5 Perbedaan Gyoza dan Mandu, Serupa Tapi Tak Sama

Keduanya diperkenalkan oleh negara lain

5 Perbedaan Gyoza dan Mandu, Serupa Tapi Tak Sama

Gyoza dan Mandu merupakan olahan pangsit yang sekilas nampak sangat mirip dari segi penampilan dan tekstur, namun keduanya ternyata memiliki banyak perbedaan

Gyoza berasal dari Jepang sementara Mandu berasal dari Korea Selatan. Keduanya juga berbeda dari segi bahan-bahan yang digunakan, cara memasak, rasa, saus celupnya, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara Gyoza dan Mandu yang perlu kamu ketahui, Bela. Terutama bagi kamu pencinta kuliner, simak yuk, perbedaannya di bawah ini.

1. Asal-usulnya berbeda

5 Perbedaan Gyoza dan Mandu, Serupa Tapi Tak Sama

Perbedaan yang pertama adalah asal-usul negaranya. Kedua pangsit ini merupakan menu yang diperkenalkan oleh negara lain.

Melansir Singareas, Gyoza diperkenalkan ke negara Jepang oleh imigran Tiongkok pada abad ke-19. Gyoza yang berasal dari negara Jepang dipengaruhi budaya Tiongkok, terlihat dari adanya pangsit serupa bernama jiaozi yang bentuknya mirp Gyoza.

Sementara Mandu diperkenalkan ke negara ke Korea oleh orang-orang Turki melalui Jalur Sutra pada abad ke-7.

2. Isian dan kulit

Kulit Mandu dan Gyoza terbuat dari bahan-bahan yang sama. namun isian dari kedua pangsit ini terdiri dari bahan-bahan yang berbeda.

Kulit Mandu biasanya lebih tebal dan kenyal dibandingkan kulit Gyoza yang lebih tipis dan renyah.

Isian Mandu bisa berupa daging sapi, babi, ayam, tahu, kimchi, tauge, bihun, dan aneka jenis bumbu dan rempah. Namun, isian gyoza bisa berupa daging babi, ayam, udang, kubis, daun bawang, bawang putih, jahe, dan minyak wijen. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here