Pernahkah kamu berpikiran untuk hidup minimalis? Gaya hidup ini sudah mulai menjadi tren sejak lima sampai enam tahun lalu. Dengan mengutamakan kesediaan barang yang hanya diperlukan saja di rumah maupun yang dipakai, gaya hidup ini juga dapat disebut ramah lingkungan.

Nah, salah satu bentuk gaya hidup minimalis ini dapat diterapkan saat kamu menyimpan makanan. Bikin praktis dan ramah lingkungan, ini tipsnya untukmu.

1. Mulai menyimpan wadah makanan dari kaca, bukan plastik

Gaya Hidup Minimalis, Ini Cara Menyimpan Makanan Ramah Lingkunganchicagotribune.com/

Kaca merupakan bahan yang lebih ramah lingkungan ketimbang plastik. Bahan ini jauh lebih aman karena kaca lebih tahan lama dan bagus untuk suhu rendah maupun tinggi.

Selain itu kamu juga bisa menyimpan beberapa jenis makanan dalam wadah kaca, baik matang, mentah, manis dan asam. Apalagi, kaca juga dapat dicuci dan digunakan dalam microwave.

2. Menyimpan piring secukupnya

Gaya Hidup Minimalis, Ini Cara Menyimpan Makanan Ramah Lingkunganfreepik.com/ freepik

Gaya hidup minimalis yaitu memiliki jumlah barang yang diperlukan saja. Artinya, kamu nggak memerlukan satu set piring yang biasanya berisikan 12 buah, bukan?

Nggak membeli barang yang nggak kamu butuhkan, juga dapat menyelamatkan bumi ya, Bela. Jika kamu merasa kurang jika ada tamu di rumah, belilah secukupnya.

3. Menggunakan daun teh asli daripada teh celup

Gaya Hidup Minimalis, Ini Cara Menyimpan Makanan Ramah Lingkunganfreepik.com/ freepik

Mungkin untuk mengingat betapa praktisnya membuat teh, kamu lebih sering menggunakan teh celup. Faktanya, the celup biasa mengandung mikropartikel plastik. Wah, berbahaya juga, ya!

Jika kamu nggak menyukai daun teh yang mengendap di gelas, kamu dapat membeli saringan logam. Cukup memasukkan daun teh ke dalamnya dan berilah air panas.

4. Menggunakan kain lap dari bahan alami bukan plastik

Gaya Hidup Minimalis, Ini Cara Menyimpan Makanan Ramah Lingkunganhuffpost.com/

Saat memilih waslap, pastikan kamu membelinya yang terbuat dari bahan alami. Kamu dapat memilih dari loofah (tekstur lembut), serat jelatang (tekstur sedang), atau serat kulih pohon (tekstur kasar).

Bahan-bahan ini aman untukmu juga untuk alam.

5. Menggunakan beeswax wrap ketimbang cling wrap

Gaya Hidup Minimalis, Ini Cara Menyimpan Makanan Ramah Lingkungangoodhousekeeping.com/ Danielle Daly

Beeswax wrap merupakan pengganti cling wrap yang terbuat dari plastik. Beeswax wrap terbuat dari 100% katun dilapisi lilin lebah atau minyak kelapa.

Kamu bisa membeli Beeswax wrap ini atau membuatnya sendiri, hanya memerlukan kain katun dan lilin. Selain itu, kamu bisa menggunakan bungkus ini berkali-kali sebagai penutup piring berisi makanan yang bisa dicuci. Praktis, bukan?

6. Nggak membeli semua peralatan dapur yang ada

Gaya Hidup Minimalis, Ini Cara Menyimpan Makanan Ramah Lingkunganfreepik.com/ KamranAydinov

Jika kamu melihat berbagai acara kompetisi memasak, pastilah melihat peralatan dapur canggih dengan berbagai fungsi. Yap, semua alat masak tersebut nggak sepenuhnya kamu miliki kok, Bela.

Kamu hanya dapat membeli yang kamu perlukan. Jika kamu nggak suka baking, kamu nggak harus membeli oven. Tinggal kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu, untuk memasak sehari-hari atau untuk usaha yang memerlukan alat yang seperlunya.

Bagaimana, siap turut mempopulerkan gaya hidup minimalis dimulai dari cara menyimpan makanan di rumah?

Baca Juga: Lebih Lega, Ini Potret Gaya Hidup Minimalis yang Sedang Tren di Jepang

Baca Juga: Mulai Gaya Hidup Frugal Living, Yuk! Simak Arti dan Caranya di Sini

Baca Juga: Ingin Kaya dan Bahagia? Ini 5 Langkah Kecil Terapkan Gaya Hidup Minimalis