Selain olahraga dan gaya hidup yang sehat, makanan tentunya juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Maka dari itu, penting untuk memerhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Nggak sedikit orang yang mengonsumsi makanan 'sehat' karena dianggap baik bagi tubuh. Tapi, ternyata makanan tersebut nggak sesehat yang kamu kira lho. Coba simak penjelasannya di bawah ini!

1. Energy bars

Sering Dikira Sehat, Makanan Ini Sebenarnya Buruk Bagi Tubuheatingwell.com

Makanan yang satu ini sering dijadikan camilan untuk mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan atau sebelum berolahraga. Walaupun tidak mengandung lemak, kebanyakan energy bar ternyata mengandung sirup fruktosa serta kandungan pemanis lainnya yang cukup tinggi. Hal ini membuat energy bars memiliki 300-400 kalori. Banyak juga ya!

2. Smoothie bowl

Sering Dikira Sehat, Makanan Ini Sebenarnya Buruk Bagi Tubuhpinterest.com

Makanan yang sedang menjadi tren ini sering dianggap sehat karena mengandung berbagai macam buah dan sayuran. Tapi, perpaduan berbagai macam buah tersebut ternyata bisa menimbulkan reaksi gula yang dapat memicu meningkatnya kadar insulin dalam tubuh.

3. Keripik sayuran

Sering Dikira Sehat, Makanan Ini Sebenarnya Buruk Bagi Tubuhvegetables.com

Banyak yang mengira keripik yang terbuat dari bayam, singkong atau ubi lebih sehat dibandingkan dengan keripik kentang atau yang lainnya. Padahal sama saja lho, Bela. Ini karena sayuran yang dijadikan keripik telah kehilangan vitamin dan nutrisi lainnya ketika digoreng. Selain itu, sayuran yang dijadikan keripik juga memiliki kandungan lemak dan garam yang tinggi. Hal ini tentunya berdampak buruk bagi tubuh.

4. Salad

Sering Dikira Sehat, Makanan Ini Sebenarnya Buruk Bagi Tubuhgreateasternsun.com

Salad yang terbuat dari sayur-sayuran memang enak dan menyehatkan. Namun, yang membuatnya jadi tidak sehat adalah dressing atau saus yang kamu gunakan. Thousand island atau mayones yang biasa kamu pakai mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi. Ini membuat kalori salad jadi berlipat ganda.

Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Walaupun kalorinya lebih tinggi, namun kandungan lemak yang terdapat di dalamnya adalah lemak tak jenuh yang baik bagi pencernaan. Kamu bisa menggunakan air perasan lemon sebagai dressing yang lebih sehat sekaligus menyegarkan.

5. Yoghurt kemasan

Sering Dikira Sehat, Makanan Ini Sebenarnya Buruk Bagi Tubuhwoolworths.com

Yoghurt memang baik untuk sistem pencernaan, namun itu jika yoghurt yang kamu konsumsi benar-benar alami. Sayangnya, kebanyakan yoghurt yang dijual di pasaran mengandung gula yang cukup tinggi serta sedikit vitamin dan nutrisi.

Itu tadi lima makanan yang sering dikira sehat namun sebenarnya kurang baik bagi tubuh. Semoga artikelnya bermanfaat!

BACA JUGA: Ampuh Turunkan Berat Badan, Ini 5 Jenis Diet yang Wajib Kamu Coba