Belanja kebutuhan bulanan merupakan hal yang paling menyenangkan dan bisa membuat diri sedikit santai. Karena, secara nggak langsung kamu melihat suasana baru. Apalagi kalau belanjanya di tempat yang nyaman. Di area makanan biasanya kamu membeli agak banyak, sebab ini merupakan kebutuhan utama. Membeli sayur, buah, makanan olahan dan instan menjadi kebiasaan.

Produk susu pasti masuk dalam keranjang belanja. Sebab kamu bisa mengonsumsi saat sarapan, ketika waktu berangkat kerja sudah mepet. Namun, kedaluarsa produk harian ini tergolong cepat. Pernah sesekali kamu membuangnya, karena terabaikan. Untuk itu, nggak ada salahnya memanfaatkan susu dengan cara ini kalau punya stok berlebih di rumah.

1. Memarinasi ayam

Kebanyakan Membeli Susu? Begini Cara Memanfaatkannyaunsplash.com/Brian Chan

Ayam goreng renyah memang menjadi favorit. Kamu pun penasaran untuk coba membuat sendiri di rumah. Ketika mencari resep, ada tips untuk merendam ayam ke dalam susu. Dan kebetulan, punya stok lebih di rumah. Kalau kamu perhatikan memang beberapa koki menggunakan cara ini untuk menghasilkan ayam goreng yang lembut, nggak kering, dan lunak.

Kamu bisa mencampurkan susu dan air lemon ke dalam wadah yang agak besar dan ada tutupnya, agar ayam bisa terendam dengan baik. Tambahkan garam dan gula supaya rasanya nggak hambar. Untuk hasil maksimal, bisa kamu diamkan dalam kulkas semalaman. Setelah itu, tinggal kamu bikin adonan untuk tepung renyahnya.

2. Minuman

Kebanyakan Membeli Susu? Begini Cara Memanfaatkannyapexels.com/ Jason Villanueva

Banyak jenis minuman yang menggunakan susu. Misalnya, cokelat panas, teh, dan kopi susu kekinian. Kamu bisa mencobanya di rumah. Kegiatan ini bisa mengasah kreativitas dan rasa bisa kamu tentukan sesuai selera. Sekaligus menghemat pengeluaran, karena kamu punya bahan tambahannya di rumah.

Untuk mencari resep tentu nggak susah, kamu bisa memanfaatkan mesin pencari atau aplikasi. Walaupun mudah, wajib hati-hati agar nggak membuang bahan. Jangan lupa untuk berbagi dengan orang rumah atau tetangga kos, lalu dengarkan pendapat positif mereka.

3. Makanan ringan

Kebanyakan Membeli Susu? Begini Cara Memanfaatkannyapexels.com/pixabay

Selain untuk minuman, susu juga menjadi bahan pelengkan untuk membuat beberapa jenis makanan. Misalnya, makaroni dan keju, pasta, waffle, dan pancake. Ini makanan yang proses memasaknya cukup mudah. Kamu bisa menemukan banyak variasi resepnya. Tinggal kamu pilih sesuai selera.

Kamu nggak perlu ragu dengan tekstur yang kurang lembut dan kering. Sebab, kamu bebas menuang susu ke dalam pasta. Sarapan pancake buah dan susu sebagai minumannya juga ide bagus. Atau, kamu tinggal tuang sereal favorit dan susu.

4. Berkebun

Kebanyakan Membeli Susu? Begini Cara Memanfaatkannyaunsplash.com/Davor Denkovski

Punya stok susu berlebih dengan waktu kedaluarsa yang masih panjang bisa membuat tenang. Kalau ada satu yang sudah terbuka dan terasa agak asam jangan langsung dibuang. Bisa kamu manfaatkan untuk berkebun. Namun, yang bisa dipakai untuk tanaman bukan susu pasteurisasi.

Cara memanfaatkannya adalah encerkan susu yang mulai basi dengan air. Lalu, siramkan ke tanah. Tujuannya agar tanaman mempunyai kandungan kalsium yang cukup. Sangat bagus untuk tanaman tomat.

5. Produk olahan susu

Kebanyakan Membeli Susu? Begini Cara Memanfaatkannyaunsplash.com/Jessica Ruscello

Melihat cara pembuatan keju dan yogurt di televisi maupun media daring memang seru. Apalagi kalau hasilnya terlihat enak. Kamu pun penasaran bagaimana kalau membuat sendiri. Manfaatkan saja susu yang telah kamu beli. Sebelum memulai, nggak ada salahnya untuk tahu jenis susu yang kamu punya dan olahan yang ingin dibuat.

Mozzarella, ricotta, dan yogurt adalah beberapa olahan susu yang bisa kamu coba buat. Bahan tambahan dan cara pembuatannya sudah tersedia, tinggal kamu pilih yang sesuai. Memang membutuhkan proses, tapi kalau hasilnya bagus tentu bisa bikin bahagia dan bangga.

Jadi, jangan khawatir kalau punya stok susu segar berlebih. Ada banyak cara untuk memanfaatkan supaya uang dan susu yang terbeli nggak terbuang percuma. Selamat mencoba, ya.

Baca Juga: Cara Membuat dan Resep Kue Kastengel Keju