Kalau kita perhatikan lebih lanjut, banyak sekali jenis tanaman yang bisa dimakan. Mulai dari sayur, buah-buahan, hingga jamur. Walaupun terkadang jamur bisa beracun dan menimbulkan reaksi alergi di dalam tubuh, ada juga lho jenis jamur yang bisa dimakan. Bukan hanya lezat dan enak, jenis jamur ini kaya akan manfaat.

Apa saja jenis jamur yang bisa dimakan? Simak daftarnya berikut ini.

1. Jamur Porcino

Lezat dan Kaya Manfaat, Ini 15 Jenis Jamur yang Bisa Dimakannapolike.com

Jamur dengan bentuk gemuk berbonggol ini memang jarang ditemui di pasaran. Jika ada pun, harganya sangat mahal. Di balik harga mahalnya, jamur porcino memiliki kandungan anti oksidan yang sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang lanjut usia untuk menjaga daya tahan dan meregenerasi sel tubuh.

2. Jamur Lion’s Mane

Lezat dan Kaya Manfaat, Ini 15 Jenis Jamur yang Bisa DimakanRamblecreekfarm.com

Di Indonesia jamur lion’s mane memang sulit ditemukan. Sebab, jenis jamur ini hanya banyak ditemukan di Tiongkok dan Jepang. Secara rasa, jamur lion’s mane memiliki rasa yang mirip dengan lobster.

Khasiat dari jamur ini cukup banyak, yakni sebagai obat diabetes, dapat menurunkan kolesterol, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Karena manfaatnya inilah, jamur lion’s mane kerap digunakan sebagai salah satu campuran dalam obat tradisional Tiongkok.

3. Jamur Morel

Lezat dan Kaya Manfaat, Ini 15 Jenis Jamur yang Bisa Dimakanallrecipes.com

Jamur morel memiliki bentuk yang unik, yakni berlubang dan bergelombang. Jamur jenis ini termasuk jamur yang mahal karena sulit untuk dibudidayakan. Tercatat, jamur moral termahal berasal dari kawasan Gunung Rinjani. Manfaat dari jamur ini adalah memiliki anti oksidan yang cukup tinggi.

4. Jamur Portobello

Lezat dan Kaya Manfaat, Ini 15 Jenis Jamur yang Bisa Dimakaninspiredtaste.net

Jamur portobello merupakan jenis jamur berukuran besar. Memiliki bau yang tajam, kamu harus mencucinya hingga bersih sebelum memasaknya. Jika tidak, baunya akan bercampur dengan masakan dan membuat aroma yang kurang sedap. Jamur yang sering digunakan sebagai campuran burger ini mengandung vitamin B yang membantumu meregenerasi sel tubuh. 

5. Jamur Maitake

Lezat dan Kaya Manfaat, Ini 15 Jenis Jamur yang Bisa Dimakanhealthline.com

Jamur maitake paling banyak dicari karena kandungannya yang dianggap mampu melawan sel kanker, menurunkan tekanan darah, mengendalikan kolesterol, hingga penyakit jantung. Jamur maitake banyak ditemukan di dataran tinggi di Jepang. Karena kandungannya yang kaya manfaat, jamur ini berharga cukup mahal dan paling laris diburu.

6. Jamur Lingzhi

Lezat dan Kaya Manfaat, Ini 15 Jenis Jamur yang Bisa Dimakanalibaba.com

Selanjutnya, ada jamur lingzhi atau yang juga dikenal dengan nama jamur para raja. Saking mahal dan langkanya jamur ini, hanya para raja yang dapat mengonsumsinya. Selain itu, kandungan dalam jamur lingzhi dianggap mampu melawan virus HIV dan sebagai anti alergi.

7. Jamur Truffle

Lezat dan Kaya Manfaat, Ini 15 Jenis Jamur yang Bisa DimakanInstagram.com/Big Dodzy

Apakah kamu pernah bertanya-tanya mengapa harga jamur truffle sangat mahal? Sebab, jamur ini sangat langka dan sulit dibudidayakan. Maka dari itu, makanan dengan olahan jamur truffle selalu berharga mahal dan kebanyakan hanya ditemukan di restoran bintang lima.

8. Jamur Matsutake

Lezat dan Kaya Manfaat, Ini 15 Jenis Jamur yang Bisa Dimakantheguardian.com

Sama seperti jamur truffle, jamur matsutake sangat sulit ditemukan. Dalam satu tahun, jamur matsutake hanya dapat dipanen satu kali di musim semi. Karena itulah harganya sangat tinggi. Biasanya, jamur matsutake dikonsumsi dengan cara dipanggang.

9. Jamur Shiitake

Lezat dan Kaya Manfaat, Ini 15 Jenis Jamur yang Bisa DimakanUnsplash.com/Bluebird Provisions

Jamur shiitake dapat kamu temukan di berbagai restoran, nih, Bela. Biasanya, jamur ini diolah dengan cara digoreng berlumur tepung hingga renyah. Jika ingin lebih sehat, jamur shiitake juga sering dimasak menjadi sup miso. 

10. Jamur Shimeji

Lezat dan Kaya Manfaat, Ini 15 Jenis Jamur yang Bisa Dimakanmiraclemushroom.co.za

Jamur shimeji menjadi salah satu jamur yang dapat kita temukan di seluruh dunia. Biasanya jamur ini diolah menjadi campuran nasi goreng atau sup. Untuk mengolahnya, kita wajib memasaknya hingga benar-benar matang agar kandungan yang terdapat di dalamnya tidak terbuang sia-sia.

11. Jamur Kancing

Lezat dan Kaya Manfaat, Ini 15 Jenis Jamur yang Bisa Dimakansnaped.fns.usda.gov

Di tukang sayur, kamu bahkan dapat menemukan jenis jamur ini dengan mudah. Biasanya, jamur kancing diolah menjadi sup atau saus jamur yang lezat sebagai pendamping steak. Selain lezat, jamur kancing mengandung asam folat yang dapat menambah sel darah merah dan menurunkan kolesterol.

12. Jamur Merang

Lezat dan Kaya Manfaat, Ini 15 Jenis Jamur yang Bisa Dimakanfreepik.com

Sama seperti jamur kancing, jamur merang juga kerap kali diolah menjadi sup atau saus. Ternyata, jamur ini kaya akan manfaat. Jamur merang dapat menekan pertumbuhan sel kanker dan dapat membantumu menurunkan berat badan.

13. Jamur Enoki

Lezat dan Kaya Manfaat, Ini 15 Jenis Jamur yang Bisa DimakanUnsplash.com/Nathalie Jolie

Pada tahun 2019 lalu, jamur enoki sempat dilarang peredarannya karena beracun. Padahal yang dilarang saat itu hanyalah perusahaan tempat jamur enoki ini diolah dan bukan jamurnya. Jamur yang kerap kali menjadi campuran pada steam boat ini memiliki kandungan yang dapat melancarkan pencernaan.

14. Jamur Tiram

Lezat dan Kaya Manfaat, Ini 15 Jenis Jamur yang Bisa DimakanUnsplash.com/Mido Art

Jamur tiram pernah booming di Indonesia dalam bentuk jamur krispi. Jamur tiram memang cocok diolah menjadi gorengan hanya dengan mencelupkannya ke dalam terigu. Kamu pasti pernah membelinya bukan?

15. Jamur kuping

Lezat dan Kaya Manfaat, Ini 15 Jenis Jamur yang Bisa Dimakanejurnal.com

Di acara resepsi pernikahan, kamu pasti akan mendapati satu kuali penuh sayur sop dengan jamur kuping hitam. Teksturnya yang renyah meski sudah terendam kuah, benar-benar membangkitkan selera. Selain enak, jamur kuping bisa menurunkan panas dalam dan darah tinggi.

Itu dia deretan jenis jamur yang dapat dimakan. Kamu sudah pernah makan yang mana saja?

Baca Juga: Resep Pie Jamur Coca-Cola yang Punya Rasa Unik

Baca Juga: Viral, Ini 3 Resep Memasak Jamur Enoki yang Mudah dan Enak

Baca Juga: Resep Ayam a la Geprek Bensu, Rasanya Mirip Banget!