Makan di luar menjadi salah satu kebiasaan yang susah sekali untuk ditinggalkan. Alasan terbesarnya adalah nggak ada waktu untuk belanja dan mengolah menjadi masakan. Padahal jika ingin berhemat, memasak adalah keputusan terbaik. Disisi lain, banyaknya tempat makan baru yang muncul serta ulasan dari pengulas makanan membuat kamu penasaran.

Berkunjung ke restoran pasti ada saja pengalamannya. Mulai berkesan hingga bikin jengkel. Mereka juga nggak hanya menjual makanan, tapi juga tempat yang nyaman. Yang perlu kamu tahu, ternyata mereka punya beberapa tips dan fakta unik seputar restoran. Dan, kamu wajib tahu lima poin ini.

1. Jangan percaya total kalori

Fakta Unik Restoran Ini Wajib Kamu Tahu, Lhopexels.com/Dana Tentis

Ada beberapa restoran yang menuliskan jumlah kalori di setiap judul makanan pada buku menu. Tujuannya untuk memudahkan konsumen mengatur asupan kalori. Dan, para konsumen pun percaya dengan kalori yang disertakan. Menurut seorang Chef dan pakar nutrisi Abbie Gellman, sebuah makanan 20% bisa lebih rendah atau lebih tinggi. Oleh sebab itu, sebagai konsumen juga harus teliti jika menghadapi situasi yang seperti ini.

2. Ada cara biar tetap makan sehat di restoran

Fakta Unik Restoran Ini Wajib Kamu Tahu, Lhopexels.com/Ella Olsson

Banyak yang beranggapan kalau makan di luar itu kurang menyehatkan dan merupakan tantangan bagi kamu yang mengatur pola makan. Walaupun ada beberapa tempat makan yang menyediakan makanan sehat, tapi nggak semuanya gampang jangkauannya. Tapi jangan khawatir, kamu bisa makan lebih sehat di restoran favorit. Caranya, pilih menu yang nggak digoreng, kalau salad katakan saja tanpa saus salad. Atau kamu bisa sesuaikan dengan pantangan makan saat itu.

3. Gluten free belum tentu rendah kalori

Fakta Unik Restoran Ini Wajib Kamu Tahu, Lhopexels.com/rawpixel.com

Berusaha menjadi lebih bugar sehat, kamu pun memilih makanan sehat. Selain itu, jika memang melalui proses, kamu akan sengaja menghindari bahan-bahan seperti gula dan tepung. Memang terlihat lebih menyehatkan. Tapi, kalori yang terkandung dalam makanan tersebut sama dengan yang sejenis. Misalnya, kamu memilih untuk makan pasta yang bebas tepung, tapi kalori yang masuk sama dengan pasta biasa. Yang perlu diketahui, makanan bebas gula dan tepung biasanya dikonsumsi orang tubuhnya menolak bahan makanan tersebut.

4. Percaya rekomendasi pramusaji

Fakta Unik Restoran Ini Wajib Kamu Tahu, Lhopexels.com/Roman Pohorecki

Seringkali kamu merasa kebingungan memilih menu makanan. Biasanya kamu baru pertama kali datang ke suatu tempat makan atau ingin mencoba makanan lain di restoran favorit. Jangan ragu untuk bertanya kepada pramusaji. Mereka dengan senang hati memberikan rekomendasi. Ini karena mereka lebih mengenal restoran dari pada kamu yang berkunjung hanya sesekali. Biasanya mereka merekomendasikan menu baru atau yang paling banyak di pesan pelanggan lain.

5. Sayur buah mudah terkontaminasi

Fakta Unik Restoran Ini Wajib Kamu Tahu, Lhopexels.com/Roman Pohorecki

Seperti yang kamu tahu kalau bahan makanan mentah mudah sekali terkontaminasi. Salah penyimpanan bisa rusak. Daging segar memang mudah terkontaminasi. Tapi menurut laporan dari Centers for Disease Control and Prevention, sayuran dan buah-buah lebih rentan terkontaminasi. Mereka dapat terkontaminasi sebelum atau sesudah berada di dapur restoran. Oleh sebab itu, dapur restoran punya standar tinggi dalam menyimpan makanan segar. Nggak perlu heran kalau sesekali kamu melihat tim dapur sering bersih-bersih.

Baca Juga: Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Pramusaji Jengkel