Jika di Indonesia bertambahnya usia dirayakan dengan makan nasi kuning atau tumpeng, berbeda dengan negara Tiongkok. Negara yang terkenal dengan pandanya itu mewajibkan merayakan ulang tahun dengan menyantap yi mein atau yang dikenal dengan mie panjang umur. 

Dan ternyata, resep mie panjang umur lengkap cara membuatnya tak sesulit yang dibayangkan, lho. Bisa dicoba dibuat di rumah untuk rayakan ulang tahun orang tersayang dengan pengalaman yang berbeda. Tertarik coba? 

1. Sejarah mie panjang umur

Resep Mie Panjang Umur, Hidangan Khas Tionghoa Saat Ulang Tahuninstagram.com/pfchangs

Mie panjang umur adalah makanan yang melambangkan umur panjang. Harapannya, seseorang yang sedang ulang tahun dan makan mie ini akan memiliki kehidupan yang sesuai dengan nama mie alias panjang umur. 

Namun sejatinya, mie ini tidak hanya ada di perayaan ulang tahun saja, tapi juga tersedia di beberapa perayaan lain seperti kelahiran bayi, pernikahan, dan Imlek. 

2. Bahan yang dibutuhkan

Resep Mie Panjang Umur, Hidangan Khas Tionghoa Saat Ulang Tahuninstagram.com/killing__thyme

Meski makanan khas Tiongkok, bukan berarti bahan-bahannya susah didapatkan. Cukup datangi pasar terdekat, kamu sudah bisa belanja bahan untuk membuat mie panjang umur. Yuk, siapkan! 

  • 3 liter air
  • 12 ons mie
  • ⅛ sdt gula
  • ¼ sdt garam (atau secukupnya)
  • 1 sdm air panas
  • 2 sdt kecap biasa
  • 2 sdt kecap hitam
  • 2 sdm saus tiram
  • Lada putih secukupnya
  • 3-4 sdm minyak sayur
  • 5 jamur shiitake (diiris tipis)
  • 8 ons daun bawang

3. Tips memasak mie anti lengket dan menggumpal

Resep Mie Panjang Umur, Hidangan Khas Tionghoa Saat Ulang Tahunthewoksoflife.com

Memasak mie memang tampak mudah yaitu cukup masukkan ke dalam air mendidih, mie kemudian siap diolah. Sayangnya, beberapa mie yang salah olah bisa menggumpal dan lengket. Nah, berikut ada tips yang bisa diikuti supaya mie olahanmu anti gagal.

  • Menambahkan beberapa tetes minyak disaat merebus mie.
  • Menggunakan air dingin pun bisa. Kamu hanya perlu memindahkan mie yang menggumpal dan baru dimasak ke dalam mangkuk berisi air dingin.

4. Cara memasak

Resep Mie Panjang Umur, Hidangan Khas Tionghoa Saat Ulang Tahunthewoksoflife.com

Sebelum mulai masak, baca dengan teliti terlebih dulu langkah-langkah di bawah. Pastikan kamu mengerti dan bisa mengikuti sesuatu petunjuknya, ya!

  1. Rebus 3 liter air dalam wajan besar atau panci untuk memasak mie. Setelah mendidih, masukkan mie. Petunjuk mungkin mengatakan untuk merebus mie selama 5 menit, tetapi disarankan untuk tidak lebih dari 3 hingga 4 menit supaya tetap kenyal.
  2. Cicipi mie sambil memasak dan jika rasanya mendekati tekstur al dente tandanya sudah siap diolah. Segera tiriskan dan sisihkan.
  3. Larutkan gula dan garam dalam 1 sdm air panas, dan tambahkan kecap biasa, kecap hitam, saus tiram, minyak wijen, dan lada putih. Aduk sampai tercampur.
  4. Panaskan wajan dan tambahkan minyak. Tunggu sampai panas.
  5. Masukkan jamur dan kucai yang berwarna hijau muda, dan tumis selama 30 detik. Dan karena tekstur jamur yang seperti spons dan akan menyerap minyak, kamu bisa tambahkan 1 sdm minyak lagi jika terlihat terlalu kering.
  6. Cek suhu mie. Jika sudah dingin, masak sedikit lagi sampai hangat, ini karena proses menghangatkan mie sebelum menambahkan saus itu penting!
  7. Tuang campuran saus yang sudah disiapkan secara merata di atas mie, dan tumis semuanya selama 1 menit, atau hingga campuran kecap merata. Tambah 1 sdm minyak lagi di sekeliling wajan agar tidak lengket jika kamu merasa membutuhkannya.
  8. Aduk perlahan agar mie tidak terpotong karna tujuannya adalah memiliki mie yang panjang untuk memberi umur panjang dan kemakmuran bagi siapa pun yang akan memakan hidangan ini.
  9. Tambahkan sisa daun kucai yang masih hijau dan aduk sampai berwarna hijau cerah, kurang lebih selama 1 - 2 menit.
  10. Mie panjang umur siap dihidangkan.

5. Cara makan mie panjang umur

Resep Mie Panjang Umur, Hidangan Khas Tionghoa Saat Ulang Tahuninstagram.com/abc_everyday

Memakan mie panjang umur ini memiliki harapan untuk umur yang panjang. Makanya, cara makannya gak boleh sembarang. Saat makan mie, kamu harus makan sedikit demi sedikit dan jangan sampai memutus mie, ya. Ada kepercayaan bahwa jika gagal atau tidak sengaja memutus mie, sama saja sedang mengurangi umur.

Di balik kepercayaan mie panjang umur tadi tersimpan resep yang ternyata cukup mudah ditiru sendiri di rumah, ya? Bisa jadi ide, nih, untuk kado ulang tahun orang tersayang esok hari. Selamat mencoba!

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Resep Mie Panjang Umur, Hidangan Khas Tionghoa Saat Ulang Tahun" ditulis oleh Dyar Ayu

Baca Juga: Resep Pasta Jamur Creamy a la Restoran yang Gampang Banget Dibuat

Baca Juga: Resep Bolu Karamel Kukus Anti Gagal, Tanpa Mixer dan Oven!

Baca Juga: Resep Pisang Bakar Madu, Rasanya Bikin Ketagihan!