Omelet adalah salah satu makanan termudah dan paling murah. Omelet bisa digunakan untuk sarapan, makan siang ataupun makan malam. Ada banyak variasi di dunia akan pembuatan omelet. Salah satu yang terkenal yaitu omelet Perancis. Sedikit kecokelatan di bagian luar, berwarna kuning tua di dalam dan sisi dengan banyak variasi mulai bumbu sederhana, hingga sayuran. Nah seperti apa omelet Perancis ini?

Bahan-bahan:

- 2-3 butir telur
- 1 sdt air dan susu
- Mentega, minyak sayur
- Isian yang kamu sukai (misalnya keju, jamur, paprika hijau, daging)

Langkah 1: Tentukan isian

Cara Membuat Omelet Perancis yang Sempurnaeggs.ca/

Siapkan semua isian. Tentukan apa saja yang ingin kamu isi di omeletmu. Penting juga untuk memastikan bahwa bahan-bahan nggak akan mengeluaran banyak air saat dimasak. Bahan-bahan seperti tomat dapat membuat isi yang encer dan nggak enak.

Langkah 2: Kocok telur

Cara Membuat Omelet Perancis yang Sempurnaeggs.ca/

Kocok telur dengan satu sendok teh susu, bumbui dengan garam dan merica. Pastikan untuk memasukkan kuning dan putih telur secara bersama-sama.

Langkah 3: Tuang omelet ke wajan

Cara Membuat Omelet Perancis yang Sempurnaeggs.ca/

Lapisi wajan dengan mentega atau semprotan anti lengket. Panaskan di atas api sedang. Setelah wajan panas, tuang campuran telor dan isian tersebut. Gunakan spatula untuk memindahkan telur yang sudah matang dari tepi wajan ke tengah. Miringkan dan putar panci untuk memastikan bahwa telur yang belum matang mengisi ruang kosong.

Langkah 4: Tuang isian

Cara Membuat Omelet Perancis yang Sempurnaeggs.ca/

Saat permukaan telur sudah terlihat lembab dan nggak goyang ketika wajan digerakkan tambahkan isian omelet. Setelah itu, lipat omelet menjadi dua dengan spatula dan biarkan bagian bawahnya sedikit cokelat.

Langkah 5: Sajikan

Cara Membuat Omelet Perancis yang Sempurnaeggs.ca/

Gunakan spatulamu untuk menyajikannya di piring. Jika kamu memiliki sisa isi, tuangkan sisanya di atas telur dadar.

Ada banyak variasi yang nggak terbatas dari omelet. Kamu dapat mengubahnya dari sarapan cepat menjadi makan malam yang elegan dengan beberapa bumbu dan isian yang tepat. Untuk beberapa variasi unik, cobalah omelet India atau omelet isi Ricotta dengan salat tomat. Jangan takut untuk bereksperimen, karena omelet bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan lain.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Kue Putri Salju