Menemukan roti sobek bukanlah hal yang sulit. Kita bisa menemukannya di berbagai minimarket atau supermarket. Namun, nggak ada salahnya sesekali kita membuatnya sendiri.

Nggak selalu dipanggang, roti sobek kukus pun tak kalah nikmat. Rasanya lebih empuk saat digigit. Berikut resep dan cara membuat roti sobek kukus yang mudah.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Membuat Roti Sobek Kukus yang Empuk, Cocok untuk Sarapan PraktisUnsplash.com/Pesce Huang

Sebelum membuat, siapkan dulu bahan-bahan berikut ini, ya.

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung terigu
  • 100 gram mentega
  • 100 gram gula pasir
  • 50 gram susu bubuk
  • 1 sdm fermipan
  • 1 butir telur
  • garam secukupnya
  • air hangat secukupnya
  • meses atau cokelat bubuk untuk topping (opsional)

2. Campur tepung dengan mentega dan telur

Resep Membuat Roti Sobek Kukus yang Empuk, Cocok untuk Sarapan PraktisUnsplash.com/Elle Hughes

Sebelum membuat adonan, tuang fermipan ke dalam wadah. Berikan sedikit air hangat ke dalamnya dan tunggu sampai berbuih. Sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, masukkan tepung terigu, mentega, gula pasir, susu bubuk, dan telur ke dalam wadah. Aduk seluruh bahan tersebut sambil diberikan air hangat sedikit demi sedikit. Aduk terus sampai menjadi sebuah adonan.

3. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat

Resep Membuat Roti Sobek Kukus yang Empuk, Cocok untuk Sarapan Praktisinstagram.com/mom_harv

Tuang larutan fermipan ke dalam adonan dan aduk kembali sampai kalis. Diamkan adonan dan tutup dengan kain. Biarkan selama kurang lebih 30 menit sampai mengembang sempurna.

Setelah itu, buka kembali adonan dan kempiskan sampai udaranya keluar semua. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat dan berikan meses secukupnya di bagian atas.

Lakukan sampai habis dan tata roti di dalam loyang yang sudah diolesi mentega. Tutup kembali dengan kain selama 15 menit, supaya lebih mengembang.

4. Kukus roti selama 20 menit

Resep Membuat Roti Sobek Kukus yang Empuk, Cocok untuk Sarapan Praktisinstagram.com/mimilmilah

Jika adonan sudah terlihat mengembang, segera siapkan panci kukusan. Biarkan air di dalamnya mendidih terlebih dahulu, lalu masukkan ke dalam panci. Kukus roti sobek selama kurang lebih 20 menit.

Pastikan tutup panci kamu bungkus dengan kain, supaya uap airnya tidak menetes. Apabila sudah matang, matikan kompor dan keluarkan roti sobek. Setelah dingin, taburi roti sobek dengan cokelat bubuk.

Itulah resep membuat roti sobek kukus yang praktis dan enak banget. Teksturnya lembut dan nggak bakal nyangkut di tenggorokan. Selamat mencoba!

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Resep Roti Sobek Kukus yang Empuk, Cocok untuk Sarapan Praktis"

Baca Juga: Resep Membuat Sayur Trancam Khas Jawa Tengah yang Enak & Segar Banget

Baca Juga: Resep Membuat Bolu Sarang Semut, Camilan Manis yang Pas di Lidah

Baca Juga: Resep Membuat Arabian Donut yang Lagi Viral di Media Sosial