Hidangan penutup dengan rasa manis dan dingin ini jadi favorit banyak orang karena memiliki varian yang nggak membosankan, ya, Bela. Kamu tahu nggak, kalau setiap minggu ketiga bulan Juli, selalu ada perayaan bulan es krim internasional, lho! 

Kalau belum tahu, cek juga yuk, lima fakta lain tentang es krim berikut ini.

1. Hari Es Krim dicanangkan pertama kali oleh Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan

Bukan Cuma Enak, Ini 5 Fakta Es Krim yang Bikin Kamu Bahagiahistorybyzim.com

Hari Es Krim Sedunia tahun ini jatuh pada tanggal 19 Juli. Hari istimewa ini awalnya dicanangkan oleh Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan pada tahun 1984. Pada tahun tersebut, bulan Juli diresmikan sebagai Bulan Es Krim Nasional, yang kemudian berkembang menjadi Hari Es Krim Sedunia yang dirayakan setiap tahun sampai saat ini. 

2. Urutan pertama hidangan penutup paling favorit di dunia

Bukan Cuma Enak, Ini 5 Fakta Es Krim yang Bikin Kamu BahagiaPexels.com/Calebe Miranda

Menurut data dari Datassential, es krim merupakan hidangan penutup paling favorit, menempati urutan pertama dari beragam jenis dessert. Es krim memang menjadi camilan enak yang digemari banyak orang. Coba perhatikan saat kamu atau orang lain menikmati es krim. Pasti di wajah terbersit rasa bahagia. Iya, jangankan saat menikmatinya, saat menerimanya saja kita juga tanpa sadar biasanya akan tersenyum. Apa sih penyebabnya? Selain memberikan kelezatan rasa, es krim secara ilmiah telah terbukti dapat membuat kita menjadi lebih bahagia.

3. Memberimu perasaan positif dan lebih mudah bersyukur

Bukan Cuma Enak, Ini 5 Fakta Es Krim yang Bikin Kamu BahagiaUnsplash.com/Sebastian Coman Photography

Pada tahun 2013, sebuah penelitian di Inggris mengungkap pengaruh es krim terhadap perasaan manusia. Setiap peserta penelitian diberikan pilihan untuk memakan es krim dan pada akhir penelitian mereka diminta untuk menulis apa yang mereka syukuri tentang hidup mereka. Aktivitas ini dilakukan berulang kali baik secara individu maupun kelompok, dengan es krim maupun tanpa es krim. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada korelasi antara es krim dan kebahagiaan. Orang-orang yang memakan es krim terlebih dahulu, lebih mudah untuk bersyukur dan menunjukkan perasaan positif.

4. Es krim memberikanmu pengaruh positif untuk otak

Bukan Cuma Enak, Ini 5 Fakta Es Krim yang Bikin Kamu BahagiaUnsplash.com/Patrick Fore

Studi lain menunjukkan bahwa es krim juga dapat memberikan pengaruh positif di beberapa bagian  otak kita, terutama bagian Orbitofrontal cortex (OFC) yang berfungsi dalam memproses emosi dan keputusan yang kita buat. Saat makan es krim, terdapat respons emosional positif yang dihasilkan oleh OFC.

5. Es krim sundae benar-benar dibuat hanya untuk di hari Minggu

Bukan Cuma Enak, Ini 5 Fakta Es Krim yang Bikin Kamu BahagiaUnsplash.com/Madeline Tallman

Tahukah kamu, sesuai dengan namanya es krim sundae benar-benar dibuat hanya untuk di hari Minggu. Sebab, pada saat itu di Amerika ada larangan untuk minum soda di hari Minggu. Edward Berners, pemilik kedai es krim Ed Berners’ Ice Cream Parlor membuat menu khusus di hari Minggu, yakni es sirup dengan topping es krim sebagai pengganti rasa sodanya. Sejak saat itu, es krim ini jadi populer dan disajikan kapan pun.

Merayakan Hari Es Krim Sedunia tahun ini, Wall’s mengajak kamu untuk membuat #SemuaJadiHappy dengan berbagi es krim kepada orang tersayang lewat project #WallsUntukSemua di Instagram. 

Caranya mudah: Repost template yang disediakan @WallsIDN di Instagram Story dan tag 3 orang yang ingin kamu bagikan es krim gratis. Jangan lupa untuk tag @WallsIDN dan gunakan hashtag #SemuaJadiHappy. Bagi yang terpilih, Wall’s akan mengirimkan voucher es krim Populaire gratis buat kamu dan orang-orang yang sudah kamu tag.

Yuk, berbagi kebahagian dengan cara yang sederhana ke orang-orang di sekitarmu.

Baca Juga: 5 Fakta di Balik Kembalinya Es Krim Wall's Viennetta

Baca Juga: Social Distancing? Yuk, Bikin Es Krim Legendaris Viennetta di Rumah

Baca Juga: 10 Rasa Es Krim Unik Di Amerika, Mau Coba Nggak?