Pandemi corona yang belum berhenti membuat masa karantina diperpanjang. Ingin mengisi waktu dengan hal yang bermanfaat? Kenapa nggak coba dengan bercocok tanam? Kegiatan ini dapat membunuh waktu sekaligus menjadi cara yang bagus untuk membantu lingkungan, lho

Agar lebih bersemangat, coba mulai dengan menanam bahan makanan seperti sayuran. Pasti kamu dengan senang hati merawatnya dan nggak sabar untuk menunggunya panen. Dilansir dari berbagai sumber, ini beberapa tanaman sayuran yang mudah tumbuh di rumah. Keep reading, Bela!

1. Kentang

Bercocok Tanam di Rumah, Ini 5 Sayuran yang Cepat Panengardenerspath.com

Untuk kamu yang ingin mengurangi konsumsi nasi, kamu bisa mencoba menanam kentang. Pada dasarnya, kentang ideal tumbuh di dataran tinggi. Namun, nggak ada salahnya untuk mencoba dengan mengikuti kondisi yang disukai kentang. 

Lokasi yang memungkinkan kentang untuk tumbuh adalah yang mendapat sinar matahari selama minimal 8 jam sehari. Seperti halnya diri kita, tanaman kentang butuh perawatan dan perhatian yang intensif selama proses pertumbuhannya, Bela.

Ciri dari tanaman kentang yang siap panen adalah tanamannya mulai layu dan mati. Idealnya saat berumur 3 sampai 4 bulan. Setelah dipanen, jangan langsung mencuci kentang. Cukup bersihkan umbi dari tanah dan masukkan ke dalam karung.

2. Bayam

Bercocok Tanam di Rumah, Ini 5 Sayuran yang Cepat Panenwww.garden.eco

Bayam nggak membutuhkan waktu lama untuk tumbuh, hanya sekitar 4-5 minggu kamu sudah bisa langsung memanennya. Awal masa tanam yang baik adalah pada saat musim hujan, agar bayam mendapat ketersediaan air yang cukup.

Tebar biji bayam dalam tanah dan sirami secara rutin. Dalam 30 hari, kamu langsung bisa memanen daun bayam yang segar langsung dari kebun rumahanmu. 

3. Selada

Bercocok Tanam di Rumah, Ini 5 Sayuran yang Cepat Panenwww.gardeningknowhow.com

Selada menjadi tanaman yang paling mudah ditanam. Kebalikan dari tanaman kentang, selada menyukai tanah yang lembap. Biji selada nggak menyukai media semai yang panas.

Dalam proses pertumbuhannya, siram selada dengan hati-hati karena daunnya yang rapuh. Jika diperlukan gunakan sprayer

4. Daun bawang

Bercocok Tanam di Rumah, Ini 5 Sayuran yang Cepat Panenwww.thespruce.com

Sayuran yang satu ini sangat serbaguna dan dapat tumbuh pada iklim apa saja. Bagi kamu yang punya halaman luas, kecil, atau hanya memiliki jendela dengan sinar matahari cerah, kamu tetap bisa menanam daun bawang ini, lho.

Jika ingin daun bawang tumbuh baik, pastikan untuk menyiramnya secara teratur dan beri jarak antar tanaman sekitar 6-9 cm terpisah, ya. 

5. Kacang polong

Bercocok Tanam di Rumah, Ini 5 Sayuran yang Cepat Panengardenerspath.com

Kacang polong merupakan salah satu tanaman yang dapat ditanam di tempat dengan iklim yang berbeda-beda. Asal cuacanya sejuk dan banyak sinar matahari, tanaman polong akan tumbuh dengan baik. Namun dengan cuaca di Indonesia yang sedang nggak menentu, menanamnya di dalam ruangan terlebih dahulu sebelum akhirnya dipindahkan ke luar akan menjadi pilihan yang baik.

Tebarkan langsung di tanah dan sirami dengan rajin. Seiring dengan tanaman yang tumbuh semakin tinggi, kamu harus memasang pancang pada tanaman. Agar batangnya dapat tersokong dengan baik.

Kacang polong dapat memproduksi gas nitrogen, sehingga pupuk nggak diperlukan dalam proses pertumbuhannya. Tunggu 2-3 bulan kemudian kamu baru bisa deh, menikmati kacang polong yang segar. 

Nah, itu dia sayuran yang bisa kamu coba tanam di rumah. Selamat mencoba, Bela! Stay healty and be active. 

Baca Juga: Belajar Berkebun Yuk! Sisa 8 Sayuran Ini Bisa Ditanam Lagi

Baca Juga: Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar di Masa Pandemi Corona

Baca Juga: Kreatif! Ini 7 Inspirasi Taman Mungil untuk Rumah Minimalis