Dalam tradisi lebaran kamu pasti mengenal kue seperti Kastengel, Nastar, Putri Salju, Semprit dan Lidah Kucing. Berbicara soal Lidah Kucing kue kering yang sering kamu lihat disaat lebaran walau tidak sepopuler Kastengel maupun Nastar, pasti penasaran dengan kue satu ini dan kenapa bisa diberikan nama Lidah Kucing. Asal muasal kue ini merupakan adaptasi dari hidangan kue kering asal Belanda.

Kue lidah kucing adalah sejenis kue kering yang berbentuk seperti lidah kucing, yaitu panjang dan tipis, dan berasal dari Belanda. Kue lidah kucing memiliki rasa yang enak, gurih dan renyah. Kue ini masuk ke Indonesia dari Belanda seiring dengan kolonialisasi Belanda. Dalam bahasa Belanda, kue ini dinamakan "Katte Tong".

Soal rasa Lidah Kucing memiliki rasa gurih serta renyah yang membuat kamu ketagihan ketika mencicipinya. Jika belum pernah mencoba kamu bisa coba membuatnya sendiri dengan resep kue lidah kucing yang ada di bawah berikut ini.

Bahan yang diperlukan

Resep Kue Lidah KucingInstagram.com/malangmall

Untuk membuat kue lidah kucing berikut bahan-bahan yang dibutuhkan.

  • 160 gram tepung terigu yang berprotein rendah
  • 10 gram susu bubuk (gunakan yang full cream)
  • 150 gram gula tepung, ayak terlebih dahulu
  • 5 butir telur ambil bagian putihnya saja
  • 200 gram margarin

Cara membuat resep kue lidah kucing

Resep Kue Lidah KucingInstagram.com/gaegaa

Untuk cara membuatnya perhatikan langkah-langkah berikut ini.

  1. Siapkan terlebih dahulu sebuah wadah berukuran besar, lalu aduk margarin sampai lembut. Tambahkan 50 gram gula tepung yang sudah disiapkan kemudian aduk kembali sampai semua bahan tersebut merata, selama kurang lebih selama 10 menit.
  2. Setelah itu masukan susu bubuk bersama dengan tepung terigu, lalu aduk rata dan sisihkan sebentar. Masukan putih telur ke dalam sebuah wadah kemudian kocok sampai mengembang, kemudian tambahkan gula perlahan ke dalamnya sambil dikocok sampai mengembang.
  3. Masukan putih telur hasil kocokan tersebut ke dalam adonan sebelumnya dengan sendok secara perlahan. Setelah adoanan tercampur dengan merata, kamu bisa memasukan adonan tersebut ke dalam sebuah plastik segitiga. Sisihkan.
  4. Olesi terlebih dahulu loyang yang akan digunakan dengan mentega dan taburi dengan terigu agar tidak lengket. Setelah loyang siap, kamu bisa mulai membentuk adonan tersebut di atas loyang dengan membuat lubang pada bagian ujungnya.
  5. Setelah selesai membentuk adonan lidah kucing di atas loyang, lanjutkan dengan memanggangnya dalam oven selama kurang lebih 15 menit. Atur suhunya agar berada di 140 derajat.
  6. Setelah 15 menit, angkat kue lidah kucing buatanmu dan tiriskan terlebih dahulu dalam suhu ruangan. Setelah cukup dingin kamu bisa menatanya di dalam toples kedap udara.

Itulah tadi resep Lidah Kucing yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Mudah bukan? Kue Lidah Kucing walau tidak sepopuler Kastengel dan Nastar namun juga dicari banyak orang ketika lebaran karena rasanya yang unik serta renyah dan gurih. Selamat mencoba.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Kue Putri Salju