Setiap harinya, tren superfood Indonesia terus berkembang, Awalnya kita mengenal keluarga beri-berian sebagai golongan superfood yang memberikan sejuta manfaat untuk tetap langsing. Selanjutnya dari golongan gandum ada quinoa yang kini tengah jadi idola makanan sehat. Nah, tapi ada juga superfood yang berasal dari bahan-bahan makanan ‘aneh’. Coba baca selengkapnya di bawah ini yuk!

Superfood Yang Berasal Dari Bahan Makanan Aneh

6 Makanan Aneh yang Jadi Superfood
Jangan teriak dulu ya, Bela! Jangkrik memang terkenal mengandung banyak protein, untuk itu agar lebih mudah dikonsumsi jangkrik dibuat menjadi tepung. Dalam satu sendok makan tepung jangkrik terdapat 7 gram protein (20% dari kebutuhan total protein harian) dan 2% dari nilai total kebutuhan kalsium dan zat besi harian.
 
6 Makanan Aneh yang Jadi Superfood
Nutritional yeast adalah ragi yang berasal dari golongan jamur bersel satu dan banyak digunakan sebagai pengganti keju atau penyedap karena rasanya yang gurih. Di dalam yeast ini terkandung asam folat dan amino, protein, dan vitamin B kompleks.
 
6 Makanan Aneh yang Jadi Superfood
Spirulina berasal dari keluarga ganggang (cyanobacteria) yang sangat tinggi protein dan nutrisi. Selain mengandung protein (70%), vitamin B-12, zat besi, dan vitamin A, spirulina tidak mengandung selulosa, yang membuatnya jauh lebih mudah untuk dicerna tubuh. Selain itu, spirulina juga memiliki zat anti-inflamasi.
 
6 Makanan Aneh yang Jadi Superfood
Aquafaba adalah cairan dari hasil memasak kacang-kacangan. Cairan ini agak kental dan legit dengan konsistensi yang sangat mirip dengan putih telur mentah. Kamu bisa menggunakannya sebagai pengganti putih telur, bahkan untuk membuat cake atau cookies sekali pun. Aquafaba mengandung protein, folat, zat besi, dan seng.
 
6 Makanan Aneh yang Jadi Superfood
Maca merupakan akar yang berasal dari keluarga lobak. Bermanfaat untuk meningkatkan energi, menjaga stamina, dan mengurangi gelaja PMS.
 
6 Makanan Aneh yang Jadi Superfood
Buah ini memiliki sifat anti-inflamasi dan tinggi flavonoid, bahkan antioksidannya setara dengan yang ada di red wine (anggur merah). Selain itu, sea buckthorn juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu dalam penurunan berat badan.

Superfood Indonesia mana yang sudah tak sabar ingin kamu coba, Bela?