Sejak tahun 2015, bisnis kedai kopi kekinian dengan menu andalan kopi susu mulai menjamur di Indonesia. Mulai dari mal hingga kaki lima, kita bisa menemukan banyak kedai kopi yang menyajikan beragam menu kopi dengan ciri khas masing-masing.

Namun di awal tahun 2020 ini pandemi corona menyerang dunia yang mengakibatkan banyak bisnis terguncang. Tak terkecuali bisnis kopi. Nggak ingin menyerah dengan keadaan begitu saja, deretan kedai kopi mulai bangkit kembali.

10 Rekomendasi Kopi Literan untuk Menemanimu #DiRumahAjaInstagram.com/kopikenangan.id

Bahkan di bulan Mei 2020 alias quarter kedua tahun ini, salah satu kedai kopi lokal yakni Kopi Kenangan baru saja mendapatkan pendanaan Seri B senilai US$109 juta atau setara Rp1,64 triliun. Pendanaan tersebut didapatkan dari investor Sequoia Capital bersama dengan beberapa investor baru yang bergabung, yakni, B Capital, Horizons Ventures, Verlinvest, Kunlun, Sofina dan Alpha JWC.

Di kondisi krisis seperti saat ini, suntikan dana tersebut sangat berarti bagi industri yang kini sedang diterpa masa sulit. Merangkum dari berbagai sumber, manajemen Kopi Kenangan menyatakan bahwa dana tersebut akan dimanfaatkan untuk merilis produk baru, investasi teknologi untuk melayani pelanggan dengan lebih baik dan melindungi karyawan dari dampak COVID-19.

Untuk meningkatkan penjualan di tengah masa pandemi COVID-19 ini, Kopi Kenangan dan deretan kedai kopi lainnya merilis kopi yang dikemas dalam botol berukuran satu liter. Kedai kopi mana saja ya yang menyajikan kopi literan yang bisa menemanimu selama #dirumahaja seperti saat ini? Berikut rekomendasinya.

1. Seliter Kenangan - Kopi Kenangan

10 Rekomendasi Kopi Literan untuk Menemanimu #DiRumahAjaInstagram.com/kopikenangan.id

Kopi Kenangan menyediakan varian kopi literan dengan nama Seliter Kenangan. Ada tiga varian minuman yang dijual dalam ukuran satu liter, yakni Kopi Kenangan Mantan, Milk Tea Gula Aren, dan Thai Tea.

Dengan harga mulai dari Rp65.000, kamu bisa mendapatkan Seliter Kenangan di e-commerce atau pesan online melalui aplikasi GoFood dan GrabFood di kedai Kopi Kenangan terdekat.

2. TUKUcur - Tuku

10 Rekomendasi Kopi Literan untuk Menemanimu #DiRumahAjaInstagram.com/tokokopituku

Menjawab permintaan pelanggan yang suka sekali menyetok persediaan kopi di rumah saat akhir pekan, Toko Kopi Tuku juga menghadirkan kopi literan dengan nama TUKUcur.

Ada lima varian dari TUKUcur ini, Bela, yakni TUKUcur Es Kopi Tetangga, TUKUcur Cold Brew Tetangga, TUKUcur Chocolate, TUKUcur Earl Grey Milk Tea, dan TUKUcur Es Teh Remon. Harga TUKUcur mulai dari Rp55.000 hingga Rp95.000 per botolnya.

3. Koppi Susu 1 Liter - Koppi

10 Rekomendasi Kopi Literan untuk Menemanimu #DiRumahAjaInstagram.com/koppi.asia

Meskipun gerainya baru hadir di sekitar Jakarta, tapi untuk kamu yang tinggal di kawasan Bodetabek, juga bisa mencicipi segarnya Koppi Susu 1 Litter dari Koppi ini. Harga per botolnya hanya Rp90.000 dan dapat kamu beli di Tokopedia.

4. Satu Janji untuk Semua - Janji Jiwa

10 Rekomendasi Kopi Literan untuk Menemanimu #DiRumahAjaInstagram.com/kopijanjijiwa

Punya nama yang unik, Satu Janji untuk Semua merupakan varian kopi literan dari kedai kopi Janji Jiwa. Menurut Popbela, untuk ukuran kopi literan, Janji Jiwa punya varian yang super lengkap, nih. Ada sembilan varian kopi literan dari Satu Janji untuk Semua. Mulai dari kopi susu hingga yang terbaru kurma tea latte. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp65.000 hingga Rp99.000 per botol.

5. Kopi Susu Keluarga - Family Mart

10 Rekomendasi Kopi Literan untuk Menemanimu #DiRumahAjaInstagram.com/familymartid

Meskipun bukan kedai kopi, tapi Family Mart punya menu kopi favorit dan menjadi best seller di setiap gerainya. Kopi Susu Keluarga menjadi favorit karena rasanya yang segar dan kopi yang pas. 

Selama social distancing ini Family Mart menghadirkan Kopi Susu Keluarga ukuran satu liter yang pas dinikmati bersama keluarga. Harga satu botol Kopi Susu Keluarga ukuran satu liter ini Rp60.000.

6. Anomali Coffee

10 Rekomendasi Kopi Literan untuk Menemanimu #DiRumahAjaInstagram.com/anomalicoffee

Bukan cuma kopi yang dihadirkan dalam ukuran satu liter, Anomali Coffee juga menjual minuman penambah imunitas tubuh dalam ukuran yang sama. Bisa dipesan melalui Tokopedia, varian minuman berukuran satu liter dari Anomali Coffee ini dijual dengan harga mulai dari Rp85.000 per botol.

7. FOREveryone - Fore Coffee

10 Rekomendasi Kopi Literan untuk Menemanimu #DiRumahAjaInstagram.com/fore.coffee

Ingin memanjakan para penikmat kopinya, Fore Coffee juga menghadirkan kopi dengan ukuran satu liter. Tak tanggung-tanggung, semua minuman yang ada di dalam daftar menunya dibuat dalam ukuran satu liter. Mulai dari aren latte, roasted latte, chocolate latte, matcha, hingga klepon latte. Harganya mulai dari Rp65.000 hingga Rp95.000 per botol.

8. Eeekopi - Filosofi Kopi

10 Rekomendasi Kopi Literan untuk Menemanimu #DiRumahAjaInstagram.com/filosofikopi

Kangen nggak sama suasana malam di kedai kopi Filosofi Kopi yang terletak di kawasan Blok M? Kalau iya, tahan dulu kangennya untuk hangout di sana, ya. Tapi untuk mengobati rasa kangenmu, kamu bisa memesan Eeekopi, kopi susu ukuran satu liter persembahan dari Filosofi Kopi. Satu botol Eeekopi dijual dengan harga Rp85.000.

9. Es Kopi Susu Sekampung - Di Bawah Tangga

10 Rekomendasi Kopi Literan untuk Menemanimu #DiRumahAjaInstagram.com/di.bawahtangga

Lucu banget, Kopi Di Bawah Tangga memberi nama varian kopi literan mereka dengan nama Es Kopi Susu Sekampung. Dari ukurannya saja, kita bisa menikmati minuman ini bersama sekluarga atau bahkan sekampung. Bukan cuma es kopi susu, Di Bawah Tangga juga menyajikan jamu dengan nama Kunyit Asam Sekampung dengan ukuran satu liter.

Untuk harga, satu botol Es Kopi Susu Sekampung bisa kamu beli dengan harga Rp95.000 dan Rp85.000 untuk satu botol Kunyit Asam Sekampung.

10. Family Pack - It's My Coffee

10 Rekomendasi Kopi Literan untuk Menemanimu #DiRumahAjaInstagram.com/itsmycoffee

Terakhir kedai kopi lokal yang menjual kopi literan ada It's My Coffee. Bukan hanya ukuran satu liter, jika kamu merasa ukuran tersebut terlalu banyak, kamu bisa membeli ukuran lebih kecil yakni setengah liter. Jadi lebih ekonomis bukan?

Untuk harga, Family Pack dari It's My Coffee dijual mulai dari Rp39.000 untuk ukuran 500ml dan Rp79.000 untuk ukuran satu liter per botol.

Bagaimana Bela, jadi ingin ngopi yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Gerai Ini Hadirkan Kemasan Boba Unik untuk Manjakan Kamu di Rumah

Baca Juga: Resep Dalgona Coffee, Kopi Kekinian yang Hits Saat Social Distancing

Baca Juga: Resep Es Kopi Susu Lotus Biscoff, Bisa Jadi Ide Jualan, lho!