksi tahap 2 beasiswa LPDP 2023 telah dibuka. Proses seleksi bisa dilakukan luring, daring, maupun hybrid dan akan diinformasikan lebih lanjut oleh pihak LPDP. Berikut jadwalnya:

  • Pembukaan pendaftaran: 9 Juni - 9 Juli 2023
  • Seleksi administrasi: 10 - 23 Juli 2023
  • Pengumuman hasil seleksi administrasi: 27 Juli 2023
  • Seleksi bakat skolastik: 7 - 9 Agustus 2023
  • Pengumuman seleksi bakat skolastik: 16 Agustus 2023
  • Seleksi substansi: 4 September - 27 Oktober 2023
  • Pengumuman hasil seleksi substansi: 7 November 2023
  • Intake: Januari 2024

Perlu diperhatikan bahwa seleksi tahap 2 ini diberlakukan untuk perkuliahan paling cepat bulan Januari 2024, ya. Jangan sampai terlewat tanggal-tanggal penting dari jadwal ini!

Program beasiswa yang dibuka di 2023

unsplash.com/teapowered

Pada pendaftaran dan seleksi tahap 2 ini, LPDP 2023 menyalurkan beasiswa kepada masyarakat melalui berbagai program. Berikut program beasiswa yang dibuka dalam tahap 2:

Program Umum

1. Beasiswa Reguler, beasiswa untuk jenjang magister dan doktor yang diperuntukkan bagi warga negara Indonesia (WNI) melalui sejumlah mekanisme dan prosedur dari LPDP.

2. Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia, beasiswa untuk jenjang magister dan doktor yang diperuntukkan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang telah memperoleh Letter of Admission dari Perguruan Tinggi Utama Dunia.

3. Beasiswa Parsial, beasiswa untuk jenjang magister dan doktor yang diperuntukkan bagi warga negara Indonesia (WNI) dengan skema pendanaan bersama LPDP dan individu penerima beasiswa.

Program Targeted

1. Beasiswa PNS, TNI, POLRI, beasiswa untuk jenjang magister dan doktor yang diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil,  prajurit TNI, dan anggota POLRI.

2. Beasiswa Kewirausahaan, beasiswa untuk jenjang magister yang diperuntukkan bagi WNI yang bergerak di bidang kewirausahaan.

3. Beasiswa Pendidikan Kader Ulama, beasiswa kerjasama antara Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) dan Kementerian Agama, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk calon ulama.

4. Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis, beasiswa kerjasama antara LPDP dan Kementerian Kesehatan dalam rangka pemenuhan dan pemerataan pelayanan spesialistik di Indonesia.

Program Afirmasi

1. Beasiswa Penyandang Disabilitas, program beasiswa yang ditujukan untuk masyarakat penyandang disabilitas yang memenuhi syarat LPDP.

2. Beasiswa Putra-putri Papua, program beasiswa jenjang magister dan dokto yang diperuntukan bagi putra-putri asal Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat Daya.

3. Beasiswa Daerah Afirmasi, program beasiswa jenjang magister dan doktor yang diperuntukan bagi masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi

4. Beasiswa Prasejahtera, program beasiswa jenjang magister yang diperuntukan bagi kelompok masyarakat dari keluarga prasejahtera atau miskin.

Komponen dana yang diberikan

Untuk menunjang pendidikan dan serta kehidupan bagi yang mendaftar di perguruan tinggi luar negeri, berikut ini komponen dana yang diberikan dari LPDP bagi para penerima beasiswa:

1. Dana Pendidikan

  • Dana Pendaftaran
  • Dana SPP/Tuition Fee/Uang Kuliah Tunggal
  • Dana Tunjangan Buku
  • Dana Penelitian Tesis/Disertasi
  • Dana Seminar Internasional
  • Dana Publikasi Jurnal Internasional

2. Dana Pendukung

  • Dana Transportasi
  • Dana Aplikasi Visa
  • Dana Asuransi Kesehatan
  • Dana Kedatangan
  • Dana Hidup Bulanan
  • Dana Lomba Internasional
  • Dana Tunjangan keluarga (khusus Doktor)
  • Dana keadaaan darurat (jika diperlukan)

Semangat bagi para pejuang beasiswa di tahun 2023! Informasi selengkapnya bisa Bela akses di laman resmi beasiswa LPDP 2023, ya. Bagi yang belum mengetahui informasi beasiswa LPDP ini, apakah tertarik untuk mendaftar?

IDN Media Channels

Latest from News