Lelah dengan makan-makanan junk food yang penuh dengan bahan pengawet? Mungkin sesekali kamu perlu mengganti makananmu dengan menu yang lebih sehat. Salad buah, misalnya. Makanan yang dapat kamu buat sendiri di rumah ini sehat karena kaya akan vitamin dan zat lain yang diperlukan oleh tubuh.

Untuk resep membuat salad buah nggak sulit kok. Kamu hanya perlu datang ke toko buah dan memilih buah-buahan favorit kamu. Masih bingung bagaimana resep membuat salad buah yang menyehatkan? Simak caranya berikut ini ya.

Sejarah dan Asal Kata Salad

Resep Membuat Salad BuahYummy Indonesia

Secara etimologi, kata salad merupakan bahasa Inggris yang diambil dari bahasa Perancis salade. Salade sendiri merupakan bentuk lain dari salata yang berarti garam. Kata salad pertama kali digunakan pada abad ke-14 yang menunjuk pada sayuran. Pada waktu itu, sayuran hanya dibumbui dengan garam atau air garam untuk menghilangkan rasa pahit.

Seiring berjalannya waktu, kata salad akhirnya digunakan untuk makanan sayuran yang disiram garam atau saus cuka tanpa proses pemasakan. Untuk ungkapan salad bar sendiri baru digunakan di Amerika pada tahun 1976.

Kini, salad bukan hanya berbahan dasar sayuran dan bumbunya pun bukan cuma garam. Salad bisa berbahan dasar buah-buahan yang disiram vla dan parutan keju seperti yang akan kita buat berikut ini.

Bahan-Bahan Salad Buah

Resep Membuat Salad BuahYummy Indonesia

Untuk resep membuat salad buah, bahan-bahan yang harus kamu siapkan adalah sebagai berikut.

Bahan-Bahan

  • 1 buah apel potong
  • ½ buah nanas potong
  • ¼ buah melon potong
  • Semangka potong secukupnya
  • Leci secukupnya
  • Keju parut secukupnya

Bahan Saus Salad Buah

  • 3 sdm mayonaise
  • 3 sdm susu kental manis
  • 2 sdm plain yogurt

Cara Membuat Salad Buah

Jika semua bahan untuk resep membuat salad buah sudah tersedia, yuk langsung saja ikuti langkah-langkah membuatnya berikut ini.

Cara Membuat

  1. Campurkan semua buah potong dalam satu wadah. Aduk dan simpan dalam lemari es hingga dingin.
  2. Campurkan mayonaise, susu kental manis, dan yogurt. Aduk rata dan sisihkan.
  3. Parut keju secukupnya. Sisihkan.
  4. Siapkan buah potong dalam mangkuk, siram dengan saus salad buah.
  5. Tambahkan keju parut diatasnya. Sajikan.

Ternyata untuk memulai gaya hidup sehat, nggak sesulit yang kita bayangkan bukan? Kita hanya perlu membeli buah-buahan yang kita suka dan membuat saus saladnya. Mudah dan hemat. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Membuat Martabak Manis